Validasi pembuatan asesmen autentik berbasis model learning cycle 5E bermuatan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi usaha dan energi, momentum dan impuls

Selvia Selvia - Universitas Negeri Padang
Festiyed Festiyed - Universitas Negeri Padang
Asrizal Asrizal - Universitas Negeri Padang
Hamdi Hamdi - Universitas Negeri Padang

Abstract


Pendidikan memiliki tujuan untuk menghasilkan manusia dan karakter yang berkualitas. Namun, berdasarkan hasil studi pendahuluan di lapangan ternyata masih belum sesuai dengan harapan, ini diketahui dari hasil wawancara dan kuesioner. Siswa masih kesulitan dalam berbagai cara seperti minat, motivasi, belajar, keterampilan berpikir dan belajar awal. Pemikiran kritis menentukan posisi terendah di antara indikator-indikator ini, selain melakukan penilaian guru, ia juga tidak menggunakan penilaian yang sesuai dengan kurikulum 2013. Belajar siklus 5E dimana memperbaharui langkah-langkah membuat percakapan dengan O'Malley Penelitian ini termasuk jenis R&D yang terkandung dalam buku Sugiyono. Setelah validasi,nilai validasi adalah 87% dan itu dalam kategori sangat valid. Ini adalah contoh dalam pembelajaran fisika.

Full Text:

Download PDF

References


Permendikbud No. 53 tahun 2015. Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP

Tuna, A & Kacar, A. 2013. The Effect of 5E Learning Cycle Model inTeaching Trignometry on Student’s Academic Achievement and The Permanence of Their Knowledge. International Journal on New Trends in Education and Their Implication, pp. 73-87

Festiyed, Djamas, D., Pilendia, D. 2018. Implementation Authentic Task to Enhance Problem Solving and Self-Management for Physics College Students. IOP Conference Series: Material Science and Engineering. 335012068

Suardana, I Kade. 2007. Asesmen Portopolio dalam Pembelajaran. 13

Festiyed. 2015. Penerapan Model problem Based Learning dengan Asesmen Autentik pada Materi Gerak, Gelombang, Bunyi, dan Cahaya Terhadap Kompetensi IPA Peserta Dididk Kelas VIII SMP Negeri 4 Kubung. Pillar of Physics Education

(vol. 6: 1)

Yusuf, Muri. 2015. Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Kencana

Asrizal, Hufri, Festiyed. 2015. Development of Authentic Assessment For Supporting The Inquiry Learning Model in Basic Electronics 1 Course. Proceeding of The International Conference on Mathematics, Science, Education And Technology ICOMSET 2015 Education, Mathematics, Science, and Technology for Human and Natiural Resources October 22, 2015 Inna Muara Hotel and Convention Center Padang, Indonesia. Hal. 108-113

Wiggins, Grant. 1990. The Case For Authentic Assessment Practical Assessment, Research & Evaluation, 2(2)

Mueller, J. 2006. Authentic Assessment Toolbox. Retrieved on 26 October from thewebsite: http://jonathan.mueller.faculty.noctrl.edu/toolbox/whatisit.htm#looklike

Aprilia, sani. 2019. Pembuatan Asesmen Autentik Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Materi Momentum, Impuls dan Gerak Harmonik Sederhana Untuk SMA. Padang: UNP

Asrizal, Hendri A., Hidayati, dan Festiyed. Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Mengintegrasikan Laboratorium Virtual dan HOTS Untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran Siswa SMA Kelas XI. Prosiding Seminar Nasional Hibah Program Penugasan Dosen ke Sekolah (PDS) Universitas Negeri Padang, 20 November 2018. Hal. 55

Festiyed. 2017. Evaluasi Pembelajaran Fisika. Padang: Sukabina

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan edisi 2. Jakarta: PT Bumi Aksara

Rochmad. 2012. Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Jurnal Kreano. (Volume 3: Nomor 1)




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/8568171074