ANALYSIS OF COLLABORATION SKILLS AND PHYSICS LEARNING OUTCOMES USING GAMIFICATION-ASSISTED MURDER COOPERATIVE LEARNING MODEL

Rery Irmawati - Universitas Jember
Singgih Bektiarso - Universitas Jember
Lailatul Nuraini - Universitas Jember

Abstract


Pembelajaran merupakan serangkaian proses untuk mendorong siswa dan mengorganisasikan siswa agar memiliki tujuan pembelajaran. Rendahnya kemampuan kolaborasi dan hasil belajar siswa disebabkan oleh proses pembelajaran yang mengacu pada guru dan kurangnya penerapan teknologi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif MURDER berbantuan gamifikasi terhadap kemampuan kolaborasi siswa; dan (2) pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif MURDER berbantuan gamifikasi terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah true eksperimen dengan rancangan post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 4 Jember semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Sampel ditentukan dengan metode purposive sampling area sehingga diperoleh kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi tes, wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah uji homogenitas, uji normalitas, dan uji hipotesis. Hasil analisis keterampilan kolaborasi dan hasil belajar fisika siswa menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif MURDER berbantuan gamifikasi.

Full Text:

PDF

References


Cahyani V.D, Maryani M., Nuraini L. "The Effect of the Blended Learning Model Based on the Nearpod Application on Students’ Physics Interest and Learning Outcomes at MAN". Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi , 2024, 10(1): 36-43.

Bektiarso S, Ketut Mahardika I, Sari AN, Lathifah H, Farhana SS, & Zahro RF. "Analisis Tingkat Kebutuhan Internet Terhadap Proses Pembelajaran E-Learning Siswa SMA Sederajat". Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan , 2023, 9(2): 580-583

Nurroniah Z., Subiki, S., & Nuraini L. "The Effect of Problem-Based Learning Model Accompanied by the QuizWhizzer Game on Critical Thinking Skills and Physics Learning Outcomes of Vocational Students". Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika. 2024,12(2): 327-342.

Solissa RA, Salamor L, Sialana F. "Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Script". Pedagogi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2023, 3(1), 30-35.

Erviani I, Hambali H, Thahir R. "Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Games Tournament) Berbantuan Media Kokami Terhadap Keterampilan Kolaborasi Siswa". Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 2022, 2(3): 30-38.

Subekti, I., & Andriani, S. "Model Pembelajaran MURDER (Mood, Understanding,Recall,Digest, Expand, Review) Berbantuan Media Gamifikasi Dan Self Concept: Dampak Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik". GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 2022, 5(1): 37-49.

David Halliday, Robert Resnick and JW. Fundalmentals of Physics. 10th ed. Wiley. United States of America; 2014. 386–393.

Lestari N. "Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (Ctl) Secara Online Dengan Edmodo Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMK Negeri Pringsurat". VOKASI: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan , 2023, 3(2): 61-69

Novisya, D., & Desnita. "Analisis Pengembangan Video Pembelajaran Fisika Berbasis CTL Pada Materi Fluida". Jipi (Jurnal Ipa Dan Pembelajaran Ipa) , 2020, 4(2): 141-154.

Sari D.K. "Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Menggunakan Strategi MURDER (Mood, Understand,Recall, Digest, Expand, Review) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri 4 Gowa". Jurnal Media nurainin TIK,. 2020, 3(3):40-43

Novitra,F. "Inquiry-Based Learning in a Digital Environment for 21st-Century Skills in Physics Course: A Review of Recent Research". Pillar of Physics Education. 2024,17(2):73–84.

Waruwu, EIR, & Putra, A. "the Effect of Ctl-Based Learning Video Use on the Ability To Collaborate and Communicate With Science Students of Class X Sma Negeri 1 Gido". Pillar of Physics Education. 2021,14(2):89-96.

Mattawang M.R., & Syarif, E. "Dampak Penggunaan Kahoot Sebagai Platform Gamifikasi Dalam Proses Pembelajaran". Journal of Learning and Technology. 2023,2(1):33–42.

Tyaningsih R.Y, Hayati, L., Sarjana, K., Sridana, N., & Prayitno S. "Penerapan Metode Gamifikasi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Geometri Analitik Bidang Melalui Aplikasi Kahoot". Griya Journal of Mathematics Education and Application. 2022,2(2):17–26.

Rahmatullah DS. "Effect of the Problem Based Learning Models Assisted by Learner Worksheet to Improve High School Students ’ Critical Thinking Skills on the Nature of Physics and Measurement". Pillar of Physics Education, 2024,17(1):63–72.

Saeful, K.S.A. "Peningkatan Kemampuan Kolaborasi Dan Komunikasi Siswa Kelas VII Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Jigsaw". Jurnal Pakar Guru. 2022, 2(2):189–195.

Warouw, W. S., Hadjar, I., & Hamid, A. "Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe murder panjang garis singgung persekutuan dua lingkaran di kelas viii smp negeri 6 Palu". Aksioma, 2016, 5(2): 208-221

Rahma, A., Widiyowati, I. I., & Kusumawardani, R. "Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif Murder Dengan Media Teka - Teki Silang Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Sistem Periodik Unsur". In: Prosiding Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia. 2019, 22(2):7–10.

Sugiyono. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. 19th ed. Bandung: ALFABETA; 2020, 80-91.

Sugiyono. Model Pembelajaran Kooperatif. 2nd ed. Cipedes Tasikmalaya: 2015. 147-166.

Utomo, S., & Ismaya, E. A, ."Pendampingan Program Belajar Bahasa Inggris SMAJEDUCAP : Smart-Joyful Educaplay Platform Berbasis Lesson Study di Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati". Jurnal Pengabdian Sosial, 2024, 1(6): 441-449

Aprilia, D. A., Miftahul, M., Nuraini, L., & Sedayu, A. "Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Phet Simulation Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Vektor Dengan Model Problem Based Learning Dengan Pendekatan Scientific". Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 2022, 12(2): 176-180.

Wieman, C. E., Adams, W. K., & Perkins, K. K. Physics. PhET: Simulations that enhance learning. Science, 2008, 322.5902: 682-683.

Setiyowati EA, Pramukantoro JA. "Model Pembelajaran Kooperatif MURDER Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Inti Teknik Elektronika di SMK Negeri 1 Nganjuk". Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. 2014, 3(1):155–162.

Munawaroh, F., & Wijaya, P. A. "Pengaruh Strategi Murder Dengan Model Pembelajaran Peer Tutoring Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IIS di SMAN 4 Pekanbaru". Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi (PEKA). 2020, 7(2):9-20.

Iptihani H, Lutfi S. "Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Murder Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Desain Grafis". Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 2019, 3(2): 61-67.

Sihite, T., & Sinambela, P. N. "Penerapan model pembelajaran MURDER berbantuan gamifikasi untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 35 Medan". Journal on Education, 2023, 6(1): 6284-6289.




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/17084171074