DEVELOPMENT OF PHYSICS LEARNING TOOLS HELP PhET TO IMPROVE ABILITIES CRITICAL THINKING AND PROBLEM SOLVING CLASS XI HIGH SCHOOL STUDENTS
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Kemendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : Kemendikbud.
Scott, C. L. (2015). The Futures Of Learning 2: What Kind Of Learning For The 21st Century. Education Research and Foresight Working Papers, 1-14.
Subekti, M., & Suparman. (2019). Analisis Kebutuhan E-LKPD untuk Menstimulus Kemampuan Berpikir Kritis dengan Model Pembelajaran Discovery Learning. Science, Technology, Engineering, Economics, Education, and Mathematic, 1(1), 185-192. Diambil kembali dari http://seminar.uad.ac.id/index.php/STEEEM/article/view/2870
Wahyudi, & Suseno, N. (2014). Efektifitas Penggunaan Metode Eksperimen dalam Pembelajaran Fisika Kelas X Semester Ganjil SMAN 1 Kalirejo Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(1), 1-10. doi:http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v2i1.109
Nurliawaty, L., Mujasam, M., Yusuf, I., & Widyaningsih, S. W. (2017, April). Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Solving Polya. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1), 72-81. doi:https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.9183
Siregar, N., Asmin, & Fauzi, M. A. (2018). The Effect of Problem Based Learning Model on Problem Solving Ability Student. Proceedings of the 3rd Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership (AISTEEL 2018). 200, hal. 464-467. Sumatra Utara: Atlantis Press. doi:http://dx.doi.org/10.2991/aisteel-18.2018.100
Schleicher, A. (2019). PISA 2018: Insights and Interpretations. China; Singapore: OECD Publishing. Diambil kembali dari https://www.oecd.org/pisa/PISA%202018%20Insights%20and%20Interpretations%20FINAL%20PDF.pdf
Darma, I. K., Candiasa, I. M., Sadia, I. W., & Dantes, N. (2018). The Effect of Problem Based Learning Model and Authentic Assessment on Mathematical Problem Solving Ability by Using Numeric Ability as the Covariable. Journal of Physics Conference Series, 1-9. doi:http://dx.doi.org/10.1088/1742-6596/1040/1/012035
Husniyah, A., Yuliati, L., & Mufti, N. (2016). Pengaruh Permasalahan Isomorfik terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Materi Getaran Harmonis Sederhana Siswa. Jurnal Pendidikan Sains, 4(1), 36-40.
Mustafa, Z. (2013). Mengurai Variabel Hingga Instrumentasi (1 ed.). Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sudijono, A. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Rosana, D., & Setyawarno, D. (2016). Statistik Terapan untuk Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta Press.
Intandari, R., Astutik, S., & Maryani. (2018, Desember). Pengembangan LKS (Lembar Kerja Siswa) Berbantuan Simulasi PhET pada Materi Getaran Harmonis untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(4), 349-355.
Tias Ayu Astitin, H. S. (2022, Juni). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Anchored Instruction berbantuan PhET untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Peserta Didik SMA. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2c), 862-871. doi:10.29303/jipp.v7i2c.662
Nur Azizah, R. B. (2023, Juni). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kritis pada Materi Bangun Ruang bagi Siswa Kelas V (Lima) SDN Tragung 01. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09(02), 1028-1034. Dipetik September 16, 2023
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/15591171074