DEVELOPMENT OF ICT-BASED WORKSHEET ON STEM-INTEGRATED TO INCREASE KNOWLEDGE, DATA LITERACY, AND TECHNOLOGY LITERACY OF HIGH SCHOOL STUDENTS
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Puspita, Y., Fitriani, Y., Astuti, S., & Novianti, S. (2020). Selamat Tinggal Revolusi Industri 4.0, Selamat Datang Revolusi Industri 5.0. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
Lase, D. (2019). Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0. Sundermann: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora dan Kebudayaan, 12(2), 28-43.
Putriani, J. D., & Hudaidah, H. (2021). Penerapan Pendidikan Indonesia Di Era Revolusi Industri 4.0. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 830-838.
Anggraeni, H. (2019). Penguatan Blended Learning Berbasis Literasi Digital Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 9(2), 190-203.
Azis, T. N. (2019). Strategi Pembelajaran Era Digital. In The Annual Conference on Islamic Education and Social Science (Vol. 1, No. 2, pp. 308-318).
Suhendi, H. Y. (2017). Profil Kemampuan Literasi Teknologi Peserta Didik Sekolah Menengah Atas Di Kota Bandung. Journal of Teaching and Learning Physics, 2(2), 1-6.
Anggaira, A. S. (2019). Literasi Terkini Dalam Pembelajaran BIPA Pada Era Revolusi Digital. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang (Vol. 12, No. 01).
Nida'ul Khairiyah, S. P. (2019). Pendekatan Science, Technology, Engineering Dan Mathematics (STEM). SPASI MEDIA.
Rusyati, R., Permanasari, A., & Ardianto, D. (2019). Rekonstruksi Bahan Ajar Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Literasi Sains Dan Tekonologi Siswa Pada Konsep Kemagnetan. Journal of Science Education and Practice, 2(2), 10-22.
Salirawati, D. (2004). Penyusunan dan Kegunaan LKS dalam Proses Pembelajaran. Tersedia Staff. uny. ac. id/sites/default/files/pengabdian/das-salirawati-msidr/19penyusunan-dan-kegunaan-lks. pdf.
Astari, T. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Realistik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD Kelas IV. Jurnal Pelangi, 9(2).
Fitriani, A., Lubis, R., & Maningsih, S. A. (2022). Analisis Kebutuhan (Need Analysis) Untuk Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Dengan Bantuan Digital Mind Maps. Bioedukasi (Jurnal Pendidikan Biologi), 13(1), 92-96.
Dehani, S. K., Nurcahyono, N. A., & Imswatama, A. (2021). Pengembangan E-LKS Ragamatika untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1537-1547.
Ramadhani, A., Setiawan, D., Mahanal, S., Priambodo, B., & Amalia, E. (2021, November). Analisis Analisis Masalah Pembelajaran dan Literasi Teknologi Siswa SMA Laboratorium UM Malang sebagai Dasar Pengembangan Media. In Prosiding Seminar Nasional IKIP Budi Utomo (Vol. 2, No. 01, pp. 413-421).
Subakti, D. P., Marzal, J., & Hsb, M. H. E. (2021). Pengembangan E-LKPD Berkarakteristik Budaya Jambi Menggunakan Model Discovery Learning Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1249-1264.
Sanders, M. (2009). STEM, STEM education, STEM mania. The Technology Teacher, 68(4), 20–26.
Sartika, D. (2019). Pentingnya Pendidikan Berbasis STEM Dalam Kurikulum 2013. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 3(3).
Asrizal, A., Zan, A. M., Mardian, V., & Festiyed, F. (2022). The Impact of Static Fluid E-Module by Integrating STEM on Learning Outcomes of Students. Journal of Education Technology, 6(1).
Kelley, T. R., & Knowles, J. G. (2016). A Conceptual Framework For Integrated STEM Education. International Journal of STEM education, 3(1), 1-11.
Syaripudin, A., & dkk. (2016). Kerangka Literasi Digital Indonesia. Jakarta: ISBN
Haryono, S. (2018). Re-Orientasi Pengembangan Sdm Era Digital Pada Revolusi Industri 4.0. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Ningrum, Y. S., & Wulandari, R. (2020). Korelasi Implementasi Pembelajaran IPA Daring Terhadap Literasi Teknologi Siswa Di Kelas VIII SMP. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 10(1), 1889-1898.
Sunarti, S., & Rusilowati, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Digital Gerak Melingkar Berbantuan Scratch Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 9(3), 284-290.
Pratiwi, R. S., & Rachmadiarti, F. (2022). Pengembangan E-Book Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (Stem) Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan untuk Melatihkan Keterampilan Literasi Sains. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(1), 165-178.
Chania, D. M. P., Medriati, R., & Mayub, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Melalui Pendekatan STEM Berorientasi HOTS pada Materi Usaha dan Energi. Jurnal Kumparan Fisika, 3(2 Agustus), 109-120.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta
Djidu, H., & Jailani, J. (2018). Developing Problem Based Calculus Learning Model. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 2(1), 68-84.
Sunarti, S., & Rusilowati, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Digital Gerak Melingkar Berbantuan Scratch Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 9(3), 284-290.
Febriandi, R. F., Susanta, A. S., & Wasidi, W. W. (2020). Validitas LKS Matematika Dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Outdoor Pada Materi Bangun Datar. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 3(1), 148-158.
Saifuddin, A. (2012). Reabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Umbara, D. M. A. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Stem Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Limbah Hasil Hewani. Jurnal Pendidikan, 13(1), 32-50.
Asrizal, A., Mardian, V., Festiyed (2022). The Validity of STEM Integrated Electronic Learning Material on Elasticity Material to Improve Students’ 21st Century Skills. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 2309, No. 1, p. 012065). IOP Publishing.
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/13542171074