Analysis of Components of The Scientific Approach in The X-Grade Students of Physics For SMA
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Bell, S. 2010. Project-Based Learning for The 21st Century:SSkills for The Future. The Cle aring House, 83(2),.39-43.
Kemendikbud. 2013. PeraturannPemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta:KKementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Kemendikbud. 2016. Permendikbud_Nomor 22 Tahun 2016 tentang_Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Bintari, N. L.LG. R. P., Sudiana, I. N., dan Putra yasa, I. B. 2014. “Pembelajaran Bahasa Indonesia Berdasarkan Pendekatan Saintifik (Problem Based Learning) Sesuai Kurikulum 2013 di Kelas VII SMP Negeri 2 Amlapura”. Jurnal Pendidikan_dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 3(1).
Akmam, A., Anshari,SR., Jalinus, N., dan Amran, A. 2019. Factors Influencing Thes Critical, and Creative Thinking Skills off College Students in Compuational Physics Courses. in Journal of Physicss: Conference Series (Vol. 1317, No. 1, p. 012172). IOP Publishing.
Akmam, dan Amir, H. 2017. Pengaruh Pembelajaran Generatif_Berbasis Strategi Konflik Kognitif Terhadap Kompetensi Mahasiswa dalam Mata Kuliah Algoritma dan Pemograman Komputer. Jambi: Prosiding Semirata 2017 Bidang MIPA.
Kemendikbud. 2014. Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014, tentang Pembelajaran pada Pendi dikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Keme nterian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Wakhidah, N., Ibrahim, M., dan Agustini, R. 2016. Scaffolding Pendekatan Saintifik:_Strategi Untuk Menerapkan Pendekatan Saintifik Dengan Mudah. Surabaya: Jaudar Press.
Muammar, H., Harjono,.A., dan Gunawan, G. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Assure dan Pengetahuan Awal Terhadap Hasil Belajar IPA-Fisika Siswa Kelas VII SMPN 22 Mataram”. Jurnal Pendidikan Fisikamdan Tekn ologi, 1(3), 166-172.
Tuada, R.,N., Gunawan, G., dan Susilawati, S. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Generatif dengan Teknik Guided Teaching terhadap Kete rampilan Proses Sains”. Jurnal Pendidikan Fisika_dan Teknologi,,3(2), 128-136.
Bahtiar, E. T. 2015. Penulisan Bahan Ajar._Pelatihan Penyusunan Bahan Ajar,untuk Mendukung Pelaksanaan Tri Dharma Pergu ruan Tinggi, 1-11.
Mudzakir, A. S. 2010. Penulisan Buku siswa yang Berkualitas._Pustaka: Bandung.
Sitepu. 2012. Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung: PT Rosda Karya.
Ramadhani, P., R., Akmam., Desnita,.D., dan Darvina, Y. 2019. “Analisis Keterampilan Proses Sains pada Buku Teks Pelajaran Fisika SMA Kelas IX Semester 1”. Pillar offPhysics Education, Vol 12. No 4, 2019, 649-656.
Aulia, P., Desnita, D., Akmam, A., dan Sari, S. Y. 2019. “Analisis Contextual Teaching and Lea rning (CTL) pada Buku Teks Pelajaran Fisika SMA Kelas X Semester 2”. Pillar of Physicsh Education. Vol 12. No 3, 2019, 561-568. Yusliani, E., Burhan, H. L., dan Nafsih, N. Z. 2019. “Analisis Integrasi Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Sajian Buku siswa Fisika SMA Kelas XII Semester 1”. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), Vol 12. No 3, 2019, 184-191.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Widoyoko,. Eko. 2014. Teknik Penyusunan Instr umen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Siyoto, S., dan Sodik, M., A. 2015. Dasar Meto dologi Penelitian. Yogyakarta:,Literasi Media Publishing.
Trianto. 2015. Model Pembelajaran Terpadu., Jakarta: Bumi_Aksara.
Wakhidah, N., Ibrahim, M., dan Agustini, R. 2016. Scaffolding Pendekatan Saintifik:_Strategi untuk Menerapkan Pendekatan Saintifiks dengan Mudah. Surabaya: Jaudar Press.
Arifah, K. F., Santosa, R., dan Ngadiso, N. 2018. “Content Analysis of Competences and Scientific Approach in English Text book”. International Journal off Multicultural and Multireligious Understanding,. 5(3), 219-233.
Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Sai ntifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava_Media.
Zaim, M., 2017. “Implementing Scientific Approach to Teach English at Senior High School in Indonesia”. Asian Social Science,.13(2), 33-40.
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/10728171074