THE EFFECT OF APPLYING COOPERATIVE LEARNING MODEL ON BIOLOGY COMPETENCE: LITERATURE STUDY ABOUT NUMBERED HEAD TOGETHER
Abstract
Keywords
Full Text:
FullpaperReferences
Fajriyah, Khusnul. 2015. Efektivitas Pembelajaran Numbered Head Together untuk Mengembangkan Keterampilan Bekerjasama. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an. Vol. 2, No. 2.
Fausan, M.M, dan Pujiastuti, I.P. 2017. Pengaruh Pendekatan CTL Berbasis NHT terhadap Motivasi, Hasil Belajar IPA, Retensi Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia. Vol. 3, No.2.
Hanafiah, Nanang, dan Suhana, Cucu. 2012. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Refika Aditama.
Harmini, Sri. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII G SMPN 2 Ponogoro. Gulawentah: Jurnal Studi Sosial. Vol. 2 No. 1.
Khan, M. S., S. Hussain, R. Ali, M.I. Majoka, & M. Ramzan. 2011 . Effect of Inquiry Method on Achievement of Students in Chemistry at Secondary Level. International Journal of Academic Research. Vol.3, No.1.
Lufri. 2007. Kiat Memahami dan Melakukan Penelitian. Padang: UNP Press.
Manullang, Ricky, Marojahan, dan Djulia, Ely. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Biologi pada Materi Sistem Regulasi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 11 Medan. Jurnal Prossiding Seminar Nasional III Biologi dan Pembelajarannya Universitas Medan. ISBN: 978-602-5097-61-4.
Nurazizah, Sudarto, dan Yunus. 2017. Pengaruh Penggunaan Metode Mind Mapping pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VII SMPN 6 Watampone. Jurnal IPA Terpadu. Vol. 1, No. 1.
Pratiwi, Indah. 2019. Improving Students’s Learning with NHT Model of Teaching in Natural Science Courses. International Journal of Trends in Mathematics Education Research. Vol. 2, No. 3.
Rahmawati, Nugroho, dan Putra. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Berbasis Eksperimen untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP. Unnes Physics Education Journal. Vol. 3, No. 1.
Rahmawati, Yusrizal, dan Hasan, M. 2015. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Berbasis Metode Praktikum untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Pokok Bahan Asam Basa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. Vol. 03, No. 01.
Rijal, Muhammad. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Cognitif Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 14 Ambon. Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi. Vol. 8, No 2.
Siregar, Zunaidy, Abdullah. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar dan Karakter Siswa di SMA Negeri 1 Silangkitang Kabupaten Labuhan Batu Selatan. Jurnal Pembelajaran Biologi. Vol. 3, No.1.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenadamedia.
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/apb.v6i1.9862