The Effect of Giving a Point System in the Model Make A Match Learning Against Participants Learning Competencies Education in Class VIII Junior High School 21 Padang
Abstract
Keywords
Full Text:
FullpaperReferences
Al, A., Maryanto., dan Sabar, N. 2016. Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Make A Match dalam Pembelajaran IPA terhadap Keterampilan sosial dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. 5(9): 7.
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Astrissi, D. 2014. Efektifitas Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Disertai Media Teka Teki Silang Terhadap Prestasi Belajar Pada Materi Minyak Bumi Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Sukoharjo Tahun Pembelajaran 2012/2013’. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK). 3(2), 22-27.
Berlian, Z., Kurratul, A., Siti, N. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi di SMP Negeri 10 Palembang. Bioilmi. 3 (1):16 .
Isjoni. 2009. Cooperatif Learning (Efektifitas Pembelajaran Kelompok). Bandung: Alfabeta.
Iwan dan Puspa. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Biologi Pada Materi Ekosistem. Jurnal Nalar Pendidikan. 3 (2): 78.
Lufri. 2010. Strategi Pembelajaran Biologi. Padang: Unp Press.
Sumantri, I. 2007. IPA Biologi. Jakarta. Irianti Darma Kalokatama.
Tibala, M D S., Dewa N S., I Ketut G. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Peta Pikiran terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Mimbar PGSD. 5 (2): 8.
Tim Direktorat Pembinaan SMP. 2017. Panduan Penilaian Oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kementrian pendidikan dan kebudayaan
Widayanti, A G., Sudarma., dan Suarjana. 2016. Penerapan Model Make A Match Berbantuan Media Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Di SD. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. 4(1): 7.
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/apb.v4i2.5791
DOI (Fullpaper): http://dx.doi.org/10.24036/apb.v4i2.5791.g3046