Analysis of student ability formulating learning objectives in natural science phase D kurikulum merdeka
Abstract
Keywords
Full Text:
FullpaperReferences
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kulaitatif. Makasar: CV Syakir Media Press.
Alfitri, & Dahlan. (2022). Implementasi Standar Proses Kurikulum Sekolah Penggerak dalam Pembelajaran Matematika | Alfitri | JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika). JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 11(1), 51–66. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/jipm/article/view/11789
Anggraena, Y., Ginanto, D., Felicia, N., Andiarti, A., Herutami, I., Alhapip, L., Iswoyo, S., Hartini, Y., & Mahardika, R. L. (2017). Panduan Pembelajaran dan Penilain Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Seminar Pendidikan IPA Pascasarjana UM, 123.
Arviansyah, M. R., & Shagena, A. (2022). Efektifitas dan Peran dari Guru dalam Kurikulum Merdeka Belajar. LANTERA Jurnal Ilmiah Kependidikan, 17(1), 40–50.
Audina, R., & Harahap, R. D. (2022). Analysis of learning implementation plans (RPP) for prospective biology teacher students. BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 4(1), 17. https://doi.org/10.20527/bino.v4i1.12186
Budiastuti, P., Soenarto, S., Muchlas, & Ramndani, H. W. (2021). Analisis Tujuan Pembelajaran Dengan Kompetensi Dasar Pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Edukasi Elektro, 5(1), 39–48. https://doi.org/10.21831/jee.v5i1.37776
Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1075–1090. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279
Fauzi, A. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak. Pahlawan: Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 18(2), 18–22. https://doi.org/10.57216/pah.v18i2.480
Hakiim, L. (2009). Perencanaan Pembelajaran. Bandung : CV Wacana Prima.
Hamdi, S., Triatna, C., & Nurdin, N. (2022). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Pedagogik. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 7(1), 10–17. https://doi.org/10.30998/sap.v7i1.13015
Hapsari, F. (2014). Efektifitas perubahan kurikulum terhadap kegiatan pembelajaran di sekolah (studi kasus pada SDN 03 Pagi Ciracas). Research and Development Journal Of Education, 1(1), 26–35.
Iqbal, M. H., Siddiqie, S. A., & Mazid, M. A. (2021). Rethinking theories of lesson plan for effective teaching and learning. Social Sciences & Humanities Open, 4(1), 100172. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2021.100172
Jaya, F. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Medan: UIN Sumatera Utara.
Jojor, A., & Sihotang, H. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka dalam Mengatasi Learning Loss di Masa Pandemi Covid-19 (Analisis Studi Kasus Kebijakan Pendidikan). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5150–5161. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3106
Kemdikbud. (2022). Buku Saku Kurikulum Merdeka. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kemdikbud RI.
Kemenristekdikti. (2015). Paradigma Capaian Pembelajaran. In Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahapeserta didikan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. Dirjen Pembelajaran dan Kemahapeserta didikan Kemristek dan Perguruan Tinggi RI.
Kemristekdikti, B. (2022). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Fase D. Badan Standar,Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kemdikbud ristek RI.
Mabsutsah, N., & Yushardi. (2022). Analisis Kebutuhan Guru terhadap E Module Berbasis STEAM dan Kurikulum Merdeka pada Materi Pemanasan Global. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(2), 205–213. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.588
Magdalena, I., Fully Rizkiyah, D., & Waro, K. (2020). Meningkatkan Kualitas Mengajar Guru dengan Memperhatikan Tujuan Pembelajarannya di SD Bina Bangsa Kalideres Jakarta Barat. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(3), 473–486. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
Maulinda, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi, 5(2), 130–138.
Priantini, D. A. M. M. O., Suarni, N. K., & Adnyana, I. K. S. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka dan Platform Medeka Belajar untuk Mewujudkan Pendidikan yang Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 8(2), 243–250.
Sari, R. M. (2019). Analisis Kebijakan Merdeka Belajar Sebagai Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan. PRODU: Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 38–50. https://doi.org/10.15548/p-prokurasi.v1i1.3326
Winarso, W. (2015). Dasar Pengembangan Kurikulum Sekolah. Cirebon : IAIN Syekh Nurjati.
Yanti Amanda, Y. (2018). Kemampuan Guru Dalam Merumuskan Tujuan Pembelajaran PPKN Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Sukoharjo. Prosiding Seminar Nasional PPKn 2018, 53(9), 1689–1699.
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/apb.v8i1.14028