Contextual teaching and learning handout on food digestive system materials

Asmaul Nadira - Universitas Negeri Makassar
Hamka Lodang - Universitas Negeri Makassar
Andi Saleh - Universitas Negeri Makassar

Abstract


Education is the key to improving the condition of society, because the aim is to educate and develop all existing potential. Its implementation involves many parties in order to achieve educational goals properly. This research was conducted to contribute to these educational goals, specifically to develop handouts based on contextual teaching and learning. This development uses the ADDIE model (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate). Researchers develop handouts that have been validated beforehand. This validation process uses several questionnaires by experts. In addition, other instruments have also been designed, in the form of teacher and student response questionnaires. After implementation, the research product was evaluated by analyzing data for validity and practicality. The results of the study show the validity value with an average of 4.22 in the valid category, while the responses of teachers and students are included in the very practical category with an average of 89.12%.

Keywords


Handout; Contextual; Teaching and Leaning

Full Text:

Fullpaper

References


Aziz. H. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Cetak. Makalah ISBN.

Depdiknas. 2008. Penduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta : Dikdasmen

Fau. Y. T. V. 2020. Validitas Handout Pengembangan dilengkapi Peta Konsep pada Materi Sistem Persedaran Darah Manusia untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Susu a Tahun Pembelajaran 2018/2019. Jurnal Education and Development. Vol. 1 (1).

Hanafi. M. S. 2014. Konsep Belajar dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan. Vol. 17 (1).

Kadir. A. 2013. Konsep Pembelajaran Kontektal di Sekolah. Dinamika Ilmu. Vol. 13 (1).

Kurniawati, dkk. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Masalah pada Mata Pelajaran SMA Kelas X. Seminar Nasional FMIPAUNDIKSHA.

Kurniawan. D. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Android Materi Ekosistem Kelas X SMA. Skripsi.

Kosasih. D. 2008. Desain Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Sains. Jakarta : Yayasan Kita Menulis.

Maemunah. S., Pramesti. D. I. 2018. Pengembangan Modul Jaringan Tumbuhan berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi. Vol. 2 (2).

Muliawati, D.I., Sulistyo, S., Sentot, B.S. 2016. Pengembangan Handout Berbasis Team Assisted Individualizated (TAI) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pembuatan Etanol Skala Laboratorium SMK Kimia Industri. Jurnal Inkuiri. Volume 5 (1).

Parsudi. Y., Lukman. A., Kartika. W. D. 2017. Pengembangan Handout Pembelajaran Biologi tentang Restorasi Ekosistem Mangrove berbasis Sociescientific Issues di SMA. Artikel.

Putri. E. P. 2017. Pengebangan Bahan Ajar Biologi berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Pokok Bahasan Materi Sistem Gerak untuk Siswa Kelas VIII MTS Asadiyah Pongka Kecematan Tellu Siatinge Kabupaten Bulukumba.

Rahmayani. F., Hindun. I., Hudha. A. M. 2011. Pengembangan Handout berbasis Kontekstual pada Pelajaran Biologi Materi Bioteknologi untuk Siswa Kelas XII SMK Negeri 02 Batu. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia. Vol. 1 (1).

Ridwan. 2010. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sudrajat. A. 2011. Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik dan Model Pembelajaran. Jurnal ISBN.

Sucianti. S., Sestanti. R., Sudarisman. S. 2010. Pembelajaran Biologi dengan Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) Melalui Model Formal dan Informal Hands on Activities ditinjau dari Kreativitas Siswa dan Sikap Peduli Lingkungan. Jurnal Inkuiri. Vol. 2 (2).

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sudjana. (2007). Media Pengajaran. Jakarta : Sinar Baru Algesindo.

Suswina. M. 2011. Hasil Validitas Pengembangan Bahan Ajar Bergambar disertai Peta Konsep untuk Pembelajaran Biologi SMA Semester 1 Kelas XI. Jurnal Ta’dib. Vol. 14 (1).

Sofan. A. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Cet. I; Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.

Trianto. 2013. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif:Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana, 2013.

Wulandari., Widyaningrum. P., Setiati. N. 2017. Pengembangan Suplemen Bahan Ajar berbasis Riset Identifikasi Bakteri untuk Siswa SMA. Journal of Innovative Science Education. Vol. 6 (2).




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/apb.v8i1.13778