INTERACTIVE MULTIMEDIA ON BASIS ARTICULATE STORYLINE AND MARITIME ORIENTED FOR PLANTAE TOPIC IN SENIOR HIGH SCHOOL
Abstract
Keywords
Full Text:
FullpaperReferences
Amelia, T., & Erlina, E. (2017). Profil Literasi Kemaritiman Guru Biologi Dalam Pembelajaran IPA SMP Negeri di Kabupaten Bintan. Jurnal Kiprah, 5(1), 7–13.
Amelia, T., & Yulita, I. (2020). Peningkatan Kemampuan Guru SMAN 4 Tanjung-Pinang dalam Mendesain Pembelajaran Berbasis Literasi Sains dan Berwawasan Kemaritiman. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 22–27.
Andrizal, & Arif, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Sistem E-Learning Universitas Negeri Padang. Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 17(2), 1–10.
Anggraini, L., Lestari, S. R., & Handayani, N. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Biologi Berbasis Adobe Flash Cs6 Pada Materi Sistem Sirkulasi Manusia Kelas XI MIPA SMA Nasional Malang. Jurnal Pendidikan Biologi, 10(2), 85–91. https://doi.org/10.17977/jpb.v10i1.9095
Arifin, Z., & Setiyawan, A. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran Aktif dengan ICT. Yogyakarta: Skripta Media Creative.
Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Asikin, N., & Daningsih, E. (2018). Development Audio-Visual Learning Media of Hydroponic System on Biotechnology Topic For Senior High Schools. Advances in Social Science, Education and Humanities, 174(Ice 2017), 197–201.
Darnawati, Jamiludin, Batia, L., Irawaty, & Salim. (2019). Pemberdayaan Guru Melalui Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dengan Aplikasi Articulate Storyline. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 8–16.
Daryanto. (2013). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran (Cetakan II). Yogyakarta: Gava Media.
Fitri, A. J., Ristiono, Helendra, & Rahmi, Y. L. (2021). Development Of Contextual-Based Biology Booklet Containing Material On The Structure And Function Of Plant Tissues For Junior High School Students. Jurnal Atrium Pendidikan Biologi, 6(2), 110–114.
Guci, S. R. F., Zainul, R., & Azhar, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Tiga Level Representasi Menggunakan Prezi Pada Materi Kesetimbangan Kimia. Universitas Negeri Padang, November, 1–9.
Janah, S. N. (2015). Pengaruh Penggunaan Multimedia Articulate Storyline Dalam Meningkatkan Hasil Pembelajaran Fiqih Di Madrasah Aliyah Negeri 3 Kendiri. (Skripsi). UIN Maulana Malik Ibrahim.
Maulida, R., Hardiansyah, & Mahrudin. (2021). The Development Handout Nypa Fruticans Wurmb. (Nipah) In Mangrove Area Coastal Of Sungai Rasau As Enhancement For Biodiversity Concept In Senior High School. Jurnal Atrium Pendidikan Biologi, 6(3), 192–197.
Nopriyanti, & Sudira, P. (2015). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Kompetensi Dasar Pemasangan Sistem Penerangan dan Wiring Kelistrikan di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(1), 222–235.
Rusman, Kurniawan, D., & Riyana, C. (2013). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Sadikin, A., & Hakim, N. (2019). Interactive Media Development of E-Learning in Welcoming 4 . 0 Industrial Revolution On Ecosystem Material for High School Students. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 5(2), 131–138.
Setiawan, D. (2015). Articulate Storyline: Inovasi Media Pembelajaran IPA Berbasis Animasi dan Powerpoint Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta didik. Seminar Nasional Pendidikan Sains UKSW, 115–122.
Suhailaha, F., Muttaqina, M., Suhadaa, I., Jamaluddina, D., & Paujiaha, E. (2021). Articulate Storyline: Sebuah Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Materi Sel. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 05(1), 19–25.
Peraturan Presiden No 16 Tahun 2017. Kebijakan Kelautan Indonesia. Jakarta: Departemen Kemaritiman RI.
Yanto, D. T. P. (2019). Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif Pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik. Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 19(1), 75–82. https://doi.org/10.24036/invotek.v19vi1.409
Yasin, A. N., & Ducha, N. (2017). Kelayakan Teoritis Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI SMA. Jurnal Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 169–174. https://doi.org/http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu
Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(01), 61–78.
Zairana, L., Djulia, E., & Harahap, H. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Biologi Menggunakan Adobe Flash Cs 6 Pada Materi Jaringan Tumbuhan. Jurnal Pelita Pendidikan, 8(1), 99–109.
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/apb.v7i2.12862