VALIDITY OF LEARNING MODULE CONTAINING INFORMATION ABOUT ANTICHOLESTEROL ACTIVITY OF SAWI DAYAK (Elephantopus mollis) ON CIRCULATORY SYSTEM DISORDER

Novia Wulandari - Universitas Tanjungpura
Ruqiah Panjaitan - Universitas Tanjungpura
Andi Tenriawaru - Universitas Tanjungpura

Abstract


This research is development research, which aimed to create module of circulatory system disorder based on anti-cholesterol activity tests of Sawi Dayak - Elephantopus mollis. The data analysis use Content Validation Index (CVI) and Content Validation Rate (CVR) refers to Lawshe's method. The development of this module is in two stages: creation and validation of the module. Validator was selected based on a purposive sampling that involve two biology education experts of Universitas Tanjungpura, and three biology teachers. Presentation, graphic, content, and language aspects were evaluated, total 24 criterias. Based on the results data analysis, CVI was 0.99 in the valid category and all criteria CVR was 0.99. It was concluded that the product is suitable as teaching material for the circulatory system disorder sub-material for senior high school.

Keywords


Validity; Module; Learning Module; Material School; Sub-material School; Circulatory System; Disorder

Full Text:

Fullpaper

References


Almuharomah, F.A., Mayasari, T., & Kurniadi, E. (2019). Pengembangan modul fisika stem terintegrasi kearifan lokal “beduk” untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa SMP. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika. 7(1):1-10.

Andromeda, Fitriza, Z., Aini, F.Q., Pangestuti, A.D., Maida, C.M., Nurfadilah, K.K., & Muchlis, I.P. (2021). Workshop of Composing Higher Order Thinking Skill Questions to Improve Pedagogy of Chemistry Teachers in Pesisir Selatan District. Pelita Eksakta. 4(1):11-16.

Anshori, S. (2017). Pemanfaatan TIK sebagai sumber dan media pembelajaran di sekolah. Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya. 1(1):10-20.

Ariffudin, Sujana, I.M., Amin, M., Djuhaeni, E., & Zamzam, A. (2019). Penentuan dan Perumusan Kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi dalam K-13 versi revisi. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat. 2(4):420-426.

Arikunto, S. (2021). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3. Jakarta: Bumi Aksara.

Audia, F.F., Hartanto, I., Selaras, G.H., & Armen. (2019). The Validity of Module Based on Problem Based Learning (PBL) on Bacteria-Material for Grade X Senior High School. Atrium Pendidikan Biologi, 4(1):256-264.

Cahyadi, R.A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar berbasis ADDIE modul. Islamic Education Journal. 3(1):35-42.

Cahyaningrum, F.D., & Setyaningsih, N.H. (2019). Pengembangan Modul Menulis Teks Cerita Fantasi Bermuatan Nilai Konservasi Bagi Peserta Didik SMP. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 8(1):56-63.

Daryanto (2013). Menyusun Modul: Bahan Ajar dalam Persiapan Guru dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.

Dewi, N.N., Santoso, H., & Lepiyanto, A. (2020). Pengembangan modul biologi metode POE (Predict, Observe, Explain) disertai nilai karakter materi sistem respirasi. Quangga: Jurnal Pendidikan dan Biologi. 12(2):211-217.

Diana, F.N. (2018). Studi tentang kompetensi pedagogik guru dalam merumuskan tujuan pembelajaran mata pelajaran PPKN di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo. Prosiding Seminar Nasional PPKn 2018. 1-10.

Eroika, V., Sumarmin, R., Helendra, & Yuniarti, E. (2019). The Needs Analysis of The Develop of Biology Module Based on Saintific Approach for Senior High School Grade XI Students. Atrium Pendidikan Biologi, 4(2):72-81.

Faishol, R. (2018). Pengembangan Paket Pembelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) Kelas IV Menggunakan Model Dick, Carey & Carey di SD Negeri 2 Tamanagung. Kajian Pendidikan Islam. 2(2):31-49.

Fatmala, N.E., Nyeneng, I.D., & Suana, W. (2017). Pengembangan modul kontekstual berbasis multirepresentasi pada materi hukum Newton tentang gravitasi. Jurnal Pembelajaran Fisika. 5(4):21-30.

Firmansyah, T., Supriyanto, A., & Timan A. (2018). Efektivitas pemanfaatan sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu layanan di SMA laboratorium. Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan. 2(3):179-184.

Firmansyah, V., Khoirunnisa, F., & Silitonga, F.S. (2019). Analisis Kebutuhan Petunjuk Praktikum Berbasis Keterampilan Proses Sains Untuk Mencapai Kemampuan Merancang Eksperimen. Jurnal Zarah. 7(1):17-21.

Fitrisia, R. & Jalinus, N. (2019). Komparasi penggunaan modul cetak dalam multimedia interaksi terhadap hasil belajar ditinjau dari kreativitas siswa. Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi. 19(2):67-74.

Gita, S.D., Annisa, M., & Nanna, A.W. (2018). Pengembangan modul IPA materi hubungan makhluk hidup dan lingkungannya berbasis pendekatan konstektual. Jurnal Pendidikan IPA. 8(1):28-37.

Gunawan, I., Lisnawati, C., & Nurhayati, L. (2021). Pelatihan membuat unit pembelajaran bahan ajar Pada Guru sekolah Kejurusan (SMK) Guna Dharma Nusantara. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ipteks. 7(2):209-218.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hasanah, T.A., Huda, C., & Kurniawati, M. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Gelombang Bunyi Untuk Siswa kelas XII. Physics Education Journal. 1(1):56-65.

Hayudiyani, M., Saputra, B.R., Adha, M.A., & Ariyanti, N.S. (2020). Strategi kepala sekolah meningkatkan mutu pendidikan melalui program unggulan sekolah. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan. 8(1):89-95.

Ibrahim, E., & Yusuf, M. (2019). Implementasi Modul Pembelajaran Fisika dengan Menggunakan Model React Berbasis Konstektual pada Konsep Usaha dan Energi. Jambura Physics Journal. 1(1):1-13.

Jumrawarsi, & Suhaili, N. (2020). Peran seorang guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Ensiklopedia Education Review. 2(3):50-54.

Kaaffah, R.R., Wibowo, A., & Rahmayanti, I. (2021). Validitas Isi pada Alat Evaluasi Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas X SMA. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 3(2):158-167.

Lastri, N., Hamidah, A., & Effendi, M.H. (2019). Pengembangan e-Modul Berbasis Model Experiental Learning pada Materi Pencermaran Lingkungan Untuk SMP Kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. 8(2):11-17.

Lawshe, C.H. (1975). A Quantitative Approach to Content Validity. Personnel Psychology. 28:563-575.

Mascita, D.E. (2021). Mendesain Bahan Ajar Cetak dan Digital. Bandung: Media Sains Indonesia.

Oktaviani, S. (2017). Pengembangan bahan ajar tematik dalam implementasi Kurikulum 2013 Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru. 9(2):93-98.

Prastowo, A. (2018). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Pratama, H. (2020). Pengembangan paket bahan ajar kebencanaan. Pedagogy: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. 7(2):16-20.

Pratama, H., Eliwatis & Fajar, N. (2019).Pengembangan modul pembelajaran biologi berbasis android pada materi sistem regulasi untuk siswa SMA/MA. Jurnal Sains dan Teknologi. 10(2):43-56.

Pratiwi, R.I., Nyeneng, I.D., & Wahyudi, I. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Konstektual Berbasis Multiple Representations Materi Fluida Statis. Jurnal Pembelajaran Fisika. 5(3):69-79.

Purnomo, N., Pujani, N.M., & Juniartina, P.P. (2021). Pengembangan Kamus IPA Berbasis Microsoft Excel sebagai Suplemen Buku IPA Materi Sistem Eksresi Manusia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 4(1): 58-68.

Puspitasari, A.D. (2019). Penerapan media pembelajaran fisika menggunakan modul cetak dan modul elektronik pada siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika. 7(1):17-25.

Putra, R.A., Kamil, M., & Pramudi, J.R. (2017). Penerapan metode pembelajaran mandiri dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah. 13(1):23-36.

Rahmadhania, R., Panjaitan, R.G.P., & Wahyuni, E.S. (2017). Kelayakan Modul Materi Sistem Ekskresi Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. 6(12).

Rahmi, A. & Suparman. (2019). Analisis Kebutuhan Modul dengan Pendekatan CTL untuk meningkatkan motivasi belajar dan keterampilan 4C pada peserta didik. Prosiding Sendika. 5(1):121-126.

Renat, S.E., Novriyanti, E., & Armen. (2017). Pengembangan Modul dilengkapi peta konsep dan gambar pada Materi Keanekaragaman Makhluk Hidup untuk Siswa Kelas VII SMP. Bioeducation Journal. 1(1): 95-108.

Romayanti, C., Sundaryono, A., & Handayani, D. (2020). Pengembangan e-modul kimia berbasis kemampuan berpikir kritis dengan menggunakan Kvisoft Flipbook Maker. Jurnal Pendidikan dan Ilmu dan Kimia. 4(1):51-58.

Roslina, Nurhayati, B., & Rachmawaty. (2020). Efektivitas pemanfaatan modul jaringan pada tumbuhan berbasis pendekatan saintifik dan buku paket biologi terhadap motivasi belajar peserta didik. Jurnal IPA Terpadu. 4(1):63-71.

Sabaniah, N., Winarni, E.W., & Jumiarni, D. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir kreatif melalui lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis creative problem solving. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi. 3(2):230-239.

Safitri, A., Subiki, & Wahyuni, S. Pengembangan Modul IPA Berbasis Kearifan Lokal Kopi Pada Pokok Usaha dan Energi di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika. 7(1):22-29.

Saifiyah, S., Ferdianto, F., & Setiyani. (2017). Desain Modul pembelajaran berbasis kemampuan komunikasi matematis dan Motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Matematika. 2(2):177-192.

Sari, R.T & Jusar, A.R. (2017). Analisis Kebutuhan Modul Pembelajaran IPA Berorientasi Pendidikan Karakter melalui Pendekatan Quantum Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Biologi. 8(1):26-32.

Sartika, R. & Lufri. (2018). Development of Spiritual IPA Module on Environtment Pollution Subject for Junior High School. Atrium Pendidikan Biologi, 3(1):22-31.

Setiawati, E., Rahayu, H.M., & Setiadi, A.E. (2017). Pengembangan Media pembelajaran modul pada materi Animalia Kelas X SMAN 1 Pontianak. Jurnal Bioeducation, 4(1):47-57.

Setiyadi, M.W., Ismali, & Dani, H.A. (2017). Pengembangan Modul pembelajaran biologi berbasis pendekatan saintific untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Journal of Educational Science and Technology, 3(2):102-112.

Shofyan, D.H., Zubaidah, S. & Tenzer, A. (2021). Pengembangan multimedia pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar kognitif materi sistem respirasi. Jurnal MIPA dan Pembelajarannya. 1(1): 1-8.

Sholihah, I. & Firdaus, Z. (2019). Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia melalui Pendidikan. Jurnal Kependidikan dan Syariah. 7(2):33-46.

Simamora, A.H., Sudarma, I.K., & Prabawa, D.G. (2019). Pengembangan e-modul berbasis proyek untuk mata kuliah fotografi di jurusan teknologi pendidikan fakultas ilmu pendidikan Undiksha. Journal of Education Technology. 2(1):51-60.

Sista, T.R. Implementasi manajemen kurikulum dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam. 1(1):25-45.

Sugianto, S.D., Ahied, M., Hadi, P.W., &Wulandari, A.Y. (2018). Pengembangan Modul IPA Berbasis Proyek Terintegrasi STEM Pada Materi Tekanan. Natural Science Education Research, 1(1): 28-39.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriyadi, E. (2017). Pengembangan model evaluasi untuk meningkatkan mutu pendidikan teknik elektro. Jurnal Edukasi Elektro. 1(1):25-35.

Triyono, A., Rahardjo, S.S., & Novianto, F. (2019). The effect of Hypercholesterol Herbs Formula on the Quality of Life. 6th International Conference on Public Health. 23-24, 1-6.

Wahyunarti, M., Yahya, R., & Sundaryono, A. (2019). Pengembangan modul berbasis penelitian pencegahan P. berghei pada mus musculus terhadap berpikir kritis mahasiswa. Journal of Science Education. 3(2):77-83.

Wahyuni, H.I. & Puspasari D. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 Komeptensi Dasar Mengemukakan Daftar Urut Kepangkatan dan Mengemukakan Peraturan Cuti. Jurnal Pendidikan Ekonomi Manajemen dan Keuangan. 1(1):54-58.

Widana, I. W. (2017). Modul Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA Direktorat Pembinaan SMA Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Wiyati, S.W. (2019). Peningkatan kemampuan guru dalam memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar melalui diskusi MGMP di SMPN 1 Punung Kabupaten Pacitan. Jurnal Refleksi Pembelajaran. 4(1):32-41.

Wulansari, E.W., Kantun, S., & Suharso, P. (2018). Pengembangan e-modul pembelajaran ekonomi materi pasar modal untuk siswa kelas XI IPS MAN 1 Jember tahun ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmuah Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial. 12(1):1-7.

Yanti, R., Laswadi, Ningsih, F., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Penerapan pendekatan saintifik berbantuan geogarba dalam upaya meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. 10(2):180-194.

Yuliana, I.F., Sholichah, N. (2021). Pengembangan Modul Termokimia Berbasis Multi Representasi Untuk Melatih Literasi Kimia Mahasiswa Pada Materi Termokimia. Chemistry Education Practice, 4(2): 179-185.

Zakaria, D. & Ibrahim, S. (2018). Efektivitas bimbingan belajar mandiri dan implikasinya terhadap hasil belajar pendidikan agama islam peserta didik di SMK Negeri 3 Gorontalo. Jurnal Studi Islam dan Interdisipliner. 3(2):1-18.

Zulfadli. (2017). Pengembangan Modul Biologi Pada Materi Ekosistem Berbasis Problem Based Learning Untuk Peserta didik Kelas X SMA Muhammadiyah Kota Tarakan. Jurnal Bionature, 17(1), 63-67.




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/apb.v7i2.12644