EFFECTIVENESS OF HIGH SCHOOL BIOLOGY LEARNING DURING THE COVID-19 PANDEMIC IN MUARO JAMBI REGENCY
Abstract
Keywords
Full Text:
FullpaperReferences
Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289
Baety, D. N., & Munandar, D. R. (2021). Analisis Efektifitas Pembelajaran Daring dalam Menghadapi Wabah Pandemi Covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 880–889. Retrieved from https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/476
Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208–218. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112
Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57
Dadang. (2021). Efektivitas Pembelajaran Online Learning Pada Masa Pandemi Covid- 19 di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pamulang. Eduka: Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis, 6(1), 15–24.
Damayanthi, A. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid 19 pada Perguruan Tinggi Keagamaan Katolik. Jurnal Sosial :Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 21(3), 53–56. Retrieved from http://sosial.unmermadiun.ac.id/index.php/sosial/article/view/61
Depdiknas. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.
Farisa, F. C., & Erdianto, K. (2020, April 13). KPAI Terima 213 Pengaduan Pembelajaran Jarak Jauh, Mayoritas Keluhkan Beratnya Tugas dari Guru. Kompas. Retrieved from https://nasional.kompas.com
Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 121–132. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973
Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajara Daring Sebagai Upaya Study From Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Adminstrasi Perkantoran, 8(3), 496–503. https://doi.org/10.1093/fampra/cmy005
Hidayah, A. A. F., Adawiyah, R. Al, & Mahanani, P. A. R. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 21(2), 53–56. https://doi.org/10.36490/value.v2i1.177
Hidayat, D. R., Rohaya, A., Nadine, F., & Ramadhan, H. (2020). Kemandirian Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid -19. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(2), 147–154. https://doi.org/10.21009/pip.342.9
Jannah, F. (2013). Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional. Dinamika Ilmu, 13(2), 161–173. https://doi.org/10.32678/alqalam.v19i95.460
Kuntarto, E., Sofwan, M., & Mulyani, N. (2021). Analisis Manfaat Penggunaan Aplikasi Zoom Dalam Pembelajaran Daring Bagi Guru Dan Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(1), 49–62. https://doi.org/10.29407/jpdn.v7i1.15742
Maulana, H. A., & Hamidi, M. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Praktik di Pendidikan Vokasi. Jurnal Equilibrum, 8(2), 224–231.
Muslich, A., & Iswati, S. (2019). Metodologi penelitian kuantitatif: edisi 1. Jakarta: Airlangga University Press.
Nurkholis. (2013). Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24–44.
Pawicara, R., & Conilie, M. (2020). Analisis Pembelajaran Daring terhadap Kejenuhan Belajar Mahasiswa Tadris Biologi IAIN Jember di Tengah Pandemi Covid-19. Alveoli: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 29–38. https://doi.org/10.35719/alveoli.v1i1.7
Prawanti, L. T., & Sumarni, W. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Selama Pandemic Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 286–291. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Rohmatin, N., Suwarto, & Nugroho, A. A. (2021). Improving Creativity and Learning Outcomes of High School Students Implementing Problem Based Learning and Youtub. Jurnal Atrium Pendidikan Biologi, 6(4), 273–284. https://doi.org/10.1016/s0167-0115(01)00338-x
Saadi, F., Halidjah, S., & Kartono. (2013). Peningkatan Efektivitas Pembelajaran Peserta Didik Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Menggunakan Media Tepat Guna di Kelas IV Sekolah Dasar Negero 02 Toho. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(7), 14–27.
Sriyani, I. (2021). Google Classroom Sebagai Solusi Pembelajaran Jarak Jauh Mata Pelajaran Administrasi Umum. Indonesian Journal of Education and Learning, 4(2), 456–461. https://doi.org/10.31002/ijel.v4i2.3111
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syahmina, I., Tanjung, I. F., & Rohani, R. (2020). Efektivitas Pembelajaran Biologi Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Madrasah Negeri Medan. Jurnal Biolokus, 3(2), 320–327. https://doi.org/10.30821/biolokus.v3i2.790
Yenti, F., & Fitri, R. (2022). Teachers and Student’s Perception of Online Natural Science Learning. Jurnal Atrium Pendidikan Biologi, 7(1), 30–36. https://doi.org/10.1016/s0167-0115(01)00338-x
Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa Covid 19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232–243. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/apb.v7i1.12384