TEACHERS AND STUDENTS' PERCEPTIONS OF ONLINE NATURAL SCIENCE LEARNING
Abstract
Keywords
Full Text:
FullpaperReferences
Arnesi, Novita dan Abdul Hamid K. 2015. Penggunaan Media Pembelajaran Online-Offline dan Komunikasi Interpersonal terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan, Vol. 2, No. 1: 85-99.
Aquina, Desy dan Bambang Subali. 2016. Keterlaksanaan Aspek Penelitian Pembelajaran Biologi SMAN Kelas X Se-Kota Yogyakarta Berdasarkan Latar Belakang Akademik Guru. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, Vol. 2, No. 1: 1-11.
Bimo, Walgito. 2004. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset.
Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Gultom, C. R., dan Sitanggang, S. G. 2020. Persepsi Mahasiswa Unika terhadap Kuliah Online di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra (PEDISTRA), Vol. 3, No. 1: 6-15.
Jamal, Fakhrul. 2014. Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika pada Materi Peluang Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Meulaboh Johan Pahlawan. Jurnal MAJU (Jurnal Pndidikan Matemtika), Vol. 1, No. 1: 18-36.
Karno, R. 2015. Penerapan Media Pembelajaran Biologi dengan Menggunakan Macromedia Flash Profesional 8. Jurnal Ilmiah Edu Research, Vol. 2, No. 1: 79-84.
Lase, D. 2019. Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora dan Kebudayaan, Vol. 1, No. 1: 28-43.
Mahmud, D. 2017. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Andi.
Mustofa, M. I., Chodzirin, M., Sayekti, L., dan Fauzan, R. 2019. Formulasi Model Perkuliahan Daring sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Walisongo Journal of Information Technology, Vol. 1, No. 2: 151-160.
Neroni, J., Meijs, C., Gijselaers, H. J. M., Kirschner, P. A., and Groot, R. H. M. De. 2019. Learning and Individual Differences Learning Strategies and Academic Performance in Distance Education. Learning and Individual Differences, Vol. 11, No. 4: 1-7.
Pramitasari, A., Indriana, Y., dan Ariati, J. 2011. Hubungan antara Persepsi terhadap Metode Pembelajaran Kontekstual dengan Motivasi Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Pangkalan Kerinci, Riau. Jurnal Psikologi Undip, Vol.9, No. 1: 92-102.
Rahmi, Nurul Aulia, Rahmadhani Fitri, Ganda Hijrah Selaras, dan Ramadhan Sumarmin. 2019. Analisis Hubungan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa SMP di Kota Padang. Atrium Pendidikan Biologi UNP, Vol. 4, No. 1: 232-238.
Rakhmat, J. 2007. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Riduwan. 2012. Pengantar Statistika Sosial. Bandung: Alfabeta.
Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sun, S. Y. 2014. Learner Perspectives on Fully Online Language Learning. Distance Education, Vol. 35, No. 1: 18-42.
Tasmalina dan Pandu Prabowo. 2018. Pengaruh Media Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa pada Sub Materi Spermatophyta di SMA Swasta Nurul Amaliyah Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2015/2016. BEST Journal, Vol. 1, No. 1: 14-20.
Zainuddin, Rosdiana. 2020. Respon Siswa MAN Paser terhadap Pembelajaran Online pada Mata Pelajaran Geografi. Jurnal Pangea Geografi, Vol. 2, No, 1: 124-132.
Zhang, D., Zhao J. L., Zhou L., and Nunamaker J. F. 2004. Can E-earning Replace Classroom Learning? Communications of the ACM, Vol. 47, No. 5: 75-79.
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/apb.v7i1.11023