THE EFFECT OF APPLYING COOPERATIVE LEARNING MODEL ON STUDENT COMPETENCE IN NATURAL SCIENCE: LITERATURE STUDY ABOUT TWO STAY TWO STRAY WITH STUDENT WORKSHEET
Abstract
Keywords
Full Text:
FullpaperReferences
Amira Zainap Lapohea. 2014. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik X pada materi logika matematika SMA N 1 Sindue. Skripsi. Padang: Universitas Negeri Padang.
Bachri, Syaeful. 2017. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan Metode Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS). Formatif, Vol. 7, No. 3: 246-252.
Hamdani,2012. Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Dengan Menggunakan Alat Peraga Terhadap Pemahaman Konsep Cahaya Kelas VIII di smp Negeri 7 Kota Bengkulu. Jurnal Exacta, X (1), 80.
Haryono, Yuni Rahmawati. 2017. Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Melalui Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Bagi Siswa Kelas VII 1 SMP Negeri 2 Toroh Kabupaten Grobogan Semester Genap Tahun 2015/2016. Jurnal Manajemen Pendidikan, 12 (1),60-72.
Iswati dan Hindarto. 2011. Penerapan Model pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Struktural Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X SMA. Skripsi. Padang: Universitas Negeri Padang.
Khairunnisa, Yasmine., Fitria Rizkiana., dan Herlina Apriani. 2019. Pengaruh penggunaan lembar kerja peserta didik (LKPD) tematik pada materi fotosintesis terhadap motivasi, kemandirian, dan hasil balajar. Quantum. Vol. 10, No. 2: 121-129.
Komalastri, K. 2010. Pembelajaran Kontekstual. Bandung: PT Refika Aditma.
Marsa., Yusminah Hala., A. Mushawwir Taiyeb. 2016. Pengaruh penggunaan lembar kerja peserta didik berbasis pendekatan ilmiah terhadap aktifitas dan hasil belajar IPA Biologi kelas VII peserta didik SMP Negeri 2 Watampone. Sainmat, Vol. V, No. 1:42-57.
Novitasari, Eska., Kurnia Ningsih., dan Syamswisma. 2016. Pengaruh model kooperatif TSTS berbasis Mind Mapping materi gerak pada tumbuhan di SMP. Vol. 5, No 3: 1-12.
Oktricia, Haryani., Ariefa Primair Yani., Irwandi Ansori. 2019. Pengaruh penerapan LKPD indentifikasi jenis-jenis bambu terhadap hasil belajar peserta didik kelas X SMP Bengkulu Utara. Diklabio. Vol. 2, No 2: 166-173.
Okatari, Nengsi. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik Tentang Materi Ekologi Mata Pelajaran Biologi Kelas X di SMAN 4 Pariaman. Skripsi. Padang: Universitas Negeri Padang.
Puspika, Ade Risma. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi SaLing Ketergantungan Dalam Ekosistem di kelas VII SMP Negeri Meureubo. Bionatural, Vol. 3, No 1: 13-22.
Suprijono, Agus. 2014. Cooperatif Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Syamsiah, Siti. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Pada Mata Pelajaran IPS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV A SDN Simomulyo 8 Surabaya. Jurnal JGSD, 02(01), 1-9.
Tarigan dan Djago. 2009. Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa.
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/apb.v6i1.10853