Pengaruh keraguan konsumen pada produk baru terhadap niat mencoba produk coffee shop dengan variabel moderasi kemasan
Abstract
Pertumbuhan bisnis kedai kopi dan tingginya tingkat kompetisi di Indonesia khususnya di Surabaya menimbulkan keraguan calon pembeli untuk mencoba sebuah produk minuman kopi baru. Para pengusaha kedai kopi perlu mencari faktor pendukung yang dapat menimbulkan keinginan pasar untuk mencoba sebuah produk. Afterwork Caffeine Coffee shop mengusung gabungan tema coffee to go dan specialty coffee. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh consumer doubt new product terhadap intention to try pelanggan Afterwork Caffeine Coffee shop dengan packaging sebagai variabel moderasi. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif dan analisis regresi linear berganda. Kuesioner yang disebarkan kepada 96 sampel. Berdasarkan hasil analisis, didapatkan kesimpulan bahwa consumer doubt new product dinyatakan memiliki pengaruh terhadap intention to try pelanggan Afterwork Caffeine Coffee shop, sedangkan packaging tidak memoderasi consumer doubt new product dalam mempengaruhi intention to try pelanggan.
References
Ahmed Rizwan Raheem, P. V. (2014). Impact Of Product Packaging On Consumer’s Buying Behavior. 122.
Alfianika, N. (2018). Metode Penelitian Pengajaran Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Deepublish
Bagozzi, R. P. (1990). Trying To Consume
Chen, Gilad. Ployhart E Robert. Thomas, H Cooper. Chan Bliese, Paul D. (2008). The Power of Momentum: A New Model of Dynamic Relationship between Job Satisfaction Change and Turnover Intentions. A Academy of Management Journal, Vol. 54, No.1 pp. 159-181
Dwinanda, R. (2019, December 18). Ada Tujuh Jenis Kedai Kopi, Mana Yang Jadi Favorit Milenial? Diambil Kembali Dari Gayahidup.Republika.Co.Id: Https://Gayahidup.Republika.Co.Id/Berita/Q2opvz414/Ada-Tujuh-Jenis-Kedai- Kopi-Mana-Y ang-Jadi-Favorit-Milenial
Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi Tesis Dan Disertasi Ilmu Manajemen. Universitas Diponegoro, 239.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hareka, Janice & Wahyudi, Alexander. (2020). The Relationship Between Consumer Doubt And Value For Money On Purchase Intention. Review of Management and Entrepreneurship. 4. 1-16. 10.37715/rme.v4i1.1245.
Kementrian Pertanian. (2019, 10 08). Indonesia: Penghasil Kopi Terbesar Keempat Dunia. Diambil Kembali Dari Indonesiabaik.Id: Http://Indonesiabaik.Id
Ployhart, V. B. (1998). Trying, Intentions And The Processes By Which Goals Influence Perfomance .
Priyatno, D. (2014). Spss 22 Pengolah Data Terpraktis . Yogyakarta: Andi.
Raheem,A.R., et al. 2014. Patients’ Satisfaction and Quality Health Services: An Investigation from Private Hospitals of Karachi, Pakistan. Research Journal of Recent Sciences. Vol.3, No.7 : 34-38
Saaksjarvi, M. (2010). The Development Of A Scale To Measure Consumer Doubt Toward New Products.
Setiobudi, Auditia. Audrey Viliana. (2021). The Effect of Product Innovation on Interest with Satisfaction as Mediation. Review of Management and Entrepreneurship 5 (1), 45-58
Sulasih. (2017). A Study Of Price Perception,Packaging And Service Quality Toward Cosumers,Interest In Purchasing Special Product Of Bumiayu,Central Java.
Teofilus, T. F. (2019). The Elements Of Packaging That Form A Brand Personality.
Tesser, A. C. (1983). The Role Of Social Pressure, Attention To The Stimulus,
And Self-Doubt In Conformity.Wardhani, S. (2017, November 13). Potensi Kopi Indonesia Dalam Gaya Hidup Masa Kini. Dipetik October 12, 2020, Dari Validnews.Id: Https://Www.Validnews.Id/Potensi-Kopi-Indonesia-Dalam-Gaya-Hidup-Masa- Kini-Szj
Widarti, P. (2019, October 1). Pertumbuhan Kafe Berbasis Kopi Jatim Mencapai 18 Persen Setahun. Diambil Kembali Dari Surabaya.Bisnis.Com: Https://Surabaya.Bisnis.Com/Read/20191001/531/1154444/Pertumbuhan-Kafe- Berbasis-Kopi-Jatim-Mencapai-18-Persen-Setahun
Wijayanto. (2019, Februari 22). Potensi Industri F&B Mampu Tumbuh 20 Persen Tahun Ini. Diambil Kembali Dari Radarsurabaya.Jawapos.Com: Https://Radarsurabaya.Jawapos.Com/Read/2019/02/22/120908/Potensi-Industri- Fb-Mampu-Tumbuh-20-Persen-Tahun-Ini
Willy, S. N. (2019, Juni). Pengaruh Kemasan Produk Dan Rasa Terhadap Minat Beli yang Berdampak pada Keputusan Pembelian Pelanggan Minuman Energi . Jurnal Ilmu Manajemen
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/jkmw02133410