Continuance intention pengguna aplikasi belanja online: peran trust sebagai variabel mediasi

Astra Budiarti - Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia
Awisal Fasyni - Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia
Rizki Lasmini - Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor persepsi pengguna aplikasi e-commerce (perceived system quality, perceived radicalness, dan expectation fulfilment), dan faktor social pengguna terhadap continuance intention dalam menggunakan aplikasi e-commerce. Disamping itu, dianalisis pengaruh mediasi variabel trust. Penelitian ini dilakukan melalui penyebaran engket kepada 121 orang pengguna aplikasi e-commerce secara accidental sampling. Penelitian ini bersifat kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan analisis Structural Equation Model, diketahui bahwa terdapat pengaruh langsung antara variabel persepsi pengguna dan faktor social terhadap continuance intention. Pengaruh tidak langsung dengan adanya mediasi variabel trust juga menunjukkan pengaruh yang signifikan.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24036/jkmw02127730