Determinan dan Peran Dari Kualitas Sistem Informasi Akuntansi terhadap Kinerja Organisasi Perangkat Daerah

Intan Pertiwi Maharani(1), Hafiez Sofyani(2), Fitria Sarifatun Nisa'(3),
(1) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Yogyakarta  Indonesia
(2) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Yogyakarta  Indonesia
(3) Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/wra.v11i1.122513

Full Text:    Language : en

Abstract


Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk menguji determinan dan peran kualitas sistem informasi akuntansi terhadap kinerja pemerintah daerah.

Metode – Penelitian ini mengambil sampel Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Yogyakarta. Responden dari penelitian ini adalah 90 OPD yang menggunakan dan Sistem Informasi Akuntansi (SIA). Data yang diambil dalam bentuk kuesioner yang mengacu pada skala Likert. Penelitian ini menggunakan analisis uji CMB, statistik deskriptif, uji validitas dan reliabilitas, dan uji hipotesis.

Hasil – Hasil studi menunjukkan bahwa pengetahuan akuntansi dan ketersediaan dan fungsi jaringan komunikasi berperan positif dan signifikan terhadap Kualitas SIA. sedangkan untuk ketersediaan dan fungsi hardware dan software tidak ditemukan memiliki pengaruh terhadap kualitas SIA. Selanjutnya, kualitas SIA berperan positif dan signifikan terhadap kinerja OPD.

Originalitas Penelitian ini mendokumentasikan studi empiris tentang determinan kunci dari kualitas SIA dan peran SIA itu sendiri terhadap kinerja OPD yang masih jarang mendapat perhatian akademisi, khususnya di Indonesia.

Keterbatasan/Implikasi – Ruang lingkup penelitian masih sedikit, sehingga hasil penelitian ini belum bisa digeneralisasikan untuk penerapan SIA di OPD Indonesia. penelitian selanjutnya bisa memperluas sampel penelitian dan menambahkan teknik wawancara dengan OPD. sehingga hasil penelitian bisa menjadi lebih kuat. Penelitian ini diharapkan  dapat memberikan masukan bagi pemerintah daerah dalam meningkatkan kinerjanya melalui pemberdayaan SIA di OPD.


Article Metrics

 Abstract Views : 373 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.