Penerapan Metode Scrum dalam Pengembangan Aplikasi Pemesanan Makanan dan Minuman
(1)   Indonesia
(2) Universitas Teknologi Yogyakarta  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/voteteknika.v12i4.131221
Abstract
Perkembangan teknologi telah mengubah paradigma industri makanan dan minuman, mengarah pada peningkatan penggunaan sistem pemesanan berbasis mobile. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk merancang aplikasi pemesanan makanan menggunakan pendekatan Agile Development, khususnya framework Scrum. Studi kasus dilakukan pada restoran Saku – Saku Japanese Food, yang saat ini masih menggunakan sistem pemesanan manual, sering menyebabkan inefisiensi dan kesalahan dalam pemrosesan pesanan. Untuk mengatasi masalah ini, diusulkan pengembangan aplikasi pemesanan makanan yang memanfaatkan realtime database. Dengan menerapkan metodologi Agile Development melalui framework Scrum, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan solusi pemesanan yang inovatif, responsif, dan dapat beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan kebutuhan. Penelitian dilakukan dalam kurun waktu 2 bulan dengan melewati setiap tahap pada metode. Melalui pengujian BlackBox, seluruh fungsionalitas aplikasi telah terverifikasi sesuai dengan skenario pengujian, menunjukkan tingkat keberhasilan yang tinggi. Fitur yang ada memudahkan pelanggan untuk memilih kursi yang masih tersedia. Informasi terkait menu restoran juga dapat diakses dengan mudah. Aplikasi mampu memberikan dampak yang signifikan dalam meningkatkan pengalaman pelanggan dan efisiensi operasional restoran.
Kata kunci : Agile Development, Scrum, Real-time Database, Pengujian BlackBox
Technological developments have changed the paradigm of the food and beverage industry, leading to the increased use of mobile-based ordering systems. Research was conducted with the aim of designing a food ordering application using the Agile Development approach, specifically the Scrum framework. The case study was conducted at Saku - Saku Japanese Food restaurant, which currently still uses a manual ordering system, often causing inefficiencies and errors in order processing. To overcome this problem, the development of a food ordering application that utilizes a realtime database is proposed. By applying the Agile Development methodology through the Scrum framework, this research aims to produce an ordering solution that is innovative, responsive, and can adapt quickly to changing needs. The research was conducted over a period of 2 months by going through each stage of the method. Through BlackBox testing, all application functionality was verified according to the test scenarios, showing a high success rate. The existing features make it easy for customers to choose seats that are still available. Information related to the restaurant menu can also be accessed easily. The application is able to have a significant impact in improving customer experience and restaurant operational efficiency.
Keywords: Agile Development, Scrum, Real-time Database, Black Box Testing
References
T. Sutarsih, E. Sari, A. Syakilah, and K. Maharani, Statistik Telekomunikasi Indonesia 2023, vol. 12. Badan Pusat Statistik, 2023.
K. Zaman, A. Wibawa, I. Zaeni, and I. Sunaifah, “Implementasi SCRUM pada Pengembangan Aplikasi Sistem ADI STETSA SMAN 4 Malang: Bidang Adiwiyata,” Jurnal Inovasi Teknologi dan Edukasi Teknik , vol. 1, no. 7, pp. 508–517, 2021.
A. Andipradana and K. Hartono, “Rancang Bangun Aplikasi Penjualan OnlineBerbasis WebMenggunakan Metode Scrum,” Jurnal Algoritma, vol. 18, no. 1, 2021.
I. Fakhruddin, N. Rismawati, and R. Sriyanti, “Perancangan Sistem Aplikasi Penjualan Paket Wisata Pulau Seribu Berbasis Java Dengan Metode Scrum (Studi Kasus PT. Abarter Global Indonesia),” Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi, vol. 5, no. 1, Feb. 2022.
W. A. Prabowo and C. Wiguna, “Sistem Informasi UMKM Bengkel Berbasis Web Menggunakan Metode SCRUM,” Jurnal Media Informatika Budidarma, vol. 5, no. 1, pp. 149–156, Jan. 2021.
F. Z. Ramadhan and R. Adhitama, “Perancangan Aplikasi Kantin Elektronik Berbasis Android Menggunakan Metode Scrum,” LEDGER : Journal Informatic and Information Technology, vol. 2, no. 1, Feb. 2023.
R. Hapsari and D. Kurniadi, “Rancang Bangun Aplikasi Pemesanan Makanan dan Minuman Berbasis Android dengan Sistem Pembayaran Cash On Delivery Kampus Universitas Negeri Padang,” Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika), vol. 10, no. 3, pp. 8–16, 2022.
G. P. Edde and K. Budayawan, “Pembuatan Aplikasi Reminder Jadwal Perkuliahan di Jurusan Teknik Elektronika Berbasis Android,” Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika), vol. 9, no. 4, pp. 1–11, 2021.
K. D. Putri and D. Kurniadi, “E-Coffee, Aplikasi Pemasaran Kopi Lokal Sumatera Barat Berbasis Web,” Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika), vol. 8, no. 4, pp. 94–106, 2020.
M. R. Adani, “Mengenal Metode Agile dan 12 Prinsipnya bagi Software,” Sekawan Media.
K. D. Prasetya and D. Pratama, “Effectiveness Analysis of Distributed Scrum Model Compared to Waterfall approach in Third-Party Application Development,” Procedia Comput Sci, pp. 103–111, 2021.
Z. I. Sholihati, “Pengembangan aplikasi tiga-tingkat menggunakan metode scrum pada aplikasi presensi karyawan glints academy,” Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi), vol. 6, no. 1, pp. 169–176, 2022.
M. Dwi, “Implementasi Agile Development Pada Pengembangan Aplikasi Cetak Sertifikat Online Munasba Universitas Al-Azhar,” Indonesian Journal of Business Intelligence (IJUBI), vol. 3, no. 2, pp. 67–71, 2021.
I. Heriyawan, U. Hayati, and O. Nurdiawan, “Rancang Bangun Sistem Informasi Akuntansi Menggunakan Codeigniter Dengan Metode Scrum,” JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), vol. 7, no. 2, pp. 1236–1241, 2023.
W. Lofandri, A. D. Samala, and A. Afif, “TRACKME— Perancangan Aplikasi Presensi Online Berbasis GPS dan Android,” Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika) , vol. 12, no. 2, 2024.
Article Metrics
Abstract Views : 22 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.