Pengembangan Aplikasi Mobile Learning Sebagai Media Pembelajaran Interaktif pada Elemen Pemasangan dan Konfigurasi Perangkat Jaringan
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/voteteknika.v12i4.131202
Abstract
Aplikasi Mobile Learning ini dikembangkan untuk mendukung Kurikulum Merdeka yang berfokus pada pengembangan kompetensi siswa, terutama pada Elemen Pemasangan dan Konfigurasi Perangkat Jaringan. Aplikasi ini dirancang sebagai media pembelajaran interaktif berbasis Android, sehingga lebih efisien dan praktis serta memungkinkan siswa mempelajari materi secara mandiri di luar jam sekolah, baik di rumah maupun di lokasi lainnya. Aplikasi ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa. Pengembangan aplikasi dilakukan dengan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang meliputi enam tahapan: konsep, perancangan desain, pengumpulan materi, pembuatan, pengujian, dan distribusi. Melalui metode MDLC, pengujian dilakukan dengan Alpha Test, yang menunjukkan bahwa aplikasi Mobile Learning ini berfungsi sesuai tujuan dan layak digunakan oleh siswa maupun pengguna umum lainnya.
Kata kunci : Mobile Learning, Media Pembelajaran Interaktif, Android, Pemasangan dan Konfigurasi Perangkat Jaringan , MDLC.
This Mobile Learning application was developed to support the Independent Curriculum which focuses on developing student competencies, especially in the Network Device Installation and Configuration Elements. This application is designed as an interactive learning media based on Android, so that it is more efficient and practical and allows students to study the material independently outside of school hours, either at home or in other locations. This application is expected to increase students' motivation and interest in learning. Application development is carried out using the Multimedia Development Life Cycle (MDLC) method which includes six stages: concept, design planning, material collection, creation, testing, and distribution. Through the MDLC method, testing is carried out with the Alpha Test , which shows that this Mobile Learning application functions according to its objectives and is suitable for use by students and other general users.
Keywords: Mobile Learning, Interactive Learning Media, Android, Network Device Installation and Configuration , MDLC.
References
N. D. Rahayu, “Manajemen kurikulum merdeka belajar dalam peningkatan mutu pembelajaran di SMA NEGERI 3 Ponorogo,” pp. 1–131, 2023.
S. Yuntoto, “Pengembangan Aplikasi Android Sebagai Media Pembelajaran Kompetensi Pengoperasian Sistem Pengendali Elektronik Pada Siswa Kelas Xi Smkn 2 Pengasih,” Desy Fatmawati, no. september, pp. 1–8, 2015.
H. Hardiansyah, M. Miftakhuddin, and U. Sumiati, “Pengembangan Media Belajar Mobile Learning pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar Pasca Pandemi Covid-19,” DWIJA CENDEKIA J. Ris. Pedagog., vol. 6, no. 3, p. 773, 2022, doi: 10.20961/jdc.v6i3.66862.
R. W. Satriawan, “Peran Multimedia Interaktif Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Islam (PAI) Siswa Kelas X Di SMA Negeri 2 Sentajo Raya,” Jom Ftk Uniks, vol. 1, no. 2, pp. 216–228, 2020.
Baitty Aqilatun Nufus, Nindia Ananta Zalfa Wijaya, and Muhammad Noer Falaq Al-Amin, “Analisis Pengambilan Keputusan Dalam Perubahan Kurikulum 2013 Menjadi Kurikulum Merdeka Dengan Pendekatan Fishbone Diagram Analysis,” J. Media Akad., vol. 2, no. 5, 2024, doi: 10.62281/v2i5.291.
W. D. Aulianti, S. A. Karim, and M. Riska, “Pengembangan Game Pendidikan Anti Korupsi Berbasis Android,” J. Mediat. J. Media Pendidik. Tek. Inform. dan Komput., vol. 4, no. 2, pp. 27–32, 2021.
A. Wardana, M. R. Ramadhan, M. Aznur, R. A. Putri, and A. Ikhwan, “Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Menggunakan Metode MDLC Pada Zoom Meetings,” J. Penelit. Dan Pengkaj. Ilm. Eksakta, vol. 2, no. 1, pp. 25–29, 2023, doi: 10.47233/jppie.v2i1.677.
S. Suryaningsih, Y. Riandika, A. Hasanah, and S. Anggraito, “Aplikasi Wakaf Indonesia Berbasis Blockchain,” Edumatic J. Pendidik. Inform., vol. 4, no. 2, pp. 20–29, 2020, doi: 10.29408/edumatic.v4i2.2402.
A. H. Tua, M. I. Natama Harahap, and R. A. Hakim Siregar, “Aplikasi Pendaftaran Pelatihan di Dinas Perindustrian Kota Medan Berbasis Android,” COMSERVA Indones. J. Community Serv. Dev., vol. 1, no. 12, pp. 1265–1274, 2022, doi: 10.36418/comserva.v1i12.179.
Ilham Firman Maulana, “Penerapan Firebase Realtime Database pada Aplikasi E-Tilang Smartphone berbasis Mobile Android,” J. RESTI (Rekayasa Sist. dan Teknol. Informasi), vol. 4, no. 5, pp. 854–863, 2020, doi: 10.29207/resti.v4i5.2232.
C. Kartiko, A. C. Wardhana, and D. P. Rakhmadani, “Pengembangan Mobile Learning Management System Dengan User Centered Design (UCD) Menggunakan Flutter Framework,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 6, no. 2, p. 960, 2022, doi: 10.30865/mib.v6i2.3524.
E. Maiyana, “Pemanfaatan Android Dalam Perancangan Aplikasi Kumpulan Doa,” J. Sains dan Inform., vol. 4, no. 1, pp. 54–65, 2018, doi: 10.22216/jsi.v4i1.3409.
I. And and D. Expert, “Pengembangan Aplikasi Media Pembelajaran Sekolah Dasar Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) INFORMASI ARTIKEL A B S T RAK,” 2021. [Online]. Available: https://e-journal.unper.ac.id/index.php/informatics
F. Alfiansyah, S. Lina, and M. Sitio, “Implementasi Metode Multimedia Development Life Cycle (Mdlc) Pada Aplikasi Edukasi Interaktif Pengenalan Mental Health Kepada Masyarakat Berbasis Mobile,” Log. J. Ilmu Komput. dan Pendidik., vol. 1, no. 1, pp. 6–16, 2022, [Online]. Available: https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic
S. Pranoto, S. Sutiono, Sarifudin, and D. Nasution, “Penerapan UML Dalam Perancangan Sistem Informasi Pelaporan Dan Evaluasi Pembangunan Pada Bagian Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Tebing Tinggi,” Surpl. J. Ekon. dan Bisnis, vol. 2, no. 2, pp. 384–401, 2024, [Online]. Available: https://qjurnal.my.id/index.php/sur/article/view/866
S. Narulita, A. Nugroho, and M. Z. Abdillah, “Diagram Unified Modelling Language ( UML ) untuk Perancangan Sistem Informasi Manajemen Penelitian dan Pengabdian Masyarakat ( SIMLITABMAS ) Universitas Nasional Karangturi Semarang , Indonesia ( deskripsi ) dan perancangan sistem , khususnya pada pemrogr,” no. 3, pp. 244–256, 2024.
Article Metrics
Abstract Views : 6 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.