Pegembangan Aplikasi Pendaftaran Online Pasien Rawat Jalan Berbasis Web di RSUD Pasaman Barat

Zakhrifa Husna(1), Ika Parma Dewi(2), Lativa Mursyida(3), Agariadne Dwinggo Samala(4),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/voteteknika.v12i4.131080

Abstract


Perkembangan teknologi informasi telah meningkatkan layanan publik di berbagai bidang, termasuk rumah sakit. Namun, antrian pada layanan rawat jalan tetap menjadi tantangan akibat keterbatasan kapasitas dan proses administrasi manual. RSUD Pasaman Barat menerapkan sistem pendaftaran online berbasis WhatsApp, namun sistem ini kurang efektif karena petugas masih harus memasukkan data secara manual. Penelitian ini mengembangkan aplikasi berbasis web menggunakan metode SDLC Fountain untuk mempercepat proses pendaftaran pasien rawat jalan. Hasil pengujian menunjukkan aplikasi ini berhasil menurunkan waktu tunggu pasien dan meningkatkan efisiensi operasional dengan skor kelayakan 95% dari ahli, yang menunjukkan fungsionalitas dan desain yang ramah pengguna. Aplikasi ini dinilai cocok untuk diimplementasikan dalam operasional rumah sakit guna mendukung peningkatan kualitas pelayanan kesehatan.

Kata kunci : Pendaftaran rawat jalan, SDLC Fountain, Laravel, Website, Pengujian Black box

The development of information technology has enhanced public services in various fields, including hospitals. However, queuing for outpatient services remains a challenge due to limited capacity and manual administrative processes. RSUD Pasaman Barat implemented an online registration system via WhatsApp, but it is less effective as staff still need to manually enter data. This study developed a web-based application using the SDLC Fountain method to expedite the outpatient registration process. Testing results show that this application successfully reduces patient waiting times and improves operational efficiency, with a feasibility score of 95% from experts, indicating user-friendly functionality and design. The application is deemed suitable for implementation in hospital operations to support improved healthcare service quality.

Keywords: Outpatient Registration, SDLC Fountain, Laravel, Web, Black box Testing


References


M. Mahfudhoh and I. Muslimin, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Pada Rumah Sakit Umum Daerah Kota Cilegon,” J. Ilm. Manaj. Kesatuan, vol. 8, no. 1, pp. 39–46, Apr. 2020, doi: 10.37641/jimkes.v8i1.310.

F. A. Fitra, “Design of A Tool to Counter Objects with A Pear Sensor as A Fan and Light Controller Based on An Rtc Based on An ATmega 8535 Microcontroller,” vol. 11, no. 1, pp. 10–18, 2022, [Online]. Available: https://ijobas.pelnus.ac.id/index.php/ijobas/article/view/76

E. P. Mahadewi, A. Heryana, Y. Kurniawati, and I. Ayuba, “Analisis Waktu Tunggu Pelayanan Poliklinik Paru di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tangerang,” Gorontalo J. Public Heal., vol. 2, no. 1, pp. 110–119, Apr. 2019, doi: 10.32662/gjph.v2i1.463.

R. Ambarwati and N. Syamiyah, “Systematic Literature Review ‘ Analisis Persepsi Pasien : Survei Kepuasan Pasien di Beberapa Fasilitas Kesehatan Publik ’ Penelitian ini menggunakan metode Studi Literature Review dengan tujuan mendapatkan informasi akurat setiap peneliti jurnal mengenai,” J. Baja Heal. …, vol. 03, no. 2, pp. 197–204, 2023, [Online]. Available: https://www.ejournal.lppm-unbaja.ac.id/index.php/adkes/article/view/2773

Y. Indarta, F. Ranuharja, and A. D. Samala, “Web Application Development for Syari Online Shop Using 4D Model Development,” vol. 6, no. 2, pp. 720–728, 2022.

A. Rizaldi, V. H. Pranatawijaya, and P. B. A. A. Putra, “Penerapan Antrian dan Pemesanan Online di Aplikasi Pearl Salon And BarberShop Berbasis Mobile,” J. Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 1, no. 1, pp. 1–9, Mar. 2021, doi: 10.47111/jointecoms.v1i1.2384.

H. Setiani and M. I. P. Nasution, “Pentingnya Database dalam Mengelola Data Aplikasi Media Sosial di Era Digital,” IJM Indones. J. Multidiscip., vol. 1, no. 3, pp. 930–935, 2023, [Online]. Available: https://journal.csspublishing.com/index.php/ijm/article/view/244

H. A. Ramadhan, R. P. Sari, and D. Prawira, “Jurnal Informasi dan Teknologi Rancang Bangun Aplikasi Sampah Market Menggunakan Model Fountain,” J. Inf. dan Teknol., vol. 5, no. 1, pp. 65–74, 2023, doi: https://doi.org/10.37034/jidt.v5i1.258.

Yuliana Monika Liwu, Kristianus Jago Tute, and Benediktus Yoseph Bhae, “Perancangan dan Implementasi Sistem Informasi Manajemen Panti Asuhan Menggunakan Pemrograman Java Netbeans,” SATESI J. Sains Teknol. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 2, pp. 108–116, Oct. 2022, doi: 10.54259/satesi.v2i2.1126.

M. Snae, “Sistem Informasi Pendataan Anak Panti Asuhan ‘RIANG’ Berbasis Website,” JITU J. Inform. Technol. Commun., vol. 3, no. 1, pp. 20–24, May 2019, doi: 10.36596/jitu.v3i1.63.

K. Nisa and M. A. Al Banjari, “Aplikasi Manajemen Panti Sosial Asuhan Anak Budi Mulia Banjar Baru,” ePrints UNISKA, 2021.

J. M. Purba, “Decision Support System for Determining Overtime Employees at PT. Mark Dynamics Indonesia, Tbk with Analytical Hierarchy Process Method,” Int. J. Basic Appl. Sci., vol. 10, no. 1, pp. 16–23, Apr. 2021, doi: 10.35335/ijobas.v10i1.4.

A. J. Lumbangaol, “Expert System for Diagnosing Pests and Diseases on Onion Crops due to Climate Change and Weather using Bayes’ Theorem Method,” Int. J. Basic Appl. Sci., vol. 9, no. 2, pp. 29–33, 2020, doi: https://doi.org/10.35335/ijobas.v9i2.12.

K. Afiifah, Z. F. Azzahra, and A. D. Anggoro, “Analisis Teknik Entity-Relationship Diagram dalam Perancangan Database Sebuah Literature Review,” INTECH, vol. 3, no. 2, pp. 8–11, Nov. 2022, doi: 10.54895/intech.v3i2.1682.

R. A. Sukamto and M. Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika, 2019.

J. Supriyanto, A. Fadlil, and S. Sunardi, “Pengujian Kualitatif Aplikasi Informasi Gempa Bumi dalam Bentuk Suara untuk Tunanetra,” MATRIK J. Manajemen, Tek. Inform. dan Rekayasa Komput., vol. 21, no. 3, pp. 619–628, Jul. 2022, doi: 10.30812/matrik.v21i3.1482.

Y. D. Wijaya and M. W. Astuti, “Pengujian Blackbox Sistem Informasi Penilaian Kinerja Karyawan Pt Inka (PERSERO ) Berbasis Equivalence Partitions,” J. Digit. Teknol. Inf., vol. 4, no. 1, p. 22, Mar. 2021, doi: 10.32502/digital.v4i1.3163.

Andam Lukcyhasnita, Ferry Fachrizal, and Juneidy, “Penerapan Uji Fungsionalitas dan Uji Pengguna Augmented Reality Word Warrior Sebagai Media Ajar Kosakata Bahasa Inggris,” Bull. Comput. Sci. Res., vol. 4, no. 3, pp. 298–307, Apr. 2024, doi: 10.47065/bulletincsr.v4i3.301.

F. Asrin, “Analisis Pengujian Menggunakan User Acceptance Tes (UAT) pada Aplikasi Manajemen Notulensi Rapat BAPPEDA Kota Pontianak,” J. Jar. Sist. Inf. Robot., vol. 8, no. 1, pp. 34–41, 2024.

Sugiyono, Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2022.


Article Metrics

 Abstract Views : 36 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.