Pengembangan E-Modul Mata Pelajaran Sistem Kendali Elektronik Kelas XI Teknik Elektronika Industri berbantuan Web MIT App Inventor

Azmil Umur(1), Thamrin Thamrin(2),
(1)   Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/voteteknika.v12i4.131062

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Modul berbantuan Web MIT App Inventor yang digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Sistem Kendali Elektronik di SMK Negeri 5 Padang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Perancangan e-modul dimulai dengan melakukan beberapa analisis, setelah itu dilakukan perancangan desain awal e-modul untuk dilihat tingkat kevalidannya. Validasi dilakukan oleh 2 orang validator ahli materi dan 2 orang validator ahli media. E-Modul yang dinyatakan layak akan diuji untuk mengetahui respon pengguna melalui uji praktikalitas. Hasil dari penelitian pengembangan e-modul telah divalidasi oleh validator ahli materi dan validator ahli media. Hasil penilaian dari validator ahli materi sebesar 80.3 % dengan kategori sangat valid. Hasil penilaian dari validator ahli media sebesar 88.6 % dengan kriteria sangat valid. Hasil uji respon pengguna e-modul melalui uji praktikalitas kepada 20 orang siswa/i kelas XI TEI memperoleh hasil sebesar 86 % dengan kategori sangat praktis.

Kata kunci : E-Modul, MIT App Inventor, Sistem Kendali Elektronik, 4D


This research aims to develop an E-Module assisted by Web MIT App Inventor which is used as a learning media in the Electronic Control System subject at SMK Negeri 5 Padang. The method used in this research is the 4D model (Define, Design, Develop, Disseminate). The design of the e-module begins with conducting several analyzes, after which the initial design of the e-module is carried out to see the level of validity. Validation was carried out by 2 material expert validators and 2 media expert validators. E-Modules that are declared feasible will be tested to determine user response through a practicality test. The results of the e-module development research have been validated by material expert validators and media expert validators. The assessment results from material expert validators amounted to 80.3% with a very valid category. The assessment results from media expert validators amounted to 88.6% with very valid criteria. The results of the e-module user response test through the practicality test to 20 students in class XI TEI obtained a result of 86% with a very practical category.

Keywords: E-Modul, MIT App Inventor, Electronic Control System, 4D


References


E. Nurillahwaty, “PERAN TEKNOLOGI DALAM DUNIA PENDIDIKAN,” Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, vol. 1, pp. 81–85, 2022.

A. H. Hujair and M. S. I. Sanaky, PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI HANDPHONE TERHADAP MORAL SISWA MI MUHAMMADIYAH GONDANG MUNGKID MAGELANG. Master’s thesis, Universitas Islam Indonesia, 2018.

T. P. Muslimin, A. Anugrah, and B. Fatimah, “Kompetensi dan Kesiapan Guru Sekolah Dasar Terhadap Tantangan Pendidikan di Era Society 5.0,” Cokroaminoto Journal of Primary Education, vol. 7, no. 1, pp. 55–72, 2024, doi: doi.org/10.30605/cjpe.712024.3589.

I. K. Y. , & S. I. Mayudana, “ANALISIS KEBIJAKAN PENYEDERHANAAN RPP (SURAT EDARAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAN NOMOR 14 TAHUN 2019,” Indonesian Journal of Educational Development, pp. 61–68, 2020, doi: doi.org/10.5281/zenodo.3760682.

S. Susilawati, P. Pramusinta, and E. Saptaningrum, “Penguasaan Konsep Siswa Melalui Sumber Belajar e-Modul Gerak Lurus dengan Software Flipbook Maker,” UPEJ Unnes Physics Education Journal, vol. 9, no. 1, 2020, http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej

S. , Saprudin, A. H. Haerullah, and F. Hamid, “ANALISIS PENGGUNAAN E-MODUL DALAM PEMBELAJARAN FISIKA: STUDI LITERATUR,” Jurnal Lominous, vol. 2, no. 2, pp. 38–42, 2021, https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/luminous

Y. Meinastria, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN APLIKASI WEB MIT APP INVENTOR PADA MATA PELAJARAN KERJA BENGKEL DAN GAMBAR TEKNIK KELAS X TEI SMKN 1 SUMATERA BARAT TUGAS AKHIR,” Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang, 2021.

J. Boang Manalu, P. Sitohang, N. Heriwati, and H. Turnip, “Pengembangan perangkat pembelajaran kurikulum merdeka belajar,” Prosiding Pendidikan Dasar, vol. 1, no. 1, pp. 80–86, 2022, doi: 10.34007/ppd.v1i1.174.

S. Ledia, B. Mauli, and R. Bustam, “Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan,” Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, vol. 6, no. 1, pp. 790–816, 2024, doi: 10.47476/reslaj.v6i1.2708.

S. Edriati et al., “Penggunaan Mit App Inventor untuk Merancang Aplikasi Pembelajaran Berbasis Android,” Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, vol. 12, no. 4, pp. 652–657, 2021, http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas

S. Anori et al., “Pengembangan Media Video pada Pembelajaran Berbasis Microlearning Mata Kuliah Rangkaian Listrik,” Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika), vol. 12, no. 3, pp. 357–361, 2024, http://ejournal.unp.ac.id/index.php/voteknika/

H. Sholikhatul Awwaliyah, R. Rahayu, and A. Muhlisin, “PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS FLIPBOOK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP TEMA CAHAYA,” Indonesian Journal of Natural Science Education, vol. 4, no. 2.

M. Eko, Y. Saputra, and H. Effendi, “Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Google Site pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik untuk Kelas XI Titl di SMKN 2 Payakumbuh”, http://doi: 10.38035/rrj.v3i4.

Y. , Putri, T. , Thamrin, N. , Jalinus, and R. Refdinal, “Pembuatan Media Pembelajaran Simulasi Visual Mata Pelajaran Dasar Listrik Elektronika Kelas X,” Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), vol. 11, no. 1, pp. 13–18, 2023, http://doi.org/10.24036/voteteknika.v10i4.120396.

A. , Ellysia and D. Irfan, “Pengembangan e-modul dengan flip pdf professional pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika,” Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika), vol. 9, no. 3, pp. 91–96, 2021, http://ejournal.unp.ac.id/index.php/voteknika/

I. , S. S. Junita, “Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Web pada Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika,” Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, vol. 2, no. 1, pp. 122–125, 2020.


Article Metrics

 Abstract Views : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.