Pengaruh Aplikasi Every Circuit pada Pelajaran DLE Terhadap Hasil Belajar Kelas X SMKN 1 Driyorejo

Arrori Ashar Hidayad(1), Yulia Fransisca(2),
(1) Universitas Negeri Surabaya  Indonesia
(2) Universitas Negeri Surabaya  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/voteteknika.v12i3.128188

Abstract


Pendidikan merupakan aspek penting dalam kehidupan. Setiap orang berhak untuk berkembang dalam dunia pendidikan. Pendidikan yang berkualitas dapat diwujudkan salah satu caranya melalui penerapan model pembelajaran yang tepat. Proses pembelajaran dengan model Project Based Learning memerlukan penggunaan aplikasi elektronik seperti Every Circuit untuk menunjang keterampilan siswa di bidang teknologi dan persaingan global yang semakin meningkat. Pada penelitian ini diperoleh hasil belajar ranah kognitif berupa hasil posttest rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 86,38 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang hanya sebesar 75,97. Hasil belajar ranah psikomotorik pada kelas eksperimen memperoleh rata-rata sebesar 84,58, lebih tinggi dibandingkan pada kelas kontrol yang hanya memperoleh rata-rata 65,83. Sedangkan hasil belajar ranah afektif pada kelas eksperimen memperoleh rata-rata 87,4 dan kelas kontrol 80,86. Berdasarkan Uji N-Gain Score pada kelas eksperimen diperoleh nilai sebesar 0,7459 yang berarti g > 0,7 sehingga dapat dikategorikan pembelajaran menggunakan penerapan aplikasi every rangkaian pada kategori tinggi. Hasil analisis angket respon siswa yang diberikan pada kelas eksperimen yang berjumlah 36 siswa pada saat pembelajaran selesai memperoleh rata-rata respon sebesar 90,1% yang menunjukkan bahwa respon tersebut sangat tertarik untuk melaksanakan pembelajaran.

Kata kunci : Every Circuit, Project Based Learning, Peserta Didik

 

Education is an important aspect of life. Everyone has the right to develop in the world of education. Quality education can be realized one way through the application of appropriate learning models. The learning process using the Project Based Learning model requires the use of electronic applications such as Every Circuit to support students' skills in the field of technology and increasing global competition. In this study, the cognitive domain learning results were obtained in the form of posttest results, the average experimental class learning result was 86.38, higher than the control class which was only 75.97. Learning outcomes in the psychomotor domain in the experimental class got an average of 84.58, higher than in the control class which only got 65.83. Meanwhile, the learning outcomes in the affective domain in the experimental class got an average of 87.4 and the control class 80.86. . Based on the N-Gain Score Test in the experimental class, a value of 0.7459 was obtained, which means g > 0.7 so that it can be categorized as learning using the application of the every circuit application in the high category. The results of the analysis of the student response questionnaire that was given to the experimental class with a total of 36 students when the learning was completed received an average response of 90.1%, which shows that the response was very interested in carrying out the learning.

Keywords: Every Circuit, Project Based Learning, Student.


References


Amirullah, “implementasi pendidikan karakter di masa pandemi covid-19 melalui kuliah kemuhammadiyahan berbasis pemberdayaan keluarga dhuafa,” muaddib: studi kependidikan dan keislaman. , vol. 11, no. 01, 2021.

S. Julaeha and M. Erihardiana, “Model pembelajaran dan implementasi pendidikan ham dalam perspektif pendidikan islam dan pendidikan nasional,” Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, vol. v, no. 1, pp. 133–144, 2022, doi: 10.47476/reslaj.v4i1.449.

Winda Agustin, “Inovasi kurikulum merdeka belajar profil pelajar pancasila di era society 5.0,” innovative: journal of social science research, vol. 3, no. 3, pp. 1090–1102, 2023.

N. I. Sari, S. Rahman, and S. Ahyan, “Peningkatan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran project-based learning melalui lesson study,” journal of didactic mathematics, vol. 4, no. 2, pp. 138–144, Aug. 2023, doi: 10.34007/jdm.v4i2.1853.

A. Ahmadi and Supriyanto, “Psikologi belajar,” 2014.

F. Mulyana and Ismanto, Dasar-dasar teknik elektronika semester 2 SMK/MAK kelas X. 2022. [Online]. Available: https://buku.kemdikbud.go.id

W. A. Putri and L. Slamet, “Pengembangan e-book interaktif mata pelajaran dasar listrik dan elektronika kelas x teknik audio video,” 2021.

B. Tarisahrifa, “Pengembangan modul pembelajaran berbantuan every circuit pada materi listrik dinamis di SMK-SMTI Banda Aceh,” 2022.

T. Pangaribowo, Y. Gunardi, M. H. I. Hajar, J. Andika, A. W. Dani, and F. Sirait, “Pelatihan perancangan rangkaian elektronika dengan menggunakan software proteus untuk siswa PKBM Wiyata Utama Jakarta Barat,” Jurnal Abdidas, vol. 3, no. 1, pp. 191–197, Feb. 2022, doi: 10.31004/abdidas.v3i1.557.

M. I. Sukarelawa, T. K. Indratno, and S. M. Ayu, N-Gain vs Stacking (analisis perubahan abilitas peserta didik dalam design one group pretest-posttest), 1st ed. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan, 2024.

K. S. Kartini, N. Tri, and A. Putra, “Respon siswa terhadap pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android,” jurnal pendidikan kimia indonesia, vol. 4, pp. 12–19, 2020, [Online]. Available: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPK/index

M. Yani Balaka and F. Abyan, Metodelogi penelitian kuantitatif. 2022. [Online]. Available: www.penerbitwidina.com

F. N. Amin, S. Garancang, and K. Abunawas, “Konsep umum populasi dan sampel dalam penelitian,” jurnal kajian islam kontemporer, vol. 14, no. 1, Jun. 2023.

I. Abraham and Y. Supriyati, “Desain kuasi eksperimen dalam pendidikan: literatur review,” Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), vol. 8, no. 3, pp. 2442–9511, Aug. 2022, doi: https://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME.

W. T. Wiriani, “Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran online,” Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, vol. 2, no. 1, pp. 57–63, 2021.

S. Nurhidayah and D. Aribowo, “Penerapan aplikasi simulasi electronic workbench dan proteus pada materi penerapan rangkaian elektronika bagi siswa kelas XI teknik elektronika industri,” 2020. [Online]. Available: https://journal.uny.ac.id/index.php/jee

Y. Wahyuliani, U. Supriadi, and S. Anwar, “Efektivitas penggunaan media pembelajaran flip book terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pai dan budi pekerti di SMA Negeri 4 Bandung,” 2016.

M. Birahi, S. N. Aulele, A. Z. Wattimena, N. Lewaherilla, and S. J. Latupeirissa, “Analisis pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning (ctl) terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan uji mann whitney dan wald wolfowits,” Jurnal Pendidikan Matematika dan Terapan, vol. 01, no. 01, pp. 59–68, Apr. 2022, [Online]. Available: https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/parameter


Article Metrics

 Abstract Views : 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.