Rancang Bangun Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Aplikasi Canva pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Elektronika

Sry Wahyuni(1), Ilmiyati Rahmy Jasril(2), Bayu Ramadhani Fajri(3), Winda Agustiarmi(4),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/voteteknika.v12i1.125796

Full Text:    Language : en

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran dasar-dasar elektronika  yang valid dan praktis untuk peserta didik kelas X Teknik Audio Video di SMK Negeri 5 Padang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Reseach and Development (Penelitian dan Pengembangan) dengan model pengembangan 4-D (Four D) terdiri atas 4 tahap utama yaitu: Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Pada penelitian pengembangan ini dibatasi sampai pada tahap 3 yaitu Develop (Pengembangan). Tahap pengembangan dilakukan penilaian berupa uji validitas dan kepraktisan dari media pembelajaran berbasis Canva. Validasi ahli media menghasilkan persentase rata-rata keseluruhan sebesar 91,5%, untuk kategori sangat valid sedangkan validasi ahli materi menghasilkan persentase rata-rata keseluruhan sebesar 91,76%, untuk kategori sangat valid. Pada uji praktikalitas juga memanfaatkan angket dengan responden yang terdiri dari 15 peserta didik mendapatkan rata-rata penilaian 95,40% yang dikategorikan “Sangat Praktis. Berdasarkan hasil  diatas dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif menggunakan aplikasi Canva ini layak digunakan sebagai media pembelajaran interaktif karena sudah teruji kevalidan dan kepraktisannya. 

Kata kunci : Media pembelajaran interaktif , Canva, dan Dasar-Dasar Elektronika

 

The aim of this research is to produce interactive learning media on the basics of electronics subject that is valid and practical for class X Audio Video Engineering students at SMK Negeri 5 Padang. The method used in this research is the Research and Development method with a 4-D (Four D) development model consisting of 4 main stages, namely: Define, Design, Develop and Disseminate. This development research is limited to stage 3, namely Develop. In the development stage, an assessment was carried out in the form of testing the validity and practicality of the Canva-based learning media. Media expert validation produced an overall average percentage of 91.5%, for the very valid category, while material expert validation produced an overall average percentage of 91.76%, for the very valid category. The practicality test also utilized a questionnaire with respondents consisting of 15 students getting an average rating of 95.40% which was categorized as "Very Practical. Based on the results above, it can be concluded that interactive learning media using the Canva application is suitable for use as interactive learning media because its validity and practicality have been tested.

Keywords: Interactive learning media, Canva, and Basics of Electronics


References


Aziizu, B. Y. A. (2015). Tujuan Besar Pendidikan Adalah Tindakan. Prosiding Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 147–300.

Muhson, A. (2010). Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Jurnal pendidikan akuntansi indonesia, 8(2).

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jurnal misykat, 3(1), 171-187.

Yanto, D. T. P. (2019). Praktikalitas media pembelajaran interaktif pada proses pembelajaran rangkaian listrik. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 19(1), 75–82.

Ahyanuardi, A., Hambali, H., & Krismadinata, K. (2018). Pengaruh kompetensi pedagogik dan profesional guru sekolah menengah kejuruan pasca sertfikasi terhadap komitmen guru melaksanakan proses pembelajaran. Invotek: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(1), 67-74.

Tarigan, D., & Siagian, S. (2015). Pengembangan media pembelajaran interaktif pada pembelajaran ekonomi. Jurnal teknologi informasi & komunikasi dalam pendidikan, 2(2).

Razi, P. (2012). Multimedia Interaktif Desain dan Evaluasi. Padang: UNP. Hal, 1.

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(2), 79-85.

Siti Nurhalisa, S. (2022). Pengembangan Media Interaktif Berbantuan Canva Pada Pembelajaran IPA Dengan Pendekatan Saintifik. Ability: Journal of Education and Social Analysis, 37–45.

Fameska, E., Efriyanti, L., & Refnita, E. (2023). Perancangan Media Pembelajaran Menggunakan Canva Pada Mata Pelajaran Tik Kelas X Di Sman 1 Iv Koto. Komputa: Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika, 12(1), 65–72.

Ende, A. M. N., Jasril, I. R., & Jaya, P. (2022). Perancangan dan Pembuatan E-Modul Interaktif Berbasis Canva Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. JTEV (Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional), 8(2), 193-199.

Kristanti, D., & Julia, S. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika model 4D untuk kelas inklusi sebagai upaya meningkatkan minat belajar peserta didik. Jurnal Maju, 4(1), 38–50.

Wiyogo, W., Suryanto, A. E., Peserta didikndi, G., Supriyadi, S., & Golderiawan, V. (2022). Kualitas Lulusan Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Palangka Raya Dalam Dunia Usaha/Industri. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 13(1), 28-37.


Article Metrics

 Abstract Views : 236 times
 PDF Downloaded : 75 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.