Rancang Bangun Media Pebelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Elektronika

Annisa Rahmadhani(1), Delsina Faiza(2),
(1)   Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/voteteknika.v12i1.125763

Full Text:    Language : id

Abstract


Dalam proses belajar hanya didukung oleh media cetak, alat peraga, papan tulis, selain itu cara mengajar yang dominan ceramah dan mencatat sehingga peserta didik dalam belajar terkesan pasif dan kurang menarik bagi peserta didik untuk itu perlu dibuatkan untuk media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Elektronika yang dapat digunakan oleh guru dalam menyampaikan materi pembelajaran menggunakan aplikasi Canva dengam model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development,Implementation dan Evaluation). Penilaian yang diberikan 2 orang validator media diperoleh rata-rata sekitar 92,3% kemudian dikategorikan “Sangat Valid”. Dari rerata penilaian yang diberikan 2 orang validator materi yaitu 67,5 persentasenya 96,4% dan dikategorikan “Sangat Layak”. Hasil uji coba kepada 15 orang siswa dengan rata-rata persentase yang dicapai dari penilaian siswa terhadap keseluruhan aspek adalah 90,1% dan dikategorikan “Sangat Praktis. Kesimpulannya media interaktif  “Sangat Valid” dipergunakan untuk mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Elektronika (DDE) Kelas X semester ganjil.

Kata kunci : Canva, Interaktif, ADDIE, DDE

 

The learning process is only supported by print media, teaching aids, whiteboards, apart from that the dominant way of teaching is lectures and taking notes so that students in learning seem passive and less interesting for students, so it is necessary to create interactive learning media in Basic subjects. Basic Electronics Engineering that can be used by teachers in delivering learning material using the Canva application with the ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation) development model. The assessment given by 2 media validators obtained an average of around 92.3% and was then categorized as "Very Valid". From the average assessment given by 2 material validators, namely 67.5, the percentage is 96.4% and is categorized as "Very Eligible". The results of the trial on 15 students with the average percentage achieved from student assessments of all aspects was 90.1% and was categorized as "Very Practical. In conclusion, "Very Valid" interactive media is used for the Basics of Electronics Engineering (DDE) class X odd semester.

Keywords: Canva, Interactive, ADDIE, DDE


References


Badri, N., & Riasti, Berliana Kusuma. (2012). Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Pada SMK Negeri Tiga Jepara dengan Materi Power Point. 2007. Journal Speed: Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 4(1), 73-78.

Garris Pelangi. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia. J. Sasindo Unpam, Vol 8, No 2, Desember 2020 Pemanfaat, vol 8, no. 2, pp, 79-96.

Hakim, Bayu Rahman, & Haryudo, Subuh Isnur. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Animasi Flash Pada Standar Kompetensi Memasang Instalasi Penerangan Listrik Bangunan Sederhana Di Smk Walisongo 2 Gempol. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 03(01), 15-21.

Suryani, Nunuk, Achmad Setiawan, Aditin Putria. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mustiqon. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Belajar. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384–2394.

Molina, G., & Thamrin, T. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Komponen Elektronika Berbasis Augmented Reality. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika), 9(4), 20-26.


Article Metrics

 Abstract Views : 58 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.