Analysis of User Satisfaction Level in MyUnnes Financial System Using the EUCS Method

Roberthus Setyanto(1), Siti Ridloah(2), Abdul Basit Asman(3),
(1) Universitas Negeri Semarang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Semarang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Semarang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/voteteknika.v12i3.125754

Abstract


Di era perkembangan yang semakin canggih dan berkembang pesat, tanpa kita sadari teknologi sangat berperan penting dalam rutinitas kegiatan sehari-hari. Salah satu perkembangannya yaitu sistem informasi keuangan. MyUnnes-Keuangan merupakan sebuah portal bagi mahasiswa Unnes untuk mengetahui data-data keuangan akademik dan kemahasiswaan tanpa membuka aplikasi lainnya. Untuk menjaga kualitas sebuah sistem informasi diperlukan evaluasi dari faktor kepuasan pengguna. Salah satu metode yang digunakan untuk menganalisis kepuasan pengguna terhadap sistem informasi adalah End User Computing Satisfaction (EUCS). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna Sistem Informasi MyUnnes-Keuangan menggunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS) di Universitas Negeri Semarang. Berdasarkan analisis dengan metode EUCS, maka diperoleh hasil variabel content dan variabel accuracy memiliki persentase masing-masing 73% dan 72% yang termasuk kedalam kategori baik. Variabel ease of Use memiliki persentase sebesar 93% yang termasuk kedalam kategori sangat baik. Variabel timeliness dan variabel satisfaction memiliki persentase masing-masing 69% dan 73% yang termasuk kedalam kategori baik, Saran untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat dilakukan pengembangan aplikasi MyUnnes-Keuangan dengan dilakukannya analisis kebutuhan berdasarkan penelitian sebelumnya

Kata kunci : Sistem Informasi Keuangan, Kepuasaan, End User Computing Satisfaction.

 

In an era of increasingly advanced and rapid development, technology plays a crucial role in our daily routines, often without us realizing it. One of the developments is financial information systems. MyUnnes-Financial is a portal for Unnes students to access academic and student financial data without the need for other applications. To maintain the quality of an information system, user satisfaction evaluation is necessary. One of the methods used to analyze user satisfaction with information systems is End User Computing Satisfaction (EUCS). The aim of this research is to assess the level of user satisfaction with the MyUnnes-Financial Information System using the End User Computing Satisfaction (EUCS) method at the State University of Semarang. This type of research is descriptive research that uses a qualitative approach. Based on the EUCS analysis, the results show that the content and accuracy variables have a percentage of 73% and 72%, respectively, which fall into the "good" category. The ease of use variable has a percentage of 93%, which is considered "excellent." The timeliness and satisfaction variables each have a percentage of 69% and 73%, placing them in the "good" category. For future research, it is suggested that application development for MyUnnes-Financial be conducted, considering the needs based on previous research.

Keywords: Financial Information System, Satisfaction, End User Computing Satisfaction.


References


Kadir, A, Pemograman Database MySQL Untuk Pemula, Yogyakarta: Mediakom, 2013.

Sidharta, L, Pengantar Sistem Informasi Bisnis, Jakarta: P.T. ELEX Media Komputindo, 1995.

Jogiyanto H.M, Analisis & Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur, Yogyakarta: Andi Offset, 2005.

Mulyanto, A, Sistem Informasi konsep dan aplikasi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.

Palit, R. V., Rindengan, Y. D., & Lumenta, A. S. (2015). Rancangan Sistem Informasi Keuangan Gereja Berbasis Web Di Jemaat GMIM Bukit Moria Malalayang. Jurnal Teknik Elektro dan Komputer, 4(7), 1-7.

Pikkarainen, K., Pikkarainen, T., Karjaluoto, H., & Pahnila, S. (2006). The measurement of end‐user computing satisfaction of online banking services: empirical evidence from Finland. International Journal of bank marketing, 24(3), 158-172.

Ikhsan, K., & Zulkarnain, A. K. (2011). Analisis Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Di RS. PKU Muhammadiyah Yogyakarta Periode Maret-Mei 2009. Majalah Farmaseutik, 7(2), 56-63.

Irfan, A. (2015). Evaluasi Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akademik Universitas Batanghari (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada).

Dalimunthe, N., & Ismiati, C. (2016). Analisis tingkat kepuasan pengguna online public access catalog (opac) dengan metode eucs (studi kasus: Perpustakaan uin suska riau). Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, 2(1), 71-75.

Suaryana, I. G. N. A., Damayanthi, E., & Merkusiwati, L. (2016). Kualitas dan kepuasan pengguna terhadap sistem informasi akademik berbasis web. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis, 11(2), 84-90.

Damayanti, A. S., Mursityo, Y. T., & Herlambang, A. D. (2018). Evaluasi Kepuasan Pengguna Aplikasi Tapp Market Menggunakan Metode EUCS (End User Computing Satisfaction). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 2(11), 4833-4839.

Sorongan, E., Hilmansyah, H., & Hadiyanto, H. (2019). Pengaruh Variabel Kualitas Sistem Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Model EUCS. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi), 3(1), 23-28.

Supranto, J, Statistik teori dan aplikasi edisi ketujuh, Jakarta: Erlangga, 2009.

Seddon, P. B. (1997). A respecification and extension of the DeLone and McLean model of IS success. Information systems research, 8(3), 240-253.

Doll, W. J., & Torkzadeh, G. (1988). The measurement of end-user computing satisfaction. MIS quarterly, 259-274.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2018.

Dahliana, L., Zulhendra, Z., & Hadi, A. (2018). Kontribusi end-user computing satisfaction terhadap kepuasan pengguna website portal akademik pada sistem smart campus universitas negeri padang. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 2(2).

Dhuha, R. M., & Irfan, D. (2022). Analisa Kepuasan Pengguna dalam Pemanfaatan Aplikasi E-Learning pada Masa Pandemi COVID-19 Menggunakan Metode End-User Computing Satisfaction (EUCS)(Studi Kasus: Jurusan Elektronika UNP). Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 2658-2665.

Hartawan, M. S. (2017). Evaluasi Kepuasan User Interface Desain Aplikasi Android Menggunakan End User Computing Satisfaction (EUCS) Pada Aplikasi Android Sciencom. incomtech, 6(1).

Budiman, B., Rodiyansyah, S. F. and Abdurrahman, D. (2018) ‘Pengukuran Kepuasan Pengguna Dan Peningkatan Layanan Sistem Informasi Pelayanan Desa Dan Data Terpadu (Siladdu) Kabupaten Majalengka’, J-Ensitec, 5(01), pp. 272–281.


Article Metrics

 Abstract Views : 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.