Penerapan Metode Drill And Practice Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan

Fauzan Aliwarman(1), Hanesman Hanesman(2), Efrizon Efrizon(3), Sartika Anori(4),
(1) Padang State University  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/voteteknika.v12i1.125715

Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini dimaksudkan untuk mengkaji sejauh mana penerapan metode Drill And Practice berdampak pada pencapaian hasil pembelajaran siswa. pada praktikum Perawatan dan Perbaikan Peralatan Audio Video (P3AV) di kelas 12 Teknik Audio Video SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Dalam penelitian ini, terdapat dua kelompok sampel yang terlibat, yaitu kelas 12 Teknik Audio Video (TAV) sebagai kelompok eksperimen, dan kelas 12 Teknik Elektronika Industri (TEI) sebagai kelompok kontrol. Sampel diambil secara acak sederhana dalam proses pengambilan sampel. Instrumen penelitian yang digunakan mencakup soal pretest dan posttest dalam bentuk objektif serta lembar penilaian praktik yang diberikan setelah proses pembelajaran berakhir. Data penelitian mengindikasikan bahwa kelompok eksperimen memiliki nilai rata-rata sebesar 83,55, melebihi kelompok kontrol yang memiliki rata-rata skor sebesar 75,55. Dari hasil ini Bisa menghasilkan kesimpulan bahwa penerapan metode Drill and Practice berdampak secara relevan pada peningkatan pencapaian belajar siswa sebesar 10,5%. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai Thitung (3,022) lebih besar dari Ttabel (1,708), sehingga hipotesis (H0) ditolak dan hipotesis (H1) diterima. Kesimpulannya, penggunaan metode Drill and Practice memiliki dampak yang signifikan pada pencapaian siswa saat melakukan praktikum Perawatan dan Perbaikan Peralatan Audio Video (P3AV) di kelas 12 Teknik Audio Video di SMK Negeri 1 Sumatera Barat.

Kata kunci : Metode Pembelajaran, Metode Drill and Practice, Hasil Belajar, Eksperimen, kontrol.

 

This research aims to examine the extent to which the application of the Drill And Practice method influences student learning outcomes in the Audio Video Equipment Maintenance and Repair (P3AV) practicum in class 12 of Audio Video Engineering at SMK Negeri 1 West Sumatra. This research applies a quantitative approach with experimental methods. In this research, there were two sample groups involved, namely class 12 Audio Video Engineering (TAV) as the experimental group, and class 12 Industrial Electronics Engineering (TEI) as the control group. Samples were taken at simple random in the sampling process. The research instruments used include pretest and posttest questions in objective form as well as practical assessment sheets given after the learning process ends. Research data indicates that the experimental group had an average score of 83.55, exceeding the control group which had an average score of 75.55. From these results, it can be concluded that the application of the Drill and Practice method has a significant impact on increasing student learning achievement by 10.5%. The results of the hypothesis test show that the value of Tcount (3.022) is greater than Ttable (1.708), so the hypothesis (H0) is rejected and the hypothesis (H1) is accepted. In conclusion, the use of the Drill and Practice method has a significant impact on student achievement when carrying out the Practical Maintenance and Repair of Audio Video Equipment in class 12 Audio Video Engineering at SMK Negeri 1 West Sumatra.

Keywords: Learning Method, Drill and Practice Method, Learning Results, Experiment, control.


References


Ali, Mohammad. 2009. Pendidikan Untuk Pembangunan Nasional. Jakarta: Grasindo (hlm. 310).

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Yuliawan, D., & Sugiyanto, F. X. (2014). Pengaruh metode latihan pukulan dan kelincahan terhadap keterampilan bermain bulutangkis atlet tingkat pemula. Jurnal Keolahragaan, 2(2), 145-154.

Rahmadiani, D., Sukmawati, R. A., & Fajriah, N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Pada Materi Bahasa Inggris Kelas Xi Paket C Dengan Metode Drill And Practice. Computer Science and Education Journal, 2(2).

Devyanti, K. K. (2021). Pembelajaran Tari Remo Bolet Melalui Metode Drill And Practice Pada Ekstrakurikuler Tari Di SMPN 43 Surabaya. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 12(1), 61–75.

Hadi, A. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Strategi Interaktif dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Drill pada Siswa Kelas XI MIPA 6 SMA Negeri 16 Makassar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika,2(2),53–61.

Hidayati, N. A. (2020). Penerapan Metode Mind Map Berbasis Drill Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Mahasiswa Di Prodi PBSI IKIP PGRI Bojonegoro. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 462– 468.

Fitriyah, A., & Khaerunisa, I. (2018). Pengaruh Penggunaan Metode Drill Berbantuan Permainan Engklek Termodifikasi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(2), 267. https://doi.org/10.31331/medives.v2i2.653

Prajitno, S. B. (2013). Metodologi penelitian kuantitatif. Jurnal. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati.(tersedia di http://komunikasi. uinsgd. ac. id).

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta

Setiawan, H. R. (2021, June). Manajemen kegiatan evaluasi pembelajaran. In Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial dan Humaniora (Vol. 1, No. 1, pp. 507-511).

Sudjana.2009. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya.

Sudjana, N. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif,dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Article Metrics

 Abstract Views : 117 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.