Pengembangan Media Pembelajaran Kerja Alat Sensor Berbasis Augmented Reality Kelas XI Teknik Elektronika
(1)   Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/voteteknika.v12i1.125660
Full Text: Language : id
Abstract
Pada era Revolusi industri 4.0, perkembangan teknologi telah mengalami kemajuan signifikan diberbagai bidang, termasuk bidang pendidikan. Pemanfaatan teknologi dalam bidang pendidikan terutama melalui penggunaan media pembelajaran yang efektif dan interaktif. Efektivitas media pembelajaran menjadi faktor kunci dalam menentukan sejauh mana informasi pembelajaran dapat disampaikan kepada siswa secara baik. Media pembelajaran interaktif dapat mendorong siswa untuk belajar secara mandiri. Metode yang digunakan dalam pengembangan media interaktif ini adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Pengembangan multimedia terdiri dari 6 tahapan yaitu concept (pengonsepan), design (perancangan), material collecting (pengumpulan bahan), assembly (pembuatan), testing (pengujian) dan distribution (pendistribusian). Pengembangan media pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) yang interaktif sebagai alat bantu pembelajaran siswa dalam memahami dan mengenali cara kerja alat sensor. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat membantu guru dalam proses pembelajaran pada materi alat kerja sensor dan membantu siswa untuk lebih meningkatkan minat belajar siswa. Di samping itu aplikasi ini juga diharapkan bisa menjadi alat bantu untuk SMK yang kekurangan alat peraga untuk materi alat kerja sensor. Tersedianya media pembelajaran kerja alat sensor dengan menggunakan teknologi Augmented Reality yaitu aplikasi yang menggabungkan antara materi dan 3D modelling di dalamnya menggunakan software Unity
Kata kunci : Augmented Reality, Alat sensor, MDLC.
In the era of the industrial revolution 4.0, technological developments have experienced significant progress in various fields, including the field of education. The use of technology in the field of education, especially through the use of effective and interactive learning media. The effectiveness of instructional media is a key factor in determining the extent to which learning information can be properly conveyed to students. Interactive learning media can encourage students to learn independently. The method used in the development of this interactive media is the Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Multimedia development consists of 6 stages, namely concept, design, material collecting, assembly, testing and distribution. Development of interactive Augmented Reality (AR)-based learning media as a learning tool for students in understanding and recognizing how sensor tools work. With this application, it is hoped that it can help teachers in the learning process on sensor work tool material and help students to further increase student learning interest. Besides that, this application is also expected to be a tool for SMKs that lack teaching aids for sensor work tools. Availability of work learning media for sensor tools using Augmented Reality technology, namely an application that combines material and 3D modeling in it using Unity software.
Keywords: Augmented Reality, sensor tools, MDLC.
References
Aditya Fajar Ramadhan, Ade Dwi Putra, and Ade Surahman, “Aplikasi Pengenalan Perangkat Keras Komputer BerbasisAndroid Menggunakan Augmented Reality (Ar),” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 2, pp. 1–8, 2021, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI
M. S. Aziz, N., Pribadi, G., & Nurcahya, “Analisa dan Perancangan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Dasar Berbasis Android,” J. IKRAITH-INFORMATIKA, vol. 1, no. 3, pp. 107–115, 2020.
A. Flash, C. S. Di, and S. M. K. Negeri, “Pengembangan media pembelajaran interaktif teknik layanan jaringan menggunakan software multimedia adobe flash cs6 di smk negeri 6 padang,” vol. 3, pp. 89–96, 2022.
I. A. Rohim and P. Jaya, “PERANCANGAN DAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY PADA PENGAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA Iim Abdul Rohim 1*, Putra Jaya 2,” vol. 7, no. 3, 2019.
M. R. Tanjung and D. Irfan, “Rancang Bangun Aplikasi Android Pengenalan dan Perakitan Perangkat Personal Komputer Berbasis Augmented Reality,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 6, no. 1, pp. 2724–2735, 2022, [Online]. Available: https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2980/2796
I. Ahmad, S. Samsugi, and Y. Irawan, “Penerapan Augmented Reality Pada Anatomi Tubuh Manusia Untuk Mendukung Pembelajaran Titik Titik Bekam Pengobatan Alternatif,” J. Teknoinfo, vol. 16, no. 1, p. 46, 2022, doi: 10.33365/jti.v16i1.1521.
A. F. Wibowo and Hartatik, “PERANCANGAN APLIKASI ANDROID PENGUCAPAN HURUFHIJAIYAH SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FAST QURANMENGGUNAKAN FLUTTER,” Sep. 2020.
L. Ramadhani and V. I. Delianti, “MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY,” vol. 2, no. 1, pp. 102–109, 2022.
E. Noviani and B. R. Fajri, “Rancang Bangun Media Interaktif Augmented Reality Pengenalan Gerak Dasar Pencak Silat,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 6, no. 2, pp. 12553–12561, 2022, [Online]. Available: https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3756
A. dan F. Hadi, “Pengembangan Aplikasi E-Modul Interaktif untuk Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar P - ISSN : 2302-3295,” vol. 10, no. 4, 2022.
O. Prasetyo and W. G. Aedi, “Implementasi Teknologi Augmented Reality Untuk Bisnis Properti Rumah Menggunakan Metode Markerless Berbasis Android (Studi Kasus CV. Tomsland),” J. Inform. Multi, vol. 1, no. 4, pp. 275–284, 2023.
Article Metrics
Abstract Views : 228 timesPDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 60 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.