Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK Negeri 1 Guguk

Pinto Ananda Putra(1), Hanesman Hanesman(2), Ilmiyati Rahmy Jasril(3), Hendra Hidayat(4),
(1) Universitas negeri padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/voteteknika.v12i2.125490

Full Text:    Language : id

Abstract


Persaingan dunia pendidikan di era globalisasi saat ini semakin ketat dan terbuka. Masalah terbesar yang sering muncul ketika meningkatkan mutu pendidikan yaitu rendahnya kualitas proses belajar mengajar yang dilakukan oleh para guru saat ini. Salah satu upaya guru untuk meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan mengganti model pembelajaran yang monoton atau konvensional dengan model pembelajaran yang sesuai dan diminati oleh siswa. Salah satunya model pembelajaran project Based Learning yang menekankan pada partisipasi aktif siswa dalam proyek-proyek yang memerlukan pemecahan masalah, penelitian, dan penerapan konsep-konsep yang dipelajari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh peningkatan nilai hasil belajar siswa pada mata pelajaran Perbaikan Perawatan Peralatan Audio Video (P3AV) dengan menggunakan model Project Based Learning dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini bersifat kuantitatif dan melibatkan analisis data deskriptif, validitas, reliabilitas, serta pengujian hipotesis dengan menggunakan perangkat lunak Microsoft Excel. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil belajar mengalami peningkatan setelah diterapkan model project based learning, hal ini dapat dilihat dari hasil t Stat (5,652184951) > t Critical two-tail (2,085963447) yang berarti ada pengaruh model project based learning terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri 1 Guguk  Kelas XII pada mata pelajaran P3AV.

Kata kunci : Pendidikan, project Based Learning, hasil belajar, P3AV

 

The competition in the world of education in today's era of globalization is becoming more stringent and open. The biggest problem that often arises when improving the quality of education is the low quality of the teaching process that teachers use today. One of the teachers' efforts to improve the quality of education is to replace a monotonous or conventional learning model with a suitable learning model that is in demand by students. One of them is a project based learning model that emphasizes the active participation of students in projects that require problem-solving, research, and application of the concepts learned. The aim of this research is to determine the effect of increasing student learning outcomes in the Audio Video Equipment Maintenance Repair (P3AV) subject using a project based learning model compared to conventional learning models. This research is quantitative in nature and involves descriptive data analysis, validity, reliability, and hypothesis testing using Microsoft Excel software. The results of data analysis show that learning outcomes have increased after implementing the project based learning model, this can be seen from the results of t Stat (5.652184951) > t Critical two-tail (2.085963447) which means there is an influence of the project based learning model on the results students studying at SMK Negeri 1 Guguk Class XII in the P3AV subject.

Keywords: Education, project based learning, learning outcomes, P3AV.


References


Surya, Bambang. (2017). Pendidikan di Era Globalisasi: Strategi dan Tantangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Manajemen. Bandung : Alfabeta.

Adi Pratomo & Agus Irawan. (2015). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis web menggunakan metode Hannafin dan Peck. jurnal POSITIF.

Marzano, R. J. (2007). "The Art and Science of Teaching: A Comprehensive Framework for Effective Instruction." Publisher: ASCD.

Anggito, & Setiawan. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.

Thomas, J. (2020). Meningkatkan Pemahaman dan Retensi Informasi Siswa melalui Aktivitas. Jakarta: Penerbit Pendidikan Maju.

Thomas, J. W. (2000). "A Review of Research on Project-Based Learning." Publisher: Buck Institute for Education.

Jones, Michael. (2019). "Audio-Video Equipment Repair Techniques." Publisher: Tech Innovations.

Marzano, R. J., Pickering, D. J., & Pollock, J. E. (2001). "Classroom instruction that works: Research-based strategies for increasing student achievement." Publisher: Association for Supervision and Curriculum Development.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Widowati. 2015. “Pengaruh Implementasi Model Project-Based Learning Terhadap Minat Belajar Sejarah Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Gubug Tahun Ajaran 2014/2015”, Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Tri Ani, Catharina & Rifa’I RC, Achmad. (2012). Psikologi Pendidikan. Semarang: Unnes Press.

Tri, Prabowo, Candra. (2015). “Pengaruh Metode Pembelajaran Project based learning Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Las Lanjut Kelas XI Jurusan Teknik Pemesinan SMK Muhammadiyah Prambanan”. Skripsi. Yogyakarta.


Article Metrics

 Abstract Views : 78 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.