Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik pada Mata Pelajaran Penerapan Sistem Radio dan Televisi Kelas XI Di SMKN 1 Padang

Fuji Lestari(1), Hanesman Hanesman(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/voteteknika.v11i4.124977

Full Text:    Language : en

Abstract


Media Pembelajaran merupakan interaksi antara siswa dengan guru dan sumber belajar dalam lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan dukungan yang diberikan guru kepada siswa untuk mendapatkan wawasan dan informasi. Komik ialah kartun yang mengungkapkan karakter dan menyajikan cerita yang terstruktur secara konsisten dengan alur cerita yang jelas dan menghibur pembaca. Pengembangan komik dapat diintegrasikan dengan menggunakan teknologi digital, yang lebih baik dalam hal ini karena siswa dapat mengakses media digital komik lebih mudah daripada versi aslinya versi kertas. Oleh karena itu siswa masih kesulitan dengan materi televisi, dengan adanya komik digital dapat dijadikan salah satu variasi media edukasi. Penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan 4-D (Define, Design, Development, Desiminate). Dari penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui rata-rata validasi materi pembelajaran oleh ahli materi 95,3% dan rata-rata validasi ahli media 90,6% dan praktikalitas siswa 85,9%. Jadi dapat disimpulkan dengan rata-rata tersebut bahwa media pembelajaran berbasis komik “Sangat layak” sesuai dengan tabel kelayakan media dan kepraktisan media pembelajaran.

Kata kunci : Media Pembelajaran, Komik, 4-D.

 

Learning Media is the interaction between students and teachers and learning resources in the learning environment. Learning is the support provided by teachers to students to gain insight and information. Comics are cartoons that reveal characters and present consistently structured stories with a clear storyline that entertains readers. Comic development can be integrated using digital technology, which is better in this case because students can access digital comic media more easily than the original paper version. Therefore, students still have difficulty with television material, with digital comics they can be used as a variety of educational media. The research and development used in this research uses 4-D (Define, Design, Development, Desiminate). From the research that has been conducted, it can be seen that the average validation of learning materials by material experts is 95.3% and the average validation of media experts is 90.6% and student practicality is 85.9%. So it can be concluded from this average that comic-based learning media is "Very feasible" in accordance with the table of media feasibility and practicality of learning media.

Keywords: Comic, Learning Media, 4-D.


References


Telaumbanua, Aslina. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran dalam Bentuk Komik pada Materi Menelaah Struktur dan Kebahasaan. Fabel. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Anwar, M.K., Anistyasari, Y. (2019). Pengembangan Media Komando “Komik Sains Berbasis Android” Pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis Di SMK Negeri 1 Mojokerto. Jurnal IT-EDU. 3 (2): Halaman 9-18.

Sukmanasa. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Kota Bogor. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. Vol. 3 No. 2.

Daryanto. (2018). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Putra, A., & Milenia, I. F. (2021). Systematic Literature Review: Media Komik dalam Pembelajaran Matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 30.

Suciarti, Puji. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E- Komik Pada Mata Pelajaran Ipa Materi Ekosistem Di Mtsn 1 Kota Bengkulu. Skripsi Bengkulu.

Aini,N. Lili, SJ. (2022). Pengembangan Komik Berbasis Digital Pada Pembelajaran Ipa Kelas V Di Sdn 57 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, Volume 3.

Arifin J. (2018). SPSS 24 Untuk Penelitian dan Skripsi. Jakarta; PT Elex Media Komputindo.

H. Susanto and H. Akmal. (2019). Media Pembelajaran Sejarah Era Teknologi Informasi.

Riduwan. (2018). Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.


Article Metrics

 Abstract Views : 77 times
 PDF Downloaded : 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.