Pengembangan Media Pembelajaran Penerapan Sistem Radio dan Televisi Menggunakan I Spring

Luvi Luthfiyah Fishuuri(1), Thamrin Thamrin(2),
(1)   Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/voteteknika.v11i4.124728

Full Text:    Language : id

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan media pembelajaran mata pelajaran Penerapan Sistem Radio dan Televisi yang valid dan praktis. Pengembangan media ini menggunakan metode Research and Development (R&D) menggunakan model 4D (Defined, Design, Develop dan Disseminate). Validasi dilakukan oleh dua ahli materi dan media. Uji praktikalitas dilakukan pada 15 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis I Spring pada mata pelajaran Penerapan Sistem Radio dan Televisi sangat layak digunakan. Berdasarkan hasil validasi ahli materi I dan II didapatkan rata-rata persentase 84,7% sehingga dikategorikan sangat layak dan hasil validasi ahli media I dan II didapatkan rata-rata persentase 91,85% sehingga dikategorikan sangat layak. Uji praktikalitas didapatkan rata-rata persentase terhadap keseluruhan aspek adalah 87,6% dan dikategorikan sangat layak.

 Kata kunci: Media Pembelajaran, Teknik Audio Video, Sistem Radio & Televisi, I Spring

 

The purpose of this research is to produce valid and practical learning media for the subject of Application of Radio and Television Systems. The development of this media uses the Research and Development (R&D) method using the 4D model (Defined, Design, Develop and Disseminate). Validation was carried out by two material and media experts. The practicality test was carried out on 15 respondents. The results showed that the development of interactive learning media based on Spring I in the subject of Application of Radio and Television Systems was very feasible to use. Based on the results of the validation of material experts I and II, an average percentage of 84.7% was obtained so that it was categorized as very feasible and the results of validation by media experts I and II obtained an average percentage of 91.85%, so it was categorized as very feasible. The practicality test obtained an average percentage of all aspects of 87.6% and was categorized as very feasible.

 Keywords: Learning Media, Audio Video Engineering, Radio and Television Systems, I Spring

 

 

 

 


References


Ramadhani, T., Koryati, D., & . D. (2016). Analisis Model Dan Media Pembelajaran Yang Digunakan Oleh Guru Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma Se-Kecamatan Inderalaya. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 2(1), 34–45.

Kumalasani, M. P. (2018). Kepraktisan penggunaan multimedia interaktif pada pembelajaran tematik kelas IV SD. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1A), 1-11.

Nopriyanti, N., & Sudira, P. (2015). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif kompetensi dasar pemasangan sistem penerangan dan wiring kelistrikan di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(2), 222-235.

Lestari, A. I., Senjaya, A. J., & Ismunandar, D. (2019). Pengembangan media pembelajaran berbasis android menggunakan appy pie untuk melatih pemahaman konsep turunan fungsi aljabar. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1-9.

Ariansyah, F., Septiati, E., & Octaria, D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android pada Materi Peluang untuk Siswa SMA. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(2), 36–48.

Winarno, A., & Ramadhani, Z. (2022). Hasil Belajar Siswa SMK Menggunakan iSpring Suite 9 Berbasis Android. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 20(1), 96–109.

Siti Rhomadhoni, C. (2022). Kelayakan Media Pembelajaran iSpring Suite Berbasis Android Pada Kisah Nabi Ibrahim. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(1), 1–17.

Bibit, B., & Syarpin, S. (2022). I-Shibon (I-Spring Hydrocarbon): Inovasi Bahan Ajar Interaktif Untuk Siswa Kelas XI MIPA SMAN 1 Danau Seluluk. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 13(2), 263–271.

Mella, Bulan, I Gusti Agung Ayu Wulandari, and I Wayan Wiarta. (2022). Bahan Ajar Digital Interaktif Berbasis Problem Based Learning Materi Keragaman Budaya. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan 6(1): 127–36.

Maryana, Suaedi, & Nurdin. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Powerpoint Dan Ispring Quizmaker Pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 53–61.

Nyoman, I Gede et al. (2022). Pengembangan Jobsheet Berbasis Teaching Factory Dengan Model 4D Sebagai Media Pembelajaran Praktek Bubut Pendahuluan. 12(2): 346–52.

Ramadhani, Tazkia, Dewi Koryati, and . Deskoni. (2016). Analisis Model Dan Media Pembelajaran Yang Digunakan Oleh Guru Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma Se-Kecamatan Inderalaya. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi 2(1): 34–45.

Salsabella, Safarena, Tuti Iriani, and Rosmawita Saleh. (2023). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Mata Kuliah Konsep Arsitektur Menggunakan Model 4D. Jurnal Pendidikan dan Konseling 5(2): 541–50.

Siti Rhomadhoni, Cristina. (2022). Kelayakan Media Pembelajaran ISpring Suite Berbasis Android Pada Kisah Nabi Ibrahim. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 7(1): 1–17.

Winarno, Agung, and Zahra Ramadhani. 2022. “Hasil Belajar Siswa SMK Menggunakan ISpring Suite 9 Berbasis Android.” Edukasi:


Article Metrics

 Abstract Views : 125 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.