Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Augmented Reality Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Elektronika Di SMKN 5 Padang

Teza Agustina(1), Ika Parma Dewi(2), Hanesman Hanesman(3), Agariadne Dwinggo Samala(4),
(1)   Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/voteteknika.v11i3.124687

Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran pada mata pelajaran Dasar-Dasar Elektronika (DDE) berbasis teknologi Augmented Reality di SMKN 5 Padang dan untuk mengetahui tingkat validitas serta praktikalitas media pembelajaran yang sudah dibuat. Media pembelajaran ini dikembangkan menggunakan model penelitian Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE Model). Model ADDIE yang digunakan dibatasi sampai tahap implementasi (uji coba) pada peserta didik.  Media pembelajaran ini akan dilakukan uji validitas dan uji praktikalitas (uji      coba pengguna). Uji validitas dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Uji praktikalitas dilakukan oleh kelompok kecil yaitu sebanyak sepuluh peserta didik. Hasil uji validitas yang didapatkan adalah 0,967 dari validator ahli media  yang dikategorikan “Valid” dan 0,94 dari validator ahli materi yang dikategorikan “Valid”. Hasil uji praktikalitas dilakukan kepada peserta didik, didapatkan rata-rata penilaian 90% yang dikategorikan “Sangat Praktis”. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi Augmented Reality pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Elektronika dengan kategori valid dan praktis untuk digunakan.

Kata kunci : Media Pembelajaran,Dasar-Dasar Elektronika, Augmented Reality

 

This study aims to develop learning media in the Basics of Electronics (DDE) subject based on Augmented Reality technology at SMKN 5 Padang and to determine the level of validity and practicality of the learning media that has been made. This learning media was developed using the Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE Model), the ADDIE model used is limited to the implementation (trial) stage for students. This learning media will be tested for validity and practicality tests (user trials). The validity test was carried out by material experts and media experts. The practicality test was carried out by small groups of ten students. The results of the validity test obtained were 0.967 from the media expert validator who was categorized as "Valid" and 0.94 from the material expert validator who was categorized as "Valid". The practicality test results were carried out on students, obtaining an average rating of 90% which was categorized as "Very Practical". Based on the results of research and development of Augmented Reality technology-based learning media in the Basics of Electronics Subject with valid and practical categories to use.

Keywords: Learning Media, Basics of Electronics, Augmented Reality


References


Sobri, M., Nursaptini, N., & Novitasari, S. (2020). Mewujudkan Kemandirian Belajar Melalui Pembelajaran Berbasis Daring DiperGuruan Tinggi Pada Era Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Glasser, 4(1), 64–71.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Misykat, 3(1), 171–187.

Dewi, I. P., Sofya, R., & Huda, A. (2021). Membuat Media Pembelajaran Inovatif dengan Aplikasi Articulate Storyline 3. UNP PRESS.

Rohani, R. (2019). Media Pembelajaran. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan KeGuruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara: Sumatera Utara

Nilamsari, D. P., & Dewi, I. P. (2023). Rancang Bangun Media Assemblr Edu Berbasis Augmented Reality Mata Pelajaran Dasar-Dasar Teknik Elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika), 11(1), 96-102.

Dewi, I. P., Meinastria, Y. Y., Jalinus, N., & Abdullah, R. (2021). Development of Android-Based Learning Media on Workshop Working Lessons and Engineering Images. Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, 14(2), 158-164.

Susanto, E. S., Hamdani, F., Nuryansah, F., & Oper, N. (2022). Pengembangan Aplikasi Smart-Book Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Anak Berbasis Ar (Augmented Reality). Mnemonic: Jurnal Teknik Informatika, 5(1), 64–71.

Sugiyono. (2017). Bab Iii Metode Penelitian Menurut Sugiyono 2017. Statistical Field Theor.

Marta, R., Dewi, I. P., Rinaldi, D., Aprianto, A., & Costa, R. R. K. (2022). Pengembangan E-Modul Berbantuan Android Pada Materi Instalasi Sistem Operasi. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika), 10(3), 79-85.

Zarvianti, E., Pilendia, D., & Sandra, L. (2022). Validasi Media Pembelajaran Fisika Berbasis Canva Pada Materi Impuls Dan Momentum Di Kelas X Smkn 4 Kerinci. Jurnal Pendidik Indonesia (Jpin), 5(2), 519-527.


Article Metrics

 Abstract Views : 124 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 46 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.