Rancang Bangun Prototype Pick and Place Berbasis PLC Sebagai Media Pembelajaran

Abdul Razik(1), Almasri Almasri(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/voteteknika.v11i3.123022

Full Text:    Language : id

Abstract


Tujuan dari penyelesaian penelitian ini adalah menciptakan sebuah prototype Pick And Place yang menggunakan Programmable Logic Control (PLC) sebagai sarana belajar interaktif untuk mata pelajaran Pengendali Sistem Robotik. Metode yang digunakan dalam pembuatan alat ini melibatkan langkah-langkah seperti merancang blok diagram, menentukan spesifikasi komponen berdasarkan blok diagram, membuat diagram alir, dan menggabungkan perangkat keras. Prototype pick and place berbasis PLC ini terdiri dari beberapa komponen utama, seperti PLC, silinder pneumatik, solenoid, tower lamp, relay, ELCB, control box button, dan air service unit. Validitas alat ini diuji oleh empat ahli, dua di antaranya adalah pakar media serta dua lainnya adalah pakar materi. Data uji validasi menunjukkan tingkat validitas sebesar 94,37% dari pakar media dan 93,74% dalam tingkat validitas sangat tinggi. Selain itu, sepuluh peserta didik juga telah menguji praktikalitas alat ini, dan hasilnya menunjukkan praktikalitas alat tersebut terbukti sebesar 89,62% dalam tingkat sangat praktis.

Kata kunci : Prototype, Pick And Place, Programable Logic Control (PLC), Pengendali Sistem Robotik.

 

The purpose of completing this final project is to make a Pick And Place prototype that uses Programmable Logic Control (PLC) as an interactive learning tool for Robotic Systems Control subjects. The method used in making this tool includes steps such as designing block diagrams, determining component specifications based on block diagrams, making flow charts, and assembling hardware. This PLC-based pick and place prototype consists of several main components, such as PLC, pneumatic cylinder, solenoid, tower lamp, relay, ELCB, control box button, and air service unit. The validity of this tool was tested by four experts, two of whom were media experts and the other two were material experts. The validation test data shows a validity level of 94.37% from media experts and 93.74% in a very high level of validity. In addition, ten students also tested the practicality of this tool, and the results showed that the practicality of the tool proved to be 89.62% at a very practical level.

Keywords: Prototype, Pick And Place, Programable Logic Control (PLC), Robotic System Controler.


References


Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada.

Ernawati, Iis dan Totok Sukardiyono. 2017. Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Server. Jurnal UN, 2(2), 205-210.

Lightsead, Andrew. (2022). What is a Pick and Place Robot and How Does it Work?. Diakses pada 01 September 2022, dari https://www.pwrpack.com/what-is-a-pick-and-place-robot/.

Rahmat Musfikar. 2019. “Efektifitas Penggunaan E-Learning Berbasis Edmodo Terhadap Minat dan Hasil Belajar (Studi Kasus di SMK Negeri Al Mubarkeya)”. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi. Volume 3, Nomor 1, 1 Maret 2019, Hal 50-56.

Risfendra., Candra, Syamsuarnis, & Firman. 2019. Teaching Aid Development of Elecropneumatic Based Automation Course. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 299 (Ictvet 2018), 214–217.

Risfendra, Sukardi, & Herlin Setyawan. 2020. Uji Kelayakan Penerapan Trainer Programmable Logic Controller Berbasis Outseal PLC Shield Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 6(2), 48.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Article Metrics

 Abstract Views : 141 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 66 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.