Pembuatan Modul Ajar dan Trainer Teknik Pemrograman Mikroprosesor dan Mikrokontroler Berorientasi HOTS

Salbila Fatya(1), Thamrin Thamrin(2),
(1)   Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/voteteknika.v11i2.122537

Full Text:    Language : id

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan modul ajar dan trainer untuk mata pelajaran Teknik Pemrograman Mikroprosesor dan Mikrokontroler. Maksud dari penelitian ini untuk menilai kesesuaian modul ajar dan trainer berorientasi kemampuan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills / HOTS). Metode Four D (4D) dipilih pada pengembangan bahan ajar dan trainer, yang terdiri dari langkah Define, Design, Development, dan Dissemination. Tingkat validitas modul ajar dan trainer diverifikasi melalui penilaian dari para pakar pada aspek media dan materi, serta uji kepraktisan. Nilai keseluruhan uji validasi memperlihatkan bahwa media pembelajaran ini sangat valid, dari nilai uji validitas ahli materi dan ahli media dengan nilai hasil 96,5%. Sedangkan hasil uji praktikalitas memperlihatkan nilai media pembelajaran ini sangat praktis, dan nilai didapat sebesar 93,8%

Kata kunci: Media Pembelajaran, Teknik Pemrograman Mikroprosesor dan Mikrokontroler, Modul Ajar, Trainer Mikrokontroler, Higher Order Thinking Skill (HOTS).

 

The purpose of this research is to produce teaching modules and trainers for Microprocessor and Microcontroller Programming Techniques subjects. The purpose of this study is to assess the suitability of teaching modules and trainers oriented to higher order thinking skills (HOTS). The Four D (4D) method was chosen in the development of teaching materials and trainers, which consists of Define, Design, Development, and Dissemination steps. The validity level of teaching modules and trainers was verified through assessments from experts on media and material aspects, as well as practicality tests. The overall value of the validation test shows that this learning media is very valid, from the validity test value of material experts and media experts with a result value of 96.5%. While the practicality test results show the value of this learning media is very practical, and the value obtained is 93.8%.

Keywords: Learning Media, Microprocessor and Microcontroller Programming Techniques, Teaching Modules, Microcontroller Trainers, Higher Order Thinking Skill (HOTS).


References


Marjohan. 2013. Kepatuhan Siswa terhadap Disiplin dan Upaya Guru BK dalam Meningkatkanya melalui Layanan Informasi. Jurnal Ilmiah Konseling, Volume 2, No 1, Januari 2013 (220-224).

Ichsan, I. Z., Sigit, D.V., Ristanto, R. H., Luthfi, I. A., Muharomah, D. R., Efendi, M., Panjaitan, R. G. P., Marhento, G., Widiyawati, Y., & Susilo, S. (2020). LOTS dan HOTS tentang tanaman obat: Pembelajaran sains dan lingkungan saat new normal COVID-19. Edubiotik: Jurnal Pendidikan, Biologi Dan Terapan, 5(02), 91–102.

Lestari, A. (2016). Pengembangan Soal Tes Berbasis Hots Pada Model Pembelajaran Latihan Penelitian Di Sekolah Dasar. Tasikmalaya: Tidak diterbikan (SKRIPSI).

Hawa, A. M., & Putra, L. V. (2018). PISA untuk siswa Indonesia. Janacitta, 1(1).

Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Samala, A. D., Fajri, B. R., & Ranuharja, F. (2019). Desain Dan Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Menggunakan Moodle Mobile App. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 12(2), 13–19.

Fanani, M. Z. (2018). Strategi pengembangan soal hots pada kurikulum 2013. Edudeena: Journal of Islamic Religious Education, 2(1), 57-76.

Jenaro, D. F. P., Sulistyo, E., Santosa, A. B., & Widodo, A. (2021). Pengembangan Media Trainer Pintu Otomatis dengan Sensor Ultrasonik, RFID dan PIR Berbasis Arduino pada Mata Pelajaran Mikroprosessor dan Mikrokontroler Kelas X di SMKN 1 Driyorejo. J. Pendidik. Tek. Elektro, 10(3), 11-18.

Sugiyono. 2019. Metode penelitian dan Pengembangan Research and Development/RnD. Bandung: Alfabeta.

Sulianta, Feri. 2020. Menciptakan Produk Pendidikan Menggunakan Metode R&D Disertai Langkah Demi Langkah Pengembangan Model Pembelajaran Literasi Digital. Google Scholer: Ebook

Anshary, I., & Edidas, E. (2018). Pengembangan Trainer Mikrokontroler Sebagai Media Pembelajaran Dengan Metode Fault-Finding. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika), 6(2), 80-84.


Article Metrics

 Abstract Views : 307 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 121 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.