Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan AR Assemblr Edu Pada Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika

Rasta Oktaviona(1), Ilmiyati Rahmy Jasril(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/voteteknika.v11i2.122037

Full Text:    Language : en

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi web AR (Augmented Reality) Assemblr Edu yang valid dan praktis untuk siswa kelas XI Teknik Elektronika Industri di SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) Negeri 1 Kec. Guguk. Metode penelitian dan pengembangan media pembelajaran ini adalah model pengembangan 4-D (Four D) terdiri atas 4 tahap utama yaitu: Define  (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Pada penelitian pengembangan ini dibatasi sampai pada tahap 3 yaitu Develop (Pengembangan). Tahap pengembangan ini dibatasi pada tahap 3, yaitu Pengembangan pada bidang penggunaan penerapan rangkaian elektronika di SMK Negeri 1 Kec. Guguk. Berdasarkan penelitian ini, validasi ahli media menghasilkan persentase rata-rata keseluruhan sebesar 86% untuk kategori sangat praktis, sedangkan validasi ahli materi menghasilkan persentase rata-rata keseluruhan sebesar 90,5% untuk kategori unggul. Berdasarkan pendapat para ahli materi, ahli media, dan guru, media pembelajaran aplikasi web Ar Assembler Edu sangat tepat.

Kata Kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran, AR Assemblr Edu, Penerapan Rangkaian Elektronika

 

The purpose of this study is to develop valid and practical learning media based on AR (Augmented Reality ) Assemblr Edu web applications for Class XI of Industrial Electronics Engineering at SMK Negeri 1 Kec. Guguk. The research and development method for this learning media is the 4-D (Four D) development model consisting of 4 main stages, namely: Define, Design, Develop, and Disseminate. This development stage is limited to stage 3, namely development in the field of using the application of electronic circuits at SMK Negeri 1 Kec. guguk. According to this study, media expert validation yielded an overall average percentage of 86% for the extremely practical category, whereas material expert validation yielded an overall average percentage of 90.5% for the superior category. Based on the opinions of subject matter experts, media specialists, and teachers, the web application ar assemblr edu's learning media is highly appropriate.

Keywords: Development, Learning Media, Ar Assemblr Edu, Application of Electronic Circuits


References


Adelina Hasyim, Metode Penelitian Dan Pengembangan Di Sekolah, (Yogyakarta, Media Akademi, 2016), hal. 42.

Azhar Arsyad. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Grafindo Persada. 2016.

Daryanto,2016. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Daryanto. (2018). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Giri Prasetyo, Lantip Diat Prasojo. Pengembangan Adobe Flash Pada Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Scientific Approach Subtema Indahnya Peninggalan Sejarah. Jurnal Prima Edukasia. Vol 4 No 1. Januari 2016.

Jumanta Handayama. Metodelogi Pengajaran. jakarta: Bumi Aksara. 2016.

Krishna Huda Bagus P dkk. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Augmented Reality Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains. Vol 6 No 1. 2018.

Marisa, dkk.2014. Komputer Dan Media Pembelajaran. Tangerang Selatan: UT

Muhammad Amri Yahya. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbassis Android Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar Kelass X Program Studi Keahlian Elektronika Industri di SMK. Skripsi pada Program Studi Pendidikan Elektro Jurusan Pendidikan Elektro Fakultas Teknik Universitas Negri Yogyakarta. 2015.

Muntahanah dkk.(2017).Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Katalog Rumah Berbasis Android. Jurnal Pseudocode, IV (1), 81-89.

Putra, Azmi. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Aplikasi Autoplay Media Studio 8 Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP. Skripsi. Kurikulum dan Teknologi Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Padang.

RiveraAlvarado, L. A., Lopez Dominguez, E., Hernandez Velazquez, Y., Dominguez Isidro, S., & Excelente Toledo, C. B. (2018). Layered software architecture for the development of mobile learning objects with augmented reality. IEEE Access, 6, 57897–57909. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2018.287397

Sugianto,Akhmad 2021. Pengembangan media pembelajaran ipa tiga dimensi pada materi sistem peredaran darah menggunakan augmented reality assemblr edu di kelas viii madrasah tsanawiyah negeri (mtsn) batu. Malang.

Sugiyono. Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung: ALFABETA. 2017.


Article Metrics

 Abstract Views : 2029 times
 PDF Downloaded : 661 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.