Perancangan dan Pembuatan Sistem Kontrol Sliding Gate Otomatis Berbasis Internet Ofithings (IoT)
(1) University Of Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/voteteknika.v11i2.121613
Full Text: Language : id
Abstract
Tujuan perancangan dan pembuatan sistem kontrol Sliding Gate (Pagar Geser) otomatis berbasis Internet of Things (IoT) untuk menghasilkan alat sistem kontrol Sliding Gate (Pagar Geser) otomatis berbasis Internet of Things (IoT) menggunakan NodeMCU ESP32. Sistem yang dirancang untuk mengontrol membuka dan menutup Sliding Gate (Pagar Geser) secara otomatis serta dapat dimonitoring secara realtime melalui aplikasi smartphone Blynk. Metode yang digunakan adalah Reverse Engineering, metode ini merupakan metode yang menjadikan suatu produk yang telah dianalisa untuk digunakan sebagai acuan guna perancangan dari produk baru dengan pengembangan pada komponen produk tertentu. Cara kerja aplikasi ini menggunakan dua metode pengaplikasiannya yaitu menggunakan aplikasi Smartphone Blynk dan menggunakan sensor RFID. Sliding Gate (Pagar Geser), yang menjadikan modul NodeMCUIESP32 sebagai mikrokontroler pada sistem-sistem yang terhubung ke internet secara keseluruhan. Sistem mengakses data dari Blynk libraries melalui Blynk server kemudian diproses oleh mikrokontroler yang kemudian menampilkannya pada aplikasi smartphone Blynk untuk mengontrol dan memonitoring Sliding Gate (Pagar Geser). Alat ini memiliki inovasi pada proses pengaplikasiannya dari yang sebelumnya manual menjadi otomatis, agar memudahkan dalam pengaplikasiannya.
Kata kunci : Sliding Gate , Otomatisasi, NodeMCU ESP32, RFID, Blynk
The aim of designing and manufacturing an Internet of Things (IoT)-based automatic Sliding Gate control system is to produce an Internet of Things (IoT)-based automatic Sliding Gate control device using NodeMCU ESP32. The system is designed to control the opening and closing of the Sliding Gate automatically and can be monitored in real time via the Blynk smartphone application. The method used is Reverse Engineering, this method is a method that makes a product that has been analyzed to be used as a reference for the design of new products with the development of certain product components. The way this application works uses two application methods, namely using the Blynk Smartphone application and using an RFID sensor. Sliding Gate, which makes the NodeMCUIESP32 module a microcontroller for internet-connected systems as a whole. The system accesses data from the Blynk library through the Blynk server and is then processed by the microcontroller which then displays it on the Blynk smartphone application to control and monitor the Sliding Gate. This tool has innovations in the application process from previously manual to automatic, to make it easier to apply.
Keywords: Sliding Gate, Automation, NodeMCU ESP32, RFID, Blynk
References
Wikipedia.org. (2022, 7 November). Pagar. Diakses pada 20 Desember 2022, dari https://id.wikipedia.org/wiki/Pagar
Kurnia Utama, Y. A., Widianto, Y., Sardjono, T. A., & Kusuma, H. (2018). Sistem pengaturan dasar. Papua : Aseni.
Burange, A. W., & Misalkar, H. D. (2015, March). Review of Internet of Things in development of smart cities with data management & privacy. In 2015 International Conference on Advances in Computer Engineering and Applications (pp. 189-195). IEEE.6
Ganang Fitrianto Wibowo. (2016). Perancangan Ulang Produk PTI 1 Menggunakan Metode Reserve Engineering Studi Kasus di Laboratorium Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Suharjo, I. (2020). Prototype Alat Kendali Otomatis Penjemur Pakaian Menggunakan NodeMCU ESP32 Dan Telegram Bot Berbasis Internet of Things (IOT). Journal Of Information System And Artificial Intelligence, 1(1), 17-24.
RFID, S. (2018). Sistem Keamanan Rumah Menggunakan RFID, Sensor PIR dan Modul GSM Berbasis Mikrokontroler. J. Inform, 5(1), 137-144.
Muhardian, R., & Krismadinata, K. (2020). Kendali Kecepatan Motor DC Dengan Kontroller PID dan Antarmuka Visual Basic. JTEV (Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional), 6(1), 328-339.
Rosaly, R., & Prasetyo, A. (2019). Pengertian Flowchart Beserta Fungsi dan Simbol-simbol Flowchart yang Paling Umum Digunakan.
Yusti, I. (2021). Pengontrolan Pintu Pagar Otomatis menggunakan Android. Jurnal Sains dan Teknologi, 21(1), 97-101.
Hanafie, A., Suradi, S., & Susilawati, S. (2020). Perancangan Sistem Pintu Pagar Otomatis Menggunakan Remote Kontrol Wireless Rf
Article Metrics
Abstract Views : 539 timesPDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 138 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.