Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Kesehatan Hewan Nasional Menggunakan Metode EUCS

Muhammad Habib Walidan(1), Legiman Slamet(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/voteteknika.v11i1.121125

Full Text:    Language : id

Abstract


Perkembangan teknologi terjadi saat ini terjadi begitu pesat sehingga memberikan dampak kepada seluruh unsur dari kehidupan. Aktivitas sehari-hari masyarakat saat ini tidak dapat dilepaskan dengan penggunan internet dimana termasuk pada sistem infornasi pada kesehatan hewan. Dalam penelitian ini dibahas mengenai analisa mengenai tingkat keberhasilan iSIKHNAS terhadap staf  dari Dinas Kesehatan dan Perawatan Hewan Provinsi Lima Puluh Kota. Penelitian survei ini bertujuan untuk mempelajari seberapa besar bobot konten, akurasi, struktur, kemudahan penggunaannya, dan tepatan waktu sistem informasi kesehatan hewan  nasional terhadap  kepuasan  pemakainya. Metode penelitian dipakai yaitu End User Computing Satifaction. Dari hasil penelitian ini yaitu Tingkat puasaan pimpinan didapatkan hasil tingkat kepuasan pengguna yang diperoleh hasil variabel content, akurasi format, kemudahan penggunaan, ketepatan waktu secara bersamaan memberikan kontribusi signifikansi bertotal 88,3% pada tingkat kepuasan pemakai staff hasil yang diperoleh 90,9%.

 

Kata kunci : ISIKHNAS, EUCS, Kepuasan Pengguna

 

Technological developments are happening at this time so rapidly  so that it has an impact on all elements of  life.  Today's people's daily activities cannot  disconnected with the use of the internet which is included in  information system on animal health.  In this research discussed about analysis about level  success iSIKHNAS to staff from the Office of Health and Care Fifty Cities Province Animal.  This survey research aims  to learn how much content weight, accuracy, structure, ease of use, and timely information systems  national animal health on user satisfaction.  Method The research used is End User Computing Satisfaction.  From the results  This research is the level of leadership fasting results obtained  the level of user satisfaction obtained from the results of the content variable, format accuracy, ease of use, precise time simultaneously contributed a total significance of 88.3% to staff user satisfaction level results obtained 90.9%.

 

Keywords: ISIKHNAS, EUCS, Satisfaction


References


A. Hidayah and S. Syahrani, “Profesional Guru Dalam Menghadapi Tantangan Perkembangan Teknologi Pendidikan,” Indones. J. Educ., vol. 3, no. 2, pp. 291–300, 2022, doi: 10.54443/injoe.v3i2.35.

D. Setiawan, “Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Budaya,” J. Simbolika Res. Learn. Commun. Study, vol. 4, no. 1, pp. 195–211, 2018.

P. C. Utami and D. Kurniawan, “Pelayanan Kesehatan Berbasis TI Dalam Proses Pemenuhan Hak-hak Tahanan dan Narapidana,” Syntax Lit. J. Ilm. Indones., vol. 5, no. 11, pp. 1395–1411, 2020.

M. C. Santoso, I. A. D. Giriantari, and W. G. Ariastina, “Studi Pemanfaatan Kotoran Ternak untuk Pembangkit Listrik Tenaga Biogas di Bali,” J. SPEKTRUM, vol. 6, no. 4, pp. 58–65, 2019.

H. Karomatunnisa et al., “End User Computing Satisfaction (EUCS) untuk Mengukur Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Mobile Assesment Minat Anak Di Hompimpaa Alaium Gambreng,” J. Rekayasa Inf., vol. 11, no. 1, pp. 1–8, 2022.

Z. A. Golo, S. Subinarto, and E. Garmelia, “Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Puskesmas Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) di Puskesmas,” J. Rekam Medis dan Inf. Kesehat., vol. 4, no. 1, pp. 52–56, 2021, doi: 10.31983/jrmik.v4i1.6789.

L. Darwati and F. Fitriyani, “Analisis Pengukuran Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Ovo Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS),” JUST IT J. Sist. Informasi, Teknol. Inf. dan Komput., vol. 12, no. 2, pp. 34–42, 2022, [Online]. Available: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/just-it/index.

A. Rahmat, K. B. Seminar, and A. I. Suroso, “Evaluasi Keberhasilan E-Learning Dalam Perspektif Sistem Informasi (Studi Kasus Universitas Terbuka),” J. Apl. Bisnis dan Manaj., vol. 5, no. 3, pp. 373–384, 2019, doi: 10.17358/jabm.5.3.373.

A. A. Perdana, M. C. Utami, and Q. Aini, “End User Computing Satisfaction : Model Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Menggunakan Partial Least Square Structural Equation Modeling (Studi Kasus),” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 8, no. 6, p. 1237, 2021, doi: 10.25126/jtiik.2021863586.

N. M. I. M. M. Fatmawati, I Made Sukarsa, “Perbandingan Metode EUCS dan WebQual Mengenai Kualitas Layanan Terhadap Pengguna (Studi Kasus: Krs Poltekkes Denpasar),” J. Ilm. Teknol. dan Komput., vol. 3, no. 1, pp. 1–8, 2022.

H. D. Saputra, F. Ismet, and A. Andrizal, “Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK,” INVOTEK J. Inov. Vokasional dan Teknol., vol. 18, no. 1, pp. 25–30, 2018, doi: 10.24036/invotek.v18i1.168.

C. M. Zellatifanny and B. Mudjiyanto, “Tipe Penelitian Deskripsi Dalam Ilmu Komunikasi,” Diakom J. Media dan Komun., vol. 1, no. 2, pp. 83–90, 2018, doi: 10.17933/diakom.v1i2.20.

Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods),” in Bandung: Alfabeta, 2015, pp. 1–297.

Y. Asni and D. Irfan, “Analisis Kepuasan Pengguna Dalam Pemanfaatan E-Learning Pada Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (Eucs) Di Smk N 2 Pariaman,” Jav. J. Vokasi Inform., vol. 2, no. 1, pp. 110–120, 2022, doi: 10.24036/javit.v2i1.75.

Nurmalasari and D. Wulandari, “Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Tingkat Prestasi Siswa Smpn Satu Atap Pakisjaya Karawang,” Ilmu Pengetah. Dan Teknol. Komput., vol. 3, no. 2, pp. 1–8, 2018.

Riduwan, “Pengantar Statistika Sosial,” in Bandung: Alfabeta, 2016, pp. 1–308.


Article Metrics

 Abstract Views : 406 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 138 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.