Rancang Bangun E-Survei Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Pemerintahan Desa
(1)   Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/voteteknika.v11i1.120587
Full Text: Language : id
Abstract
Survei indeks kepuasan masyarakat sangat penting untuk meningkatkan pelayanan publik terutama di pemerintahan desa. Oleh karena itu dirancanglah sebuah sistem informasi yang dapat mempermudah pemerintahan desa untuk melakukan pengukuran tingkat kepuasan masyarakat secara berkala guna meningkatkan pelayanan. Metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan adalah metode pengembangan Waterfall. Metode pengembangan perangkat lunak ini terdiri dari beberapa tahapan yaitu Requirement Analysis, System Design, Implementation, Integration & Testing, dan Operation & Maintenance. Sistem informasi yang dirancang berbasis web dengan framework CodeIgniter bahasa pemrograman PHP dan MySQL untuk menyimpan data di database. Sistem yang dirancang menggunakan metode perhitungan Rata-Rata Tertimbang (Weigthed Average) untuk menghitung hasil akhir penilaian responden survei. Adapun tujuan penelitian tugas akhir ini adalah merancang sebuah sistem informasi kuesioner elektronik (E-Survey) indeks kepuasan masyarakat terhadap pelayanan pemerintahan desa. Diharapkan dengan adanya sistem ini dapat membantu pemerintahan desa dalam melaksanakan survei kepuasan masyarakat.
Kata kunci : E-Survei, Indeks Kepuasan Masyarakat, Waterfall.
Community satisfaction index surveys are very important to improve public services, especially in village government. Therefore, an information system was designed that could facilitate the village government to measure the level of community satisfaction on a regular basis in order to improve service. The software development method used is the Waterfall development method. This software development method consists of several stages, namely Requirement Analysis, System Design, Implementation, Integration & Testing, and Operation & Maintenance. An information system designed web-based with the CodeIgniter framework, the PHP programming language and MySQL to store data in the database. The system designed uses the weighted average calculation method to calculate the final survey respondents' assessment results. The research objectives of this final project is to design an electronic questionnaire information system (E-Survey) index of community satisfaction with village government services. It is hoped that this system can assist village administrations in conducting community satisfaction surveys.
Keywords: E-Survey, Community Satisfaction Index, Waterfall.
References
M. Amin, “Pengaruh Profesionalisme Aparatur Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Pemerintahan,” PUBLIC POLICY (Jurnal Apl. Kebijak. Publik Bisnis), vol. 1, no. 2, pp. 137–152, 2020, doi: 10.51135/publicpolicy.v1.i2.p137-152.
D. Ayuni, A. Firdaus, A. Wibowo, and D. Nurnaningsih, “Rancang Bangun Sistem Informasi Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan Berbasis Web (Studi Kasus: Kantor Kecamatan Rajeg),” JIKA (Jurnal Inform., vol. 5, no. 1, p. 1, 2021, doi: 10.31000/jika.v5i1.3238.
M. Callegaro, K. L. Manfreda, and V. Vehovar, Web survey methodology, vol. 157. SAGE, 2015.
Y. Wahyudin and D. N. Rahayu, “Analisis Metode Pengembangan Sistem Informasi Berbasis Website: A Literatur Review,” J. Interkom J. Publ. Ilm. Bid. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 15, no. 3, pp. 26–40, 2020, doi: 10.35969/interkom.v15i3.74.
I. Bagus Gede Sarasvananda, C. Anwar, and D. Pasha, “ANALISIS SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT MENGGUNKAN PENDEKATAN E-CRM (Studi Kasus : BP3TKI Lampung),” Z.A Pagar Alam, vol. 2, no. 1, pp. 1–9, 2021, [Online]. Available: https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JDMSI.
D. L. Kaligis and R. R. Fatri, “Pengembangan Tampilan Antarmuka Aplikasi Survei Berbasis Web Dengan Metode User Centered Design. JUST IT : Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi Dan Komputer, 10(2), 106. https://doi.org/10.24853/justit.10,” JUST IT J. Sist. Informasi, Teknol. Inf. dan Komput., vol. 10, no. 2, p. 106, 2020.
Suandi, “Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat Di Kantor Kecamatan Belitang Kabupaten Oku Timur,” J. Ilmu Adm. dan Stud. Kebijak., vol. 1, no. 2, pp. 13–22, 2019.
R. S. Pressman, Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi Edisi 7, 7th ed. Yogyakarta: Andi, 2015.
M. A. Avila and D. Kurniadi, “Rancang Bangun Sistem Informasi E-Office pada Tata Usaha Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang,” Voteteknika (Vocational Tek. Elektron. dan Inform., vol. 9, no. 1, p. 137, 2021, doi: 10.24036/voteteknika.v9i1.111285.
M. Tabrani, “Penerapan Metode Waterfall Pada Sistem Informasi Inventori Pt. Pangan Sehat Sejahtera,” J. Inkofar, vol. 1, no. 2, pp. 30–40, 2018, doi: 10.46846/jurnalinkofar.v1i2.12.
Muhamad Syarif and Wahyu Nugraha, “Pemodelan Diagram Uml Sistem Pembayaran Tunai Pada Transaksi E-Commerce,” J. Tek. Inform. Kaputama, vol. 4, no. 1, pp. 64–70, Jan. 2020, Accessed: Nov. 21, 2022. [Online]. Available: http://jurnal.kaputama.ac.id/index.php/JTIK/article/view/240.
H. Nur, “Penggunaan Metode Waterfall Dalam Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan,” Gener. J., vol. 3, no. 1, p. 1, 2019, doi: 10.29407/gj.v3i1.12642.
Article Metrics
Abstract Views : 924 timesPDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 538 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.