Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Informatika Di SMK Mutiara Bangsa Sebatik

Suhaimi Bin Sukirman(1), Lativa Mursyida(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/voteteknika.v11i1.120308

Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini diharapkan dapat merencanakan pelaksanaan media pembelajaran Android memanfaatkan mata pelajaran Informatika dengan memanfaatkan aplikasi pendukung misalnya Adobe Artist untuk merencanakan dan melaksanakan sebagai pembuat/rencana pelaksanaan media pembelajaran. Area eksplorasi ini diarahkan pada SMKS Mutiara Bangsa Sebatik. Penelitian ini menggunakan strategi ADDIE Investigate (Pemeriksaan), Rencana (Plan), Kemajuan (Improvement), Eksekusi (Execution), dan Penilaian (Assessment). Tahap pengujian mengacu pada bentrokan dan pengaturan, kerangka kerja yang berjalan dan prasyarat kerangka kerja. Tahap konfigurasi, tahap ini menyinggung rencana flowmap, action graph, use case, flowchart, setting chart dan konfigurasi storyboard/sistem eksekusi media pembelajaran. Tahap kemajuan, istilah ini mengacu pada peningkatan eksekusi yang sedang dilakukan. Tahap pelaksanaan Tahap ini mengacu pada pelaksanaan awal siswa SMKS Mutiara Bangsa Sebatik. Tahap penilaian, tahap ini menyinggung tentang penilaian pelaksanaan dan penilaian pelaksanaan pendahuluan.

Kata Kunci : Media Pembelajaran, Metode ADDIE, Informatika

 

This study expects to plan the execution of Android learning media utilizing Informatics subjects utilizing supporting applications, for example, Adobe Artist to plan and carry out energize as a maker/plan execution of learning media. The area of this exploration was directed at Mutiara Bangsa Sebatik SMKS. This study utilizes the ADDIE Investigate (Examination), Plan (Plan), Advancement (Improvement), Execution (Execution), and Assessment (Assessment) strategies. The examination stage alludes to clashes and arrangements, the running framework and framework prerequisites. Configuration stage, this stage alludes to the flowmap plan, action graphs, use cases, flowcharts, setting charts and storyboard configuration/learning media execution system. Advancement stage, this term alludes to the improvement of the execution that is being made. The execution stage, this stage alludes to the preliminary execution of Mutiara Bangsa Sebatik SMKS understudies. Phases of assessment, this stage alludes to the assessment of execution and assessment of execution preliminaries.

 

Keywords : Media Learning, ADDIE Method, Informatics


References


E. Risdianto, “Analisis Pendidikan Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0,” Res. Gate, vol. April, no. January, pp. 1–16, 2019.

I. Supena, A. Darmuki, and A. Hariyadi, “The Influence of Learning Model on Students’ Learning Outcomes,” Int. J. Instr., vol. 14, no. 3, pp. 873–892, 2021.

Aan Ansori and Ahmad Fitriyadi Sari, “Inovasi Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19,” J. Literasi Pendidik. Nusant., vol. 1, no. 2, pp. 133–148, 2020.

S. Muryaningsih, “Media Pembelajaran Berbahan Loose Part Dalam Pembelajaran Eksak Di Mi Kedungwuluh Lor,” Khazanah Pendidik., vol. 15, no. 1, p. 84, 2021, doi: 10.30595/jkp.v15i1.10360.

H. Belajar and G. Dasar, “Penerapan Pendekatan Bermain Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Dasar Lompat Bella Wahyu Indriawati (1) Djoko Nugroho (2) (1)(2)(3) Universitas Sebelas Maret Surakarta ABSTRACT,” no. 1, pp. 38–49.

M. P. 3 Nurul Khotimah1 , Triani Ratnawuri 2, “Pengembangan E-comic Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Kelas Xl SMA Paramarta 1 Seputih Banyak Lampung Tengah Propgam Studi Pendidikan Ekonomi , FKIP Universitas Muhammadiyah Metro,” vol. 2, no. 1, pp. 49–58, 2021.

N. Deliany, A. Hidayat, and Y. Nurhayati, “Penerapan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Peserta Didik di Sekolah Dasar,” Educare, vol. 17, no. 2, pp. 90–97, 2019, [Online]. Available: http://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/247

A. Galih Pradana and S. Nita, “Rancang Bangun Game Edukasi ‘ AMUDRA ’ Alat Musik Daerah Berbasis Android Afista Galih Pradana Sekreningsih Nita,” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 2, no. 1, pp. 77–80, 2019.

R. R. Setiawan and S. Nita, “Perancangan Aplikasi Pembelajaran Qur’an Edu Berbasis Android,” Pros. Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 2, no. 1, pp. 225–228, 2019.

T. D. Kurnia, C. Lati, H. Fauziah, and A. Trihanton, “Model ADDIE Untuk Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Berbantuan 3D,” Semin. Nas. Pendidik. Mat., vol. 1, no. 1, pp. 516–525, 2019.


Article Metrics

 Abstract Views : 434 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 189 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.