Pengembangan Aplikasi E-Modul Interaktif untuk Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar

Firmansyah Firmansyah(1), Ahmaddul Hadi(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/voteteknika.v10i4.119978

Full Text:    Language : id

Abstract


Mewujudkan variasi pembelajaran sangatlah dibutuhkan kreativitas model pembelajaran yang memiliki berbagai macam variasi yang tidak terlepas dari media dan bahan ajar yang digunakan. Penggunaan e-modul berbasis augmented reality untuk mata pelajaran komputer dan jaringan dasar sangat membantu dalam proses pembelajaran yang banyak menggunakan alat-alat pratikum. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan e-modul berbasis augmented reality yang menarik dan inovatif untuk membantu meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar, dengan menggunakan teknologi augmented reality yang menggabungkan antara materi dan 3D modelling didalamnya. Dalam pengembangan media pembelajaran penelitian ini menggunakan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) dengan 6 tahapan diantaranya concept, design, material collecting, assembly, testing dan distribution. Dalam pembuatan aplikasi menggunakan beberapa software diantaranya Unity 3D, Vuforia Engine, 3D Blender, Corel Draw, serta software lainnya yang dijalankan pada perangkat android. Pengembangan ini mengahasilkan sebuah aplikasi android e-modul pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar yang didalamnya terdapat, silabus, rpp, modul, video tutorial, quiz, dan ar kamera yang dapat memunculkan objek 3D hardware komputer. Aplikasi e-modul yang dikembangkan telah melalui uji validitas dengan tingkat kevalidan mencapai 97,21% atau dengan kategori sangat layak dan bisa digunakan tanpa revisi.

Kata kunci : E-Modul, Augmented Reality, Komputer dan Jaringan Dasar, Media Pembelajaran, MDLC, Android

 

Realizing a variety of learning is very necessary for the creativity of learning models that have various variations that cannot be separated from the media and teaching materials used. The use of augmented reality-based e-modul for basic computer and network subjects is very helpful in the learning process that uses a lot of practical tools. The purpose of this research is to develop an interesting and innovative augmented reality-based e-modul to help increase student activity in basic computer and network subjects, using augmented reality technology that combines material and 3D modeling in it. In developing learning media, this research uses the MDLC (Multimedia Development Life Cycle) method with 6 stages including concept, design, material collecting, assembly, testing and distribution. In making applications using several software including Unity 3D, Vuforia Engine, 3D Blender, Corel Draw, and other software that runs on android devices. This development resulted in an e-modul android application on basic computer and network subjects which included, syllabus, rpp, modules, video tutorials, quizzes, and ar cameras that could display 3D computer hardware objects. The developed e-module application has gone through a validity test with a validity level of 97.21% or in a very feasible category and can be used without revision.

Keywords: E-Modul, Augmented Reality, Basic Computers and Networks, Learning Media, MDLC, Android


References


R. Marta, I. P. Dewi, D. Rinaldi, A. Aprianto, R. Rahmi, dan K. Costa, “Pengembangan E-Modul Berbantuan Android Pada Materi Instalasi Sistem Operasi P - ISSN : 2302-3295,” vol. 10, no. 3, 2022.

Azwar dan L. D. Samiu, “RANCANG BANGUN APLIKASI E-MODUL GUNA PEMANFAATAN PEMBELAJARAN DARING BERBASIS ANDROID,” J. Technopreneur, vol. 9, no. 2, hal. 71–78, Nov 2021, doi: 10.30869/jtech.v9i2.761.

H. Fikri dan S. A. Madona, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF,” 2018.

E. A. Saputra, Wakhinuddin, dan F. Rizal, “Pengembangan Media Pembelajaran Elektronik Berbasis Masalah pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar,” vol. 2, no. 2, 2019.

P. R. Shalih dan I. Irfansyah, “Perancangan Game Berbasis Multimedia Development Life Cycle (MDLC) Tentang Tokoh Pahlawan Indonesia Masa Kini untuk Generasi Z,” Edsence J. Pendidik. Multimed., vol. 2, no. 2, hal. 83–92, 2020, doi: 10.17509/edsence.v2i2.26690.

Y. Sumaryana dan M. Hikmatyar, “Aplikasi Alat Bantu Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle ( Mdlc ) the Application of Primary School Learing Tools Using Multimedia Development Method Life Cycle ( Mdlc ),” J. TeIKa, vol. 10, no. MDLC, hal. 117–124, 2020.

F. N. Kumala, A. Ghufron, P. P. Astuti, M. Crismonika, M. N. Hudha, dan C. I. R. Nita, “MDLC model for developing multimedia e-learning on energy concept for primary school students,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1869, no. 1, 2021, doi: 10.1088/1742-6596/1869/1/012068.

S. Syamsiah, “Perancangan Flowchart dan Pseudocode Pembelajaran Mengenal Angka dengan Animasi untuk Anak PAUD Rambutan,” STRING (Satuan Tulisan Ris. dan Inov. Teknol., vol. 4, no. 1, hal. 86, 2019, doi: 10.30998/string.v4i1.3623.

T. A. Kurniawan, “Pemodelan Use Case (UML): Evaluasi Terhadap beberapa Kesalahan dalam Praktik,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 5, no. 1, hal. 77, 2018, doi: 10.25126/jtiik.201851610.

M. D. Irawan dan S. A. Simargolang, “Implementasi E-Arsip Pada Program Studi Teknik Informatika,” J. Teknol. Inf., vol. 2, no. 1, hal. 67, 2018, doi: 10.36294/jurti.v2i1.411.

G. Y. Abdillah dkk., “AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PERANGKAT KERAS KOMPUTER DENGAN FAST CORNER DAN NATURAL FEATURE TRACKING,” Des 2020.

S. Purwanti, R. Astuti, J. Jaja, dan R. Rakhmayudhi, “Application of the Multimedia Development Life Cycle (MDLC) Methodology to Build a Multimedia-Based Learning System,” Budapest Int. Res. Critics Inst. Humanit. Soc. Sci., vol. 5, no. 1, hal. 2498–2506, 2022.

K. Muhammad Rizal, Mursalim, “Rancang Bangun Game Edukasi Vocabulary English,” Ranc. Bangun Game Edukasi Vocab. English Menggunakan Metod. Multimed. Dev. Life Cycle, vol. 9, no. 1, hal. 75–80, 2019.

M. F. Febriansyah dan Y. Sumaryana, “Pengembangan Aplikasi Media Pembelajaran Sekolah Dasar Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC),” Informatics Digit. Expert …, vol. 2, hal. 61–68, 2021, [Daring]. Tersedia pada: https://e-journal.unper.ac.id/index.php/informatics/article/view/838

A. E. P. Sayuti dan Y. Hendriyani, “(jurnal vokasi informatika),” vol. 1, no. 2, 2021.

A. R. Dikananda, O. Nurdiawan, dan H. Subandi, “Augmented Reality Dalam Mendeteksi Produk Rotan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC),” MEANS (Media Inf. Anal. dan Sist., vol. 6, no. 2, hal. 135–141, 2022, doi: 10.54367/means.v6i2.1512.


Article Metrics

 Abstract Views : 503 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 206 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.