Analisis Jalur (Path Analysis) Terhadap Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa TKJ SMK Negeri 5 Padang

Aulia Gustia Putri(1), Khairi Budayawan(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/voteteknika.v10i4.119832

Full Text:    Language : en

Abstract


Pendidikan merupakan salah satu bentuk untuk mencerdaskan kehidupan anak bangsa Indonesia. Kegiatan belajar utama tergantung pada motivasi siswa untuk belajar. Internet addiction, literasi digital, dan lingkungan rumah adalah beberapa faktor yang mempengaruhi motivasi belajar. Metode yang digunakan adalah path analysis. Random sampling digunakan dalam pengambilan sampel. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh internet addiction, literasi digital dan lingkungan keluarga. Subjeknya yaitu siswa Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 5 Padang sebanyak 71 siswa. Hasilnya menunjukkan bahwa: internet addiction berpengaruh besar terhadap motivasi, literasi digital berpengaruh besar terhadap motivasi, lingkungan keluarga berpengaruh besar terhadap motivasi, internet addiction berpengaruh signifikan terhadap motivasi melalui mediasi lingkungan keluarga, dan literasi digital berpengaruh signifikan terhadap motivasi melalui mediasi lingkungan keluarga. Temuan ini memberikan acuan internet addiction akan mempengaruhi motivasi belajar jika tidak dikontrol dengan bijak selain itu kemampuan dalam literasi digital serta lingkungan keluarga juga akan memberikan dampak pada motivasi belajar siswa.

Kata kunci: internet addiction, literasi digital, lingkungan keluarga, motivasi belajar

 

Education is one form of educating the lives of Indonesian children. The main learning activities depend on students' motivation to learn. Internet addiction, digital literacy, and home environment are some of the factors that influence learning motivation. The method used is path analysis. Random sampling is used in sampling. The purpose of this study was to examine the effect of internet addiction, digital literacy, and the family environment. The subjects are TKJ students of SMK Negeri 5 Padang with as many as 71 students. The results show that: internet addiction has a big effect on motivation, digital literacy has a big effect on motivation, the family environment has a big effect on motivation, internet addiction has a significant effect on motivation through the mediation of the family environment, and digital literacy has a significant effect on motivation through the mediation of the family environment. This finding provides a reference that internet addiction will affect learning motivation if it is not controlled wisely. In addition, the ability in digital literacy and the family environment will also have an impact on students' learning motivation.

Keywords: internet addiction, digital literacy, family environment, learning motivation


References


Arianti. (2019). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa, 12(3), 117–134.

K. Kamarudin, I. Irwan, and F. Daud. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Pkn, 5(4), 1847–1854.

I. Sustiasih and Y. S. Aminah. (2017). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sekolah, Disiplin Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Sma Kelas Xi Ips Sma Pgri 1 Taman Pemalang, 3(3), 46–55.

C. Vionita and H. Hanesman. (2021). Kontribusi Motivasi Belajar dan Fasilitas Belajar pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Penerapan Rangkaian Elektronika. Jurnal Vocational Teknik Elektronika dan Informatika, 9(4), 41.

E. S. Saragih. (2020). Kontrol Diri dan Kecenderungan Internet Addiction Disorder, 4(3), 57–68.

I. P. G. Sutisna. (2020). Gerakan Literasi Digital Pada Masa Pandemi COVID-19, 8(3), 268–283.

H. Maros and S. Juniar. (2017). Peranan Pendidikan Agama Dalam Keluarga Terhadap Pembentukan Kepribadian Anak-Anak, 4(3), 1–23.

A. Hidayat and E. Edidas. (2020). Kontribusi Lingkungan Keluarga Dan Cara Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X. Jurnal Vocational Teknik Elektronika dan Informatika 7(4), 16.

Mahriani. (2020). Analisis Hubungan Antara Tendensi Internet Addiction Disorder dengan Customer Behavior (Studi pada Mahasiswa UIN Antasari), 9(3), 151–165.

A. D. Putra, G. S. Martha, M. Fikram, and R. J. Yuhan. (2021), Faktor-Faktor yang Memengaruhi Tingkat Kriminalitas di Indonesia Tahun 2018, 3(5), 123, 2021.

N. Latiffa, D. Rotinsulu, and R. Tumilaar. (2017). Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi Dan Indeks Pembangunan Manusia Terhadap Tingkat Pengangguran Terbuka Dan Dampaknya Pada Jumlah Penduduk Miskin Di Kota Manado, 17(4), 106–127.

K. P. Rahayu and R. Sanjaya. (2020). Penerapan Path Analysis Model Mediasi Terhadap Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa, 5(4), 87–103.

A. Sidik and S. Sukaya. (2019). Kontribusi Persepsi Keterampilan Mengajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Vocational Teknik Elektronika dan Informatika, 7(3), 220.


Article Metrics

 Abstract Views : 569 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 205 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.