Rancang Bangun Media Edukasi Interaktif Stunting Bagi Remaja Calon Pengantin

Yeka Hendriyani(1), Jayandra Jayandra(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/voteteknika.v10i4.119750

Full Text:    Language : id

Abstract


Tujuan penelitian ini agar dapat merancang serta membangun media edukasi interaktif stunting bagi remaja calon pengantin berbasis augmented reality dan game edukasi sebagai upaya peningkatan pemahaman remaja tentang stunting. augmented reality dan game edukasi merupakan media edukasi interaktif yang banyak dimanfaatkan di bidang pendidikan dan informasi. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode MDLC (Multimedia Development Lift Cycle) dengan 6 tahapan diantaranya concept, design, material collecting, assembly, testing dan distribution. Serta dalam pembuatan aplikasi ini menggunakan beberapa software diantaranya Unity 3D, Vuforia Engine, 3D Blender, Figma, serta software lainnya yang di jalankan pada perangkat android. Aplikasi ini di rancang memiliki beberapa fitur diantaranya bank materi, AR stunting dan game edukasi. Pengujian aplikasi menggunakan validasi dari ahli materi dengan skor 91% dengan keterangan sangat layak di distribusi.

Kata kunci: Stunting, Augmented Reality, Game Edukasi, MDLC, Ahli Materi

 

The purpose of this study is to design and build interactive stunting education media for prospective adolescents based on augmented reality and educational games as an effort to increase adolescents' understanding of stunting. Augmented reality and educational games are interactive educational media that are widely used in education and information. The method in this study uses the MDLC (Multimedia Development Lift Cycle) method with 6 stages including concept, design, collecting material, assembly, testing and distribution. And in making this application using several software including Unity 3D, Vuforia Engine, 3D Blender, Figma, and other software that runs on android devices. This application is designed to have several features including a material bank, AR stunting and educational games. Application testing uses validation from material experts with a score of 91% with information that is very feasible in distribution.

Keywords: Stunting, Augmented Reality, Educational Games, MDLC, Material Expert


References


Peraturan Presiden Republik Indonesia, “Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 2027 Tentang Percepatan Penurunan Stunting,” no. 1, p. 23, 2021.

G. W. Harta, D. S. Wahyuni, and G. S. Santyadiputra, “Kepraktisan Media Pembelajaran Augmented Reality Mata Pelajaran Sablon Untuk Smk,” Kumpul. Artik. Mhs. Pendidik. Tek. Inform., vol. 10, no. 2, p. 182, 2021.

A. F. Arza and D. Faiza, “Rancang Bangun Modul Interaktif Pada Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elekronika Kelas XI P - ISSN : 2302-3295,” vol. 10, no. 3, 2022.

Y. Hendriyani, H. Effendi, D. Novaliendry, and H. Effendi, “Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Inovatif Di Era Revolusi Industri 4.0,” J. Teknol. Inf. dan Pendidik., vol. 12, no. 2, pp. 63–68, 2019.

E. D. Fransiska, T. M. Akhriza, S. Informasi, T. Informatika, and M. Informatika, “Implementasi Teknologi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Informatif Dan Interaktif Untuk Pengenalan Pendahuluan Augmented Reality ( AR ) yang Aplikasi Aranimals bisa lebih interaktif karena dapat memberikan pesan dan respon kepada anak-anak , s,” eminar Nas. Sist. Inf., no. September, pp. 636–645, 2017.

D. S. Adi and R. Pandalu, “Efektivitas Pelayanan Informasi Internal Kampus Melalui Pemanfaatan Media Interaktif Berbasis Artom ( Studi Fenomenologi Pada Mahasiswa Fisip Universitas Merdeka Malang ) Abstrak Pendahuluan Global paradox sebagai jargon bentuk propaganda atau promosi sum,” no. September, pp. 91–100, 2017.

A. C. Silva, A. R. Calderon, M. G. Retuerto, and L. Andrade-Arenas, “Application of Augmented Reality in Teaching and Learning in Engineering Programs,” Int. J. Interact. Mob. Technol., vol. 16, no. 15, pp. 112–124, 2022.

A. Dwiansyah and T. Thamrin, “Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Mobile Virtual Reality Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Kelas Sepuluh (X) Sekolah Menengah Kejuruan,” Voteteknika (Vocational Tek. Elektron. dan Inform., vol. 10, no. 1, p. 55, 2022.

R. A. Rahman and D. Tresnawati, “Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Nama Hewan dan Habitatnya Dalam 3 Bahasa Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Multimedia,” J. Algoritm., vol. 13, no. 1, pp. 184–190, 2016.

R. I. Borman and I. Erma, “Pengembangan Game Edukasi Untuk Anak Taman Kanak-Kanak (TK) Dengan Implementasi Model Pembelajaran Visualitation Auditory Kinestethic (Vak),” JIPI (Jurnal Ilm. Penelit. dan Pembelajaran Inform., vol. 3, no. 1, pp. 8–16, 2018.

Rahmadhan A, “Aplikasi Pengenalan Perangkat Keras Komputer Berbasis Android Menggunakanaugmented Reality (Ar),” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 2, pp. 24–31, 2021.

Rida Alifah, Dyah Ayu Megawaty, and Muhammad Najib Dwi Satria, “Pemanfaatan Augmented Reality Untuk Koleksi Kain Tapis (Study Kasus: Uptd Museum Negeri Provinsi Lampung),” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 2, pp. 1–7, 2021.

Y. Fernando, I. Ahmad, A. Azmi, and I. Borman, “Penerapan Teknologi Augmented Reality Katalog Perumahan Sebagai Media Pemasaran Pada PT. San Esha Arthamas,” J. Sains Komput. Inform. (J-SAKTI, vol. 5, no. 1, pp. 62–71, 2021.

F. N. Kumala, A. Ghufron, P. P. Astuti, M. Crismonika, M. N. Hudha, and C. I. R. Nita, “MDLC model for developing multimedia e-learning on energy concept for primary school students,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1869, no. 1, 2021.

A. Dewi, IP.Mursyida,Lativa.Smala, Dasar-Dasar Android Studio. 2021.

A. Yunus, “Perancangan Desain User Interface Pada Aplikasi Siakad Dengan Menggunakan Metode User Centered Design.,” J. user Interface, vol. 1, p. 95, 2018.

D. Sekartaji, D. R. Kuning, P. A. Bangun, K. Jabung, K. Malang, and A. Reality, “JITE ( Journal of Informatics and Telecommunication Engineering ) Augmented Reality for Topeng Malangan Face Recognition as a Media,” vol. 5, no. January, pp. 423–432, 2022.

S. Sulistyowati, E. Gunawan, and L. Rusdiana, “Aplikasi Game Edukasi Matematika Tingkat Dasar Berbasis Android,” J. Teknoinfo, vol. 16, no. 1, p. 107, 2022.


Article Metrics

 Abstract Views : 498 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 218 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.