Pengaruh Efektivitas Belajar Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar

Harfit Alfala(1), Dedy Irfan(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/voteteknika.v10i4.119709

Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui pengaruh positif  penerapan model pembelajaran  Projec-Based  Learning  terhadap  hasil  belajar  siswa  kelas XII AV.A SMK  Negeri  1  Padang. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Padang masih banyak siswa kelas XII  jurusan Audio Vidio dengan hasil belajar  rendah dalam pelajaran Perawatan dan perbaikan elektronika audio vidio (P3EAV). Ditawarkanlah solusi menggunakan model pembelajaran project based learning (PjBL) terhadap efektivitas hasil belajar siswa kelas XII AV.A SMKN 1 Padang tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode pre-experimental design dengan desain one-shot case study dengan menggunakan satu kelas sampel sebagai perlakuan. Awal pertemuan siswa diminta untuk mengerjakan pretest dan memproleh rata-rata pretest 66,19 dan setelah diberi perlakuan siswa mengerjakan postest dan memperoleh rata-rata posttest 84,87. Data di peroleh dari analisis dengan berbantuan microsoft excel 2010 dan SPSS versi 23.0. Setelah dilakukan uji normalitas ternyata data berdistribusi normal didapatkan Lhitung sebesar 0,1231lebih kecil dari Ltabel sebesar 0,1766 sehingga bisa dilakukan uji hipotesis statistika uji-t. Berdasarkan hasil analisis di peroleh thitung 7,7725 lebih besar dari pada ttabel= 1,7139 pada taraf nyata 0,05 maka H0ditolak. Hal ini membuktikan adanya pengaruh efektivitas model pembelajaran project based learning (PjBL) terhadap hasil belajar siswa kelas XII AV.A SMKN 1 Padang.

Kata kunci :  efektivitas belajar, Model Pembelajaran PjBL, Hasil Belajar, Pretest, Postest, one-shot case study

 

This study aims to determine the positive effect of the implementation of the Project-Based Learning model on the learning outcomes of class XII AV.A students at SMK Negeri 1 Padang. Based on observations that have been made at SMKN 1 Padang, there are still many class XII students majoring in Audio Video with low learning outcomes in P3EAV lessons. A solution is offered using a project based learning (PjBL) learning model on the effectiveness of student learning outcomes for class XII AV.A SMKN 1 Padang in the 2022/2023 academic year. This study uses a pre-experimental design method with a one-shot case study design using one sample class as treatment. At the beginning of the meeting students were asked to do the pretest and get a pretest average of 66.19 and after being given treatment the students did the posttest and got a posttest average of 84.87. Data obtained from analysis assisted by Microsoft Excel 2010 and SPSS version 23.0. After the normality test, it turns out that the data is normally distributed, it is found that Lcount of 0.1231 is smaller than Ltable of 0.1766, so that the statistical hypothesis test of the t-test can be done. Based on the results of the analysis, it is obtained that tcount 7.7725 is greater than ttable = 1.7139 at a significant level of 0.05, so H0 is rejected. This proves the effect of the effectiveness of the project based learning (PjBL) learning model on the learning outcomes of class XII AV.A students at SMKN 1 Padang.

Keywords: learning effectiveness, PjBL learning model, learning outcomes, pretest, posttest, one-shot case study


References


M. Rahmawati, 2019 “Guru sebagai fasilitator dan efektivitas belajar siswa”, SE. skripsi, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, .

L. Jones, Thestudent-Centered Classrom, Cambridge University Press, New York, 2015.

Arum, Frida, Pengertian penelitian eksperimen, Website: http://Gramedia.com/literasi/penelitian-eksperimen/, diakses tanggal 12 Februari 2021.

Dhee Mas, Penelitian eksperimen (jenis dan bentuk desainnya). Website: https://ometlit.com/desain-penelitian-eksperimen/, diakses tanggal 7 Oktoner 2022.

Sudjana, Penilaian hasil belajar bentuk tes, , 2013, Wwbsite: https://www.detikpendidikan.id/2019/04/penilaian-hasil-belajar-bentuk-tes.html, diakses pada April 2019.

A. H. Molin. Lilliefors/Van Soest’s test of normality. Encyclopedia of measurement and statistics. Neil Salkind (Ed.). Sage, Thousand Oaks, California, 2021.

U. Hamzah B, Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif di kelas, 2014.

Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat pembelajaran yang efektif. At-Tafkir, 11(1), 85-99.

Sigit, A, Dedy, I, (2018). “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran PjBL Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran TKBGT Siswa Kelas X Teknik Mekatronika SMK Negeri 1 Sumatera Barat,” J. Vokasional Tek. Elektron. dan Inform., 6(2), pp. 61–74.

Andrianis, R., Anwar, M., & Zulwisli, Z.(2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Projek Terhadap Hasil Belajar Pemrograman Web Dinamis Kelas XI Rekayasa Perangkat Lunak di SMK Negeri 2 Padang Panjang. Jurnal Vokasional Teknik Elektronikadan Informatika,6(1), 124-126.


Article Metrics

 Abstract Views : 438 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 194 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.