Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 pada Mata Pembelajaran Sistem Pengendali Elektronika

Nurhamidah Nurhamidah(1), Ilmiyati Rahmy Jasril(2), Putra Jaya(3), Efrizon Efrizon(4),
(1)   Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/voteteknika.v10i4.119591

Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline 3 pada Mata Pelajaran Sistem Pengendali Elektronika kelas XI Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 5 Solok Selatan yang valid dan praktis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Reseach and Development (Penelitian dan Pengembangan) dengan desain pengembangan ADDIE. Metode ADDIE yang digunakan dibatasi sampai tahap implentasi. Dalam penelitian ini juga memanfaatkan angket untuk memperoleh data tentang tingkat validitas media pembelajaran. Angket ini diisi oleh dua orang ahli materi dan dua orang ahli media. Aspek yang divalidasi pada pengembangan ini yaitu aspek content (materi) dan aspek tampilan (media). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif memperoleh skor rata-rata 91% dari kedua ahli materi dan 95% dari kedua ahli media. Pada uji praktikalitas juga memanfaatkan angket dengan responden yang terdiri dari 9 orang peserta didik. Hasil praktikalitasnya memperoleh rata-rata 97,11%. Dari hasil tersebut, penelitian dan pengembangan pada media pembelajaran interaktif pada Mata Pelajaran Sistem Pengendali Elektronika dengan kategori sangat valid, praktis dan layak digunakan.

Kata Kunci : Media Pembelajaran Interaktif, Articulate Storyline 3, Sistem Pengendali Elektronika.

 

This study aims to produce interactive learning media based on articulate storyline 3 in the Electronic Control System Subject for class XI Industrial Electronics Engineering at SMK Negeri 5 Solok Selatan which is valid and practical. The method used in this research is the Research and Development method with the ADDIE development design. The ADDIE method used is limited to the implementation stage. This research also uses a questionnaire to obtain data about the level of validity of the learning media. This questionnaire was filled out by two material experts and two media experts. Aspects that are validated in this development are aspects of content (material) and aspects of display (media). The results showed that interactive learning media obtained an average score of 91% from both material experts and 95% from both media experts. The practicality test also uses a questionnaire with respondents consisting of 9 students. The practical results obtained an average of 97.11%. From these results, research and development on interactive learning media in Electronic Control System Subjects is categorized as very valid, practical and feasible to use.

Keywords : Interactive Learning Media, Articulate Storyline 3, Electronic Control System.


References


Daryanto. 2016. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media. Hal: 139

Pratiwi, MA, & Jasril, IR (2020). Pengaruh Penggunaan Macromedia Flash 8.0 Terhadap Hasil Belajar Dasar Listrik Dan Elektronika. Voteteknika (Vokasi Teknik Elektronika dan Informatika) , 7(4), 122-130. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i4.106501

Cecep Kustandi dan Bambang Sucipto. 2011. Media Pembelajaran Manual dan Digital.Bogor: Ghalia Indonesia. Hal: 1.

Armi, H., & Dewi, I.P. (2020). Analisis tingkat kelayakan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran kerja bengkel dan gambar teknik. Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, 13(2), 81-88. https://doi.org/10.24036/tip.v13i2.363

Pakhrur Razi.2012. Multimedia Interaktif Desain dan Evaluasi. Padang: UNP. Hal: 1

Najikhah, F., Budiyono, & Wardi. (2016). “Keefektifan MPI Game Edukasi Terhadap Hasil Belajar IPA di Kelas 1 Sekolah Dasar.” Indonesian Journal of Curiculum and Educational Technology Studies. 4 (2) Hlm. 58-65.

Sugiyono,2017, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta. Hal: 30

Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Satuan Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Hal: 160

Riduwan. 2009. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta. Hal : 89

Yumini, S., & Rakhmawati, L. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Mata Diklat Teknik Elektronika Dasar Di Smk Negeri 1 Jetis Mojokerto. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(3).

Armi, H., & Dewi, I.P. (2020). Analisis tingkat kelayakan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran kerja bengkel dan gambar teknik. Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, 13(2), 81-88. https://doi.org/10.24036/tip.v13i2.363

Daryanto. 2016. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media


Article Metrics

 Abstract Views : 235 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 96 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.