Efektifitas Implementasi Video Conference Sebagai Media Pembelajaran Dimasa Pandemi Covid-19

Rahmawati Rahmawati(1), Rahmah Dianti Putri(2), Nurdin Nurdin(3), Aprilia Triaristina(4), Valensy Rachmedita(5), Alsyabri Wira(6),
(1) Universitas Lampung  Indonesia
(2) Universitas Lampung  Indonesia
(3) Universitas Lampung  Indonesia
(4) Universitas Lampung  Indonesia
(5) Universitas Lampung  Indonesia
(6) SMK Negeri 1 Kerinci Provinsi Jambi  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/voteteknika.v10i3.119185

Full Text:    Language : en

Abstract


Dengan ancaman Covid-19 saat ini, diharapkan lembaga pendidikan perlu menerapkan kegiatan pembelajaran online. Kegiatan pembelajaran online dapat didukung melalui penggunaan aplikasi video conference yang disediakan oleh Universitas. Beberapa penelitian membuktikan bahwa dengan menggunkan aplikasi video conference dinilai sangat efisien dalam proses pembelajaran. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana efektivitas penggunaan aplikasi video conference dalam proses pembelajaran bagi mahasiswa program studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung selama masa pandemi covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan menggunakan pendekatan grounded teoritis. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dengan 45 siswa dan Google form. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, pembelajaran online dengan memanfaatkan aplikasi video conference belum terlalu efektif dalam proses pembelajaran. Akan tetapi dengan memperhitungkan situasi disaat ini dengan adanya Covid-19 hingga pemanfaatan aplikasi video conference sangat membantu dalam proses pembelajaran.

Kata kunci : Efektifitas, video conference, Media Pembelajarn.

 

With the current threat of Covid-19, it is hoped that educational institutions need to implement online learning activities. Online learning activities can be supported through the use of video conferencing applications provided by the University. The purpose of this study was to determine the effectiveness of using video conferencing applications to conduct online learning for students of the Economic Education study program, Faculty of Teacher Training and Education, University of Lampung. The method used in this research is qualitative and uses a grounded theoretical approach. Data collection techniques using interviews with 45 students and Google forms. Based on the research results obtained, online learning by utilizing video conferencing applications has not been very effective in the learning process. However, taking into account the current situation with the Covid-19 to the use of video conferencing applications is very helpful in the learning process.

Keywords: Effectiveness, video conferencing, Learning Media.


References


Batubara, H. S., Riyanda, A. R., Rahmawati, R., Ambiyar, A., & Samala, A. D. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Blended Learning di Masa Pandemi Covid-19: Meta-Analisis. Jurnal Basicedu, 6(3), 4629-4637.

Adi, N. H., Riyanda, A. R., Sagala, M. K., Ambiyar, A., Islami, S., & Zaus, M. A. (2022). Analysis of Lecturer Performance in the Application of The Online Learning Process. JTEV (Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional), 8(1), 144-150.

Riyanda, A. R., Agnesa, T., Wira, A., Ambiyar, A., Umar, S., & Hakim, U. (2022). Hybrid Learning: Alternatif Model Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(3), 4461-4469.

Nurhasanah, S., Abdurrahman, A., Andra, D., & Herlina, K. (2021). Augmented Reality (AR) in Physics Learning: Opportunities to Improve Teacher and Student Interaction in Online Learning. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 4(2), 145-157.

Kifta, D. A., Riyanda, A. R., Simatupang, W., Muskhir, M., & Irfan, D. (2021). Analysis of the Effect of Blended Learning Model on Employee Class Students Learning Motivation. Jurnal Pendidikan MIPA, 22(2), 226-234.

Riyanda, A. R., Ambiyar, A., Syahril, S., Fadhilah, F., Samala, A. D., Adi, N. H., & Aminuddin, F. H. (2021). Evaluation of Online Learning Processes in FKIP Universitas Lampung During Covid-19 Pandemic. Jurnal Pendidikan MIPA, 22(2), 179-187.

Far-Far, G. (2021). Efektifitas Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. ISTORIA: Jurnal Pendidikan Dan Sejarah, 17(1).

Novita, N., Kejora, M. T. B., & Akil, A. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting dalam Pembelajaran PAI di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2961-2969.

Riyanda, A. R., Herlina, K., & Wicaksono, B. A. (2020). Evaluasi Implementasi Sistem Pembelajaran Daring Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 4(1), 66-71.

Purnomo, A. M., & Nurrachmah, R. (2022). Principal's Communication Style and Learning Process Effectiveness during Pandemic: The Case of SMP PGRI 1 Cigombong. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(1), 22-36.

Yuliana, D. P. (2022). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN GOOGLE MEET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), 5(1), 8-19.

Munasiah, M. (2021). Efektivitas Pemanfaatan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Educatio Fkip Unma, 7(3), 1163-1169.

Rustaman, A. H. (2020). Efektivitas penggunaan aplikasi daring, video conference dan sosial media pada mata kuliah komputer grafis 1 di masa pandemi covid-19. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 4(3).

Monica, J., & Fitriawati, D. (2020). Efektivitas penggunaan aplikasi zoom sebagai media pembelajaran online pada mahasiswa saat pandemi covid-19. Jurnal Communio: Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 9(2), 1630-1640.

Maulia, P. S., & Purnama, H. (2021). Efektifitas Google Meet Sebagai Media Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 Pada Mahasiwa Digital Pr Telkom University. eProceedings of Management, 8(2).

Alwi, N. A., Irwandi, I., Dewi, I. P., & Fimala, Y. (2022). Peningkatan Pemanfaatan Internet dan Media Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pembelajaran Tematik Terpadu pada Masa Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 16477-16483.

Muhtadi, A. (2016). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (tik) dalam pendidikan karakter di sekolah. Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan FIP UNY.

Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat pembelajaran yang efektif. At-Tafkir, 11(1), 85-99.

Haqien, D., & Rahman, A. A. (2020). Pemanfaatan zoom meeting untuk proses pembelajaran pada masa pandemi covid-19. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1).

Wisman, Y. (2017). Komunikasi efektif dalam dunia pendidikan. Jurnal Nomosleca, 3(2).

Istikhomah, H., Indarto, A. S., & PS, D. T. (2014). Persepsi Mahasiswa Tentang Media Pembelajaran E-Learning. Jurnal Ilmu Kebidanan (Journal of Midwivery Science), 2(2), 107-114.


Article Metrics

 Abstract Views : 724 times
 PDF Downloaded : 308 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.