Rancang Bangun Modul Interaktif Pada Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elekronika Kelas XI
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/voteteknika.v10i3.118763
Full Text: Language : id
Abstract
Modul interaktif merupakan sarana pembelajaran yang berisi materi yang menarik simpel, mudah dan menyenangkan sehingga proses pembelajaran menjadi lebih aktif untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Pada mata pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika (PRE) dihadapkan pada lemahnya pemahaman siswa akan konsep teori-teori yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan penggunaan modul interaktif dengan aplikasi canva terhadap mata pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika (PRE). Dalam pembuatan modul ini memakai model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penilaian modul dari segi materi dilaksanakan oleh 2 ahli. Ahli 1 memberikan penilaian untuk kelayakan modul dengan persentase 95,3% dan dikategorikan “Sangat Valid”. Ahli 2 menilai kelayakan modul dengan persentase 97,6% dan dikategorikan “Sangat Valid”. Skor rata-rata yang diraih terhadap penilaian 2 validator dengan persentase 96,4% dikategorikan “Sangat Valid”. Penilaian modul dari segi media dilaksanakan oleh 2 ahli. Ahli 1 menilai kelayakan modul dengan persentase 88% dan dikategorikan “Sangat Valid”. Ahli 2 menilai kelayakan modul dengan persentase 96% dan dikategorikan “Sangat Valid”. Skor rata-rata yang diraih dari penilaian 2 validator dengan persentase 92% dikategorikan “Sangat Valid.
Kata kunci : Modul Interaktif, ADDIE, Ahli Materi, Ahli Media.
Interactive modules are learning tools that contain interesting, simple, easy and fun materials so that the learning process becomes more active to achieve the expected competencies. In the subject of the application of electronic circuits, students are faced with the weakness of students understanding of the theoretical concepts being taught. This study purposes were to determine the feasibility of using an interactive module with the Canva application in the Application subject of Electronic Circuits (PRE). In making this module used the model of ADDIE “(Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation)”. The assessment of the module in material terms was carried out by 2 experts. Expert 1 assesses the feasibility of the module with a percentage of 95.3% and is categorized as "Very Valid". Expert 2 assesses the feasibility of the module with a percentage of 97.6% and is categorized as "Very Valid". The average score achieved from the assessment of 2 validators with a percentage of 96.4% is categorized as "Very Valid". The assessment of the module in terms of media was carried out by 2 experts. Expert 1 assesses the feasibility of the module with a percentage of 88% and categorized was as "Very Valid". Expert 2 assesses the feasibility of the module with a percentage of 96% and categorized was as "Very Valid". The average score achieved from the assessment of 2 validators with a percentage of 92% where categorized was as "Very Valid.
Keywords: Interactive Module, ADDIE, Material Expert, Media Expert.
References
Setiyadi, M. W., & Gani, H. A. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. 3(2), 103.
Isnaini, R., & Ayatussa’adah. (2021). Pengembangan Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Bermuatan Artikel Ilmiah Populer Pada Materi Sistem Saraf Kelas XI. 1(1), 2.
Sirate, S. F. S., & Ramadhana, R. (2017). Pengembangan modul pembelajaran berbasis keterampilan literasi. 4(2), 319–320.
Prasetya, T. I. (2012). Meningkatkan Keterampilan Menyusun Instrumen Hasil Belajar Berbasis Modul Interaktif Bagi Guru-Guru Ipa Smp N Kota Magelang. Journal of Educational Research and Evaluation, 1(2), 108.http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jere
Rahmasari, E. A., & Yogananti, A. F. (2021). Kajian Usability Aplikasi Canva (Studi Kasus Pengguna Mahasiswa Desain). ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 7(01), 166. https://doi.org/10.33633/andharupa.v7i01.4292
Hapsari, G. P. P., & Zulherman. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. 5(4), 2386.
Resmini, S., Satriani, I., & Rafi, M. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembuatan Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. 4(2), 337.
Article Metrics
Abstract Views : 265 timesPDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 84 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.