Rancang Bangun Aplikasi Pemesanan Makanan dan Minuman Berbasis Android dengan Sistem Pembayaran Cash On Delivery Kampus Universitas Negeri Padang

Rafika Hapsari(1), Denny Kurniadi(2),
(1) Universitas Negeri Padanng  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/voteteknika.v10i3.118076

Full Text:    Language : id

Abstract


Pemesanan makanan dan minuman di cafe sekitar lingkungan kampus Universitas Negeri Padang masih menerapkan cara konvensional, yaitu dengan menghubungi pihak cafe atau pelanggan datang secara langsung. Menurut beberapa pemilik cafe, pemesanan melalui telepon terkadang juga memiliki beberapa kendala seperti koneksi telepon yang bermasalah, biaya telepon dan suara yang tidak jelas. Perancangan aplikasi pemesanan makanan dan minuman dalam bentuk market food ini dirancang untuk mengatasi masalah tersebut baik dari sisi pelanggan maupun pihak cafe. Penelitian ini menggunakan metode waterfall dengan menerapkan beberapa tahapan, yaitu analisis kebutuhan data, perancangan system dan aplikasi, pengujian sistem serta penulisan laporan. Hasil penelitian ini nantinya adalah menghasilkan sebuah aplikasi pesan makanan dan minuman berbasis android yang dapat memudahkan pelanggan dalam memesan menu yang diinginkan serta membantu pihak cafe dalam pengolahan data pemesanan serta menggunakan sistem pembayaran cash on delivery (COD). Aplikasi ini juga akan dapat membantu meningkatkan pelayanan dari pihak cafe kepada pelanggannya.

Kata kunci : Pemesanan, Android, Marketfood, Cash on Delivery.

 

Ordering food and drinks at cafes around the Padang State University campus still applies the conventional method, namely by contacting the cafe or customers coming directly. According to some cafe owners, ordering by telephone sometimes also has some problems such as problematic telephone connections, telephone costs and unclear voice. The design of the food and beverage ordering application in the form of market food is designed to overcome these problems from both the customer and cafe side. The research uses the waterfall method by applying several stages, namely data requirements analysis, system and application design, system testing and report writing. The result of this research is to produce an android-based food and beverage messaging application that can make it easier for customers to order the desired menu and help the cafe in processing ordering data and using a cash on delivery (COD) payment system. This application will also be able to help improve the service from the cafe to its customers.

KeywordsOrdering, Android, Marketfood, Cash on Delivery.


References


Akupintar.id. Universitas Negeri Padang(UNP). Diakses pada 16 Juni 2021, dari https://akupintar.id/universitas/-/kampus/detail-kampus/universitas-negeri-padang-unp/profil.

p2k.unkris.ac.id. Padang State University. Diakses pada 16 Juni 2021, dari http://p2k.unkris.ac.id/en3/3065-2962/Ikip-Padang_30302_p2k-unkris.html.

Pddikti.kemdikbud.go.id.Profil Perguruan Tinggi, Universitas Negeri Padang. Diakses pada 17 Juni 2021, dari https://pddikti.kemdikbud.go.id/data_pt/

Hashmicro.com. 10 Maret 2022. Marketplace: Pengertian, Contoh, dan Jenis-jenisnya. Diakses pada 6 Juni 2022, dari https://www.hashmicro.com/id/blog/pengertian-marketplace.html.

Niagahoster.com. 18 Februari 2021. , Apa Itu Marketplace?. Diakses pada 16 Juni 2021, dari https://www.niagahoster.co.id/blog/marketplace-adalah/

Opiida. 2014. Pengertian E-marketplace. Retrieved from https://tokohalista.wordpress.com (28 Oktober 2021).

Wiranda, Tio; Adri, Muhammad. Rancang Bangun Aplikasi Modul Pembelajaran Teknologi WAN Berbasis Android. Voteteknika: Jurnal Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika, vol.7 no.4 p.85- 92, 2020.

Tristianto, Chrisantus. Penggunaan metode waterfall untuk pengembangan sistem monitoring dan evaluasi pembangunan pedesaan. Jurnal ESIT (E-Bisnis, Sistem Informasi, Teknologi Informasi), vol.12 no.1, 2018.

Fithrie Soulfitri. Perancangan Data Flow Diagram Untuk Sistem Informasi Sekolah (Studi Kasus Pada Smp Plus Terpadu). Regional Development Industry & Health Science, Technology and Art of Life, Vol 2, No 1, 2019.

Muhammad Iqbal Hanafri, Syaipul Ramdhan, Kholifatun Nisa 2017. Aplikasi Pembelajaran Interaktif Pengenalan Profesi Berbasis Multimedia Menggunakan Adobe Flash CS6. Jurnal Sisfotek Global, Vol. 7 No. 2, September 2017.

Syahril Hasan 2017. Sistem Informasi Pengisian Kartu Rencana Studi (KRS) Berbasis Web Pada Politeknik Sains Dan Teknologi Wiratama Maluku Utara. Indonesian Journal on Networking and Security, Volume 6 No 1, 2017.

Wiranda, Tio; Adri, Muhammad. Rancang Bangun Aplikasi Modul Pembelajaran Teknologi WAN Berbasis Android. Voteteknika: Jurnal Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika, vol.7 no.4 p.85- 92, 2020.

Glosarium,org. Splash Screen. Diakses pada 7 Juni 2022, dari https://glosarium.org/arti-splash-screen-di-komputer/.

Temukanpengertian.com. Login dan contohnya. Diakses pada 7 Juni 2022, dari https://www.temukanpengertian.com/2013/06/pengertian-login.html.

Zara Rizq Azzindani Trisna Dewi, Candra Ahmadi, I Gede Suardika. Dashboard Executive Information System Pada Banjar Berbasis Web. Eksplora Informatika, L-2, 2015.


Article Metrics

 Abstract Views : 840 times
 PDF Downloaded : 371 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.