Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Mobile Virtual Reality Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Kelas Sepuluh (X) Sekolah Menengah Kejuruan
(1)   Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/voteteknika.v10i1.116533
Full Text: Language : id
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu : (1) menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis teknologi mobile virtual reality pada mata pelajaran DLE, (2) mengetahui tingkat validitas dan praktikalitas media pembelajaran interaktif berbasis teknologi mobile virtual reality pada mata pelajaran DLE. Metode pembuatan produk mengadopsi model pengembangan sistem waterfall. Ada empat tahapan yang dilakukan dalam menggunakan model pengembangan ini yaitu melakukan analisis, desain, coding, dan pengujian. Hasil penilaian validasi materi menurut para ahli materi mendapatkan persentase nilai sebesar 97,8% dengan kategori sangat valid. Hasil penilaian validasi media menurut ahli media mendapatkan persentase nilai sebesar 97,3% dengan kategori sangat valid. Hasil penilaian praktikalitas oleh siswa mendapatkan persentase nilai sebesar 95% dengan kategori sangat praktis.
Kata kunci : Media Pembelajaran Interaktif, Virtual Reality, Dasar Listrik dan Elektronika, Waterfall.
The aims of this research are: (1) to produce interactive learning media based on mobile virtual reality technology in DLE, (2) to determine the level of validity and practicality of interactive learning media based on mobile virtual reality technology in DLE. The method of making the product is the application of the waterfall system development model. There are four stages carried out in using this development model, namely analyzing, designing, coding, and testing. The results of the material validation assessment according to material experts get a percentage value of 97.8% with a very valid category. The results of the media assessment according to media experts get a value of 97.3% with a very valid category. The results of the practicality assessment by students get a percentage of 95% with a very practical category.
Keywords: Interactive Learning Media, Virtual Reality, Basic Electricity and Electronics, Waterfall.
References
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Gumanti, dkk. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta : Mitra Wacana Merdeka
Paulus, Erick. 2019. Virtual Reality. Jakarta: Bitread Publishing Bandung
Puji Astuti, Indah. 2020. Prototipe Media Pembelajaran Berbasis Android untuk Membaca Permulaan. Jurnal SIMETRIS, Vol. 11 No. 1 April 2020. P-ISSN: 2252-4983, E-ISSN: 2549-3108. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/simet/article/view/3791 [direkam 27-08-2021].
Purwanto, M. Ngalim. 2013. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Risdakarya.
Riduwan. 2011. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan, Dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Article Metrics
Abstract Views : 418 timesPDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 181 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.