Sistem Informasi Manajemen dan Dokumentasi Pelayanan Akademik Untuk Surat Pada Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/voteteknika.v9i4.114914
Full Text: Language : id
Abstract
Manajemen surat di Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang masih menggunakan sistem manual. Manajemen surat yang menggunakan sistem manual mengakibatkan sering terjadi kesalahan dalam penyimpanan dan pencatatan informasi surat dan pencarian surat. Sistem informasi manajemen surat pada fakultas teknik universitas negeri padang ini bertujuan untuk mengubah sistem manual menjadi sistem digital yang dapat mengirimkan surat secara daring, melakukan pencatatan surat secara otomatis, melakukan pencarian surat secara efisien, menyimpan surat dalam bentuk softfile dan melihat informasi disposisi surat. Sistem informasi ini dirancang dengan menggunakan metode sistem waterfall dengan menggunakan teknik Model View Controller (MVC). Perancangan sistem menggunakan activity diagram, context diagram, use case diagram, dan flowchart. Framework yang digunakan adalah laravel dengan bahasa pemrograman PHP dan DBMS menggunakan Mysql.
Kata kunci : surat masuk, surat keluar, sistem informasi, laravel, manajemen surat
Mail management at the Faculty of Engineering, universitas negeri padang still uses a manual system. Mail management that uses a manual system results in frequent errors in storing and recording mail information and searching for letters. The mail management information system at the Faculty of Engineering, universitas negeri padang, aims to change the manual system into a digital system that can send letters online, record letters automatically, search for letters efficiently, store letters in softfile form and view mail disposition information. This information system is designed using the waterfall system method using the Model View Controller (MVC) technique. The system design uses activity diagrams, context diagrams, use case diagrams, and flowcharts. The framework used is Laravel with PHP programming language and DBMS using Mysql.
Keywords: incoming mail, outgoing mail, information Systems, laravel, mail management
References
Ahyar, J. (2015). Korespondensi Bisnis Indonesia. aceh: SEFA BUMI PERSADA.
ariawan. (2010). sistem informasi manajemen. gorontalo: fekon-unisan.
Asidhiqi, U., & Hartanto, A. D. (2013). PEMBUATAN DAN PERANCANGAN SISTEM E-LETTER BERBASIS WEB DENGAN CODEIGNITER DAN BOOTSTRAP Studi Kasus : Kantor Kecamatan Klego. Jurnal Ilmiah DASI,14 (04, ISSN1411-3201), 54-60.
barthos, b. (1990). Manajemen kearsipan untuk lembaga negara, swasta dan perguruan tinggi. jakarta: Bumi aksara.
dharwiyanti, s., & wahono, r. s. (2003). Pengantar Unified Modeling Language (UML). IlmuKomputer.Com.
Fitri, R. S., Rukun, K., & Dwiyani, N. (2018). Perancangan dan Implementasi Sistem Informasi Perancangan dan Implementasi Sistem Informasi Mujahidah Computer Berbasis Web. Mujahidah Computer Berbasis Web. VoteTEKNIKA:.
Kurniadi, D., & Aulia, R. (2019). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI KOPERASI PEGAWAI SMK NEGERI 2 PAYAKUMBUH. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika dan Informatika, 07 (02, E - ISSN: 2302-3295), 71-78.
laravel. (2021, 03 29). laravel introduction. Retrieved from laravel: https://laravel.com/docs/4.2/introduction
Mediana, D. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Helpdesk (A-Desk) Berbasis Web Menggunakan Framework Laravel (Studi Kasus di PDAM Surya Sembada Kota Surabaya). Jurnal Manajemen Informatika.
Muhidin, R., Kharie, N. F., & Kubais, M. (2017). ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PADA SMA NEGERI 18 MALHAMERA SELATAN SEBAGAI MEDIA PROMOSI BERBASIS WEB. indonesian Journal on Information System, 02 (02, ISSN 2548-6438), 56-68.
Article Metrics
Abstract Views : 506 timesPDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 123 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.