Pengembangan Media Pembelajaran Komponen Elektronika Berbasis Augmented Reality

Gina Molina(1), Thamrin Thamrin(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/voteteknika.v9i4.114206

Full Text:    Language : id

Abstract


Pengembangan media pembelajaran ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran berbasis Augmented Reality menggunakan android yang dapat membantu proses belajar mengajar secara daring. Penerapan augmented reality unik dan memudahkan pengguna untuk memperlihatkan suatu bentuk yang tidak ada di area sekitarnya. Output dari pembuatan media ini berupa aplikasi yang dapat diimplementasikan pada smartphone berbasis android. Pengembangan media ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau research & development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini dilakukan sampai tahap ketiga yaitu: (1) analysis, (2) design, (3) development. Berdasarkan hasil uji validasi oleh ahli media dan materi didapatkan nilai rata-rata 89.47% dengan kategori sangat valid dari ahli media dan didapatkan rata-rata 91.88% dari ahli materi dengan kategori sangat valid. Hasil uji pengguna yang dilakukan oleh peserta didik memperoleh hasil 92.63% dengan kategori sangat praktis, disimpulkan produk ini sangat layak untuk digunakan.

Kata kunci : Augmented Reality, Android, Media, Komponen Elektronika,R&D

 

The development of this learning media aims to produce products in the form of Augmented Reality-based learning media using Android that can help the online teaching and learning process. The use of augmented reality is interesting and makes it easier for users to display an object that does not exist in the surrounding environment. The output of making this media is in the form of an application that can be implemented on an Android-based smartphone. The development of this media uses the research & development (R&D) method with the ADDIE development model. This research is limited to the third stage, namely: (1) analysis, (2) design, (3) development. Based on the results of the validation test by media experts and material experts, the results were 89.47% with a very valid category from media experts and 91.88% from material experts with a very valid category. The results of user tests conducted by students obtained 92.63% results with a very practical category, it was concluded that this product was very feasible to use.

Keywords: Augmented Reality, Android, Media, electronic components,R&D


References


Ardhianto, Eka. 2012. Augmented Reality objek 3 dimensi dengan perangkat artoolkit dan blender. Jurnal teknologi informasi dinamika. 17(2). https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti1/article/view/1658/0

Ernawati,Iis dan Totok Sukardiyono. 2017. Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Server. Jurnal Electronics, Informatics, and Vocational Education. 2(2).

https://journal.uny.ac.id/index.php/elinvo/article/view/17315

Gumanti, dkk. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta : Mitra Wacana Merdeka

Ismayani,Ani. 2020. Membuat Sendiri Aplikasi Augmented Reality. Jakarta: Elex Media Komputindo

Purwanto dkk. 2020. Studi eksploratif dampak pandemi covid-19 terhadap proses pembelajaran online di sekolah dasar. Journal of education, psychology, and counselling.2(1). https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397

Putra, Rizki Pernanda dan Hendra Syarifuddin. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Penyajian Data Berbasis Pendidikan Karakter Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 3(2).

Rahmah, Arina Rezka, dkk. 2021. Pengembangan Metode Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemic Covid-19 Melalui Virtual Learning Dalam Optimalisasi Perkembangan Anak Usia Dini. Madiun: CV Bayfa Cendekia Indonesia.

Sinaga, Enny Keristiana dkk. 2019. Statistika : Teori dan Aplikasi Pada Pendidikan.Indonesia: Yayasan Kita Menulis

Sulianta,Feri. 2020. Menciptakan Produk Pendidikan Menggunakan Metode R&D. Feri Sulianta.

Tri priyanto yoga. Pengguna smartphone android di indonesia naik 189 persen. 2013 . Https://www.merdeka.com/teknologi/pengguna-smartphoneandroid-di-indonesia-naik-189-persen.html. Diakses pada 2 desember 2020


Article Metrics

 Abstract Views : 1292 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 538 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.