Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Video Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di SMK 2 Kota Solok

Azzah Fadhilah(1), Legiman Slamet(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/voteteknika.v10i1.114074

Full Text:    Language : id

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan Media Pembelajaran Berbasis Video Pada mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Di SMK 2 Kota Solok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE dengan pendekatan kuantitatif dengan memberikan angket validasi. Jenis data yang  yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Instrument  penelitian berupa angket untuk memperoleh data tingkat validitas media pembelajaran. Instrument validitas dianalisis menggunakan rumus Cohen kappa (k). hasil analisis materi mendapat nilai sebesar 0,86 dari nilai maksimal 1, nilai tersebut termasuk kategori sangat valid. Hasil analisis media mendapat nilai sebesar 0,77 dari nilai maksimal 1, nilai tersebut termasuk kategori valid. Media pembelajaran ini memudahkan guru menyajikan informasi pembelajaran yang akan diberikan kepada peserta didik dan media ini dapat dijadikan inovasi baru untuk meningkatkan minat belajar peserta didik.

Kata kunci : Perancangan Media, Pembelajaran Dasar Listrik dan Elektronika, SMK 2 Kota Solok.

 

The purpose of this research is to produce Video-Based Learning Media on Basic Electrical and Electronics Subjects at SMK 2 Solok City. The method used in this study is the ADDIE model with a quantitative approach by providing a validation questionnaire. The type of data used in this research is quantitative data. The research instrument was in the form of a questionnaire to obtain data on the level of validity of the learning media. Instrument validity was analyzed using the Cohen kappa (k) formula. the results of material analysis got a value of 0.86 from a maximum value of 1, this value was included in the very valid category. The results of the media analysis got a value of 0.77 from a maximum value of 1, this value was included in the valid category. This learning media makes it easier for teachers to present learning information that will be given to students and this media can be used as new innovations to increase students' interest in learning.

Keywords: Media Design, Basic Electricity and Electronics Learning, SMK 2 Solok City.

 


References


A.Munawwarah, dan Rofiqah, “Sparkol Videoscribe Sebagai Media Pembelajaran”. Vol. 3, No. 2, 2019.

S.Anshor, “Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Geografi” Journal Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video, Vol. 1, pp. 4, 2015.

S.Astriani, dan Ana, “Prinsip dan Kriteria Pemilihan Media Pembelajaran”, pp. 6, 2018.

C.Kustandi, dan B. Sutjipto, Media Pembelajaran Manual dan digital, Ghalia Indonesia, Jakarta, 2011.

Z.Fahmi, “Penggunaan Media Pembelajaran Sparkol Videoscribe Dalam Membangun Keaktifan Peserta didik Pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas X IS SMA N 3 Kota Pekalongan Tahun Ajaran 2016/2017”, Universitas Negeri Semarang, Semarang, 2017.

J.Kuswanto, dan F. Radiansyah, “Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI”. Journal Media Infotama, Vol. 14, No. 1, 2018.

A.Muhson, “Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi”. Journal Pendidikan Akutansi Indonesia, Vol. 8, No. 2, pp. 2, 2010.

E.Mulyatiningsih, Riset Terapan Bidang Pendidikan dan Teknik, 2011.

Pamungkas, A. Subhan, Ihsanudin, Novaliyosi, I.A. V. Yandani, “Video Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe: Pada Perkuliahan Sejarah Matematika”. Journal Pendidikan Matematika, Vol. 2, No. 2, pp. 129, 2018.

R. Susilana dan C. Riyana, Media Pembelajaran, Wacana Prima, Bandung, 2009.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, ALFABETA, Bandung, 2020


Article Metrics

 Abstract Views : 655 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 243 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.